Anji Penuhi Panggilan Polisi Terkait Video Obat Corona Bareng Hadi Pranoto

Showbiz | Senin, 10 Agustus 2020 13:05
Anji  Penuhi Panggilan Polisi Terkait Video Obat Corona Bareng Hadi Pranoto

Reporter : Amrikh Palupi

Ini kata Anji.

Dream - Musisi Anji mendatangi Polda Metro Jaya didampingi kuasa hukumnya, Milano Lubis. Dia bakal menjalani pemeriksaan terkait laporan Ketua Umum Cyber Indonesia, Muannas Alaidid, yang memperkarakan konten video YouTube-nya dengan Hadi Pranoto, yang dianggap meresahkan.

Sebelum masuk ke Gedung Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya, pemilik nama asli Erdian Aji Prihartanto ini mengaku siap menjalani pemeriksaan terkait videonya yang membahas Covid-19.

" Siap. Iya nanti ya habis ini (pemeriksaan) kita kasih keterangan," kata Anji dikutip dari Liputan6.com, Senin 10 Agustus 2020.

Anji dan Hadi Pranoto© Anji dan Hadi Pranoto

Anji tak banyak berbicara. " Nanti ya, nanti ," kata Anji.

Dalam kanal YouTube Anji mewawancara seorang yang digadang sebagai profesor dan pakar mikrobiologi, Hadi Pranoto. Saat wawancara, Hadi Pranoto mengatakan memiliki terapi herbal yang disebut sebagai cairan antibodi Covid-19, yang diklaim dapat menyembuhkan pasien Covid-19.

Klaim-klaim yang disebut oleh Hadi Pranoto dipatahkan oleh sejumlah tenaga medis juga para ahli. Sadar kontennya telah meresahkan, Anji akhirnya menyampaikan permohonan maaf.

Sumber : liputan6.com

2 dari 6 halaman

Anji dan Hadi Pranoto Diperiksa Polda Metro Jaya Hari Ini

Dream - Anji dan Hadi Pranoto dijadwalkan diperiksa oleh penyidik Polda Metro Jaya, Senin 10 Agustus 2020. Mereka diperiksa terkait laporan yang dilayangkan Ketua Umum Cyber Indonesia, Muannas Alaidid.

Kabid Humas Polda Meteo Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus, mengatakan, kedua terlapor diperiksa dengan status sebagai saksi.

“ Iya jadwalnya jam sepuluh (pagi ini),” kata Yusri saat dihubungi, Senin 10 Agustus 2020.

Mantan Kabid Humas Polda Jabar itu belum bisa membeberkan kedadiran kedua orang yang akan diperiksa itu. Namun, dia memastikan surat pemanggilan sudah dilayangkan terhadap keduanya.

“ Surat pemanggilan sudah dilayangkan,” ungkapnya.

Polda Metro Jaya sudah menaikkan kasus musisi Anji dan Hadi Pranoto dari penyelidikan menjadi penyidikan.

Kasus tersebut dinaikkan lantaran laporan yang dilayangkan Muannas Alaidid terhadap Anji dan Hadi memenuhi unsur persangkaan UU ITE.

Penyidik juga sudah memeriksa pelapor dengab beberapa barang bukti yang dibawa pelapor.

Nantinya dari hasil pemeriksaan itu, kata Yusri, penyidik akan melakukan gelar perkara untuk menentukan apakah kasus tersebut memenuhi unsur pidana untuk ditingkatkan menjadi tersangka.

 

 

3 dari 6 halaman

Sebelumnya, Anji melalui akun YouTube mengunggah video bersama Hadi Pranoto yang mengklaim telah menemukan obat herbal yang bisa mencegah dan mengobati Covid-19. Video ini langsung ramai jadi perbincangan publik.

Video tersebut diunggah pada 31 Juli 2020 dengan judul ‘BISA KEMBALI NORMAL? OBAT COVID 19 SUDAH DITEMUKAN !! (Part 1)’.

Dalam video tersebut, Hadi yang mengenalkan dirinya sebagai profesor, menyebutkan bahwa cairan antibodi Covid-19 yang ditemukannya bisa menyembuhkan ribuan pasien Covid-19.

Bahkan, Hadi menyebut cairan antibodi Covid-19 tersebut disebutnya telah didistribusikan di Pulau Jawa, Bali, dan Kalimantan.

Hadi juga menyebutkan telah memberikan cairan antibodi Covid-19 tersebut kepada ribuan pasien di RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet, dengan lama penyembuhan 2-3 hari.

Sumber: pojoksatu.id

4 dari 6 halaman

Anji Blak-blakan Deretan Kerugian Imbas Konten Obat Covid-19 Bareng Hadi Pranoto

Dream - Anji mendapatkan kritikan dari berbagai pihak usai konten obat Covid-19 bareng Hadi Pranoto, yang berujung laporan ke polisi.

Anji dituding mendapatkan pundi-pundi keuangan dari konten yang kontroversial itu. Namun saat disebut mendapatkan banyak untung dari konten itu, palantun tembang 'Dia' membantahnya.

"  Alhamdulillah dgn kontroversi ini semakin menambah pundi-pundi rezekinya Anji," tulis akun @agunaofficial berkomentar pada postingan Anji di instagram.

Pria bernama lengkap Erdian Aji Prihartanto ini justru mengaku mendapatkan banyak kerugian usai konten itu trending dan berujung laporan ke polisi. Menurutnya, banyak kerjasama yang diputuskan dan mundur.

Unggahan Anji© Unggahan Anji

"  @agunaofficial - Saya penasaran, menurutmu di mana penambahan pundi-pundi rezekinya? Yang ada, banyak orang dan brand yang mundur," kata Anji dikutip Dream dari akun instagramnya, Kamis 6 Agustus 2020.

Tak hanya itu, sejak kasus itu menuai berbagai pro dan kontra, Anji mengaku banyak teman-temannya yang menjauhinya. Ia heran ada netizen yang mengartikan sebaliknya.

"  Banyak Teman yang menjauh. Banyak kerjasama yang diputuskan. Serius, saya penasaran dari mana menurutmu saya mendapat tambahan pundi-pundi? Dijawab ya :)," tuturnya.

5 dari 6 halaman

Anji Ceritakan Pertemuan dan Alasan Tertarik Buat Konten Bareng Hadi Pranoto

Dream - Anji menceritakan kisahnya bertemu dengan Hadi Pranoto hingga akhirnya tertarik membuat konten YouTube tentang obat herbal antibodi Covid-19. Dia mengaku pertama kali bertemu dengan Hadi Pranoto saat melihat lahannya di Tegal Mas, Lampung.

" Saya belum mengenal Bapak Hadi Praoto sebelumnya. Jadi pada tanggal 29 Juli 2020 saya datang ke pulau Tegal Mas untuk melihat lahan saya yang ada di sana. Yang itu juga tertera di highlight Instagram Story saya yang berjudul Tegal Mas," kata Anji dalam video yang diunggah ke YouTube.

Anji melihat Hadi Pranoto sedang diwawancarai oleh media setelah jam makan siang. Dia tertarik dengan topik wawancara Hadi Pranoto dengan media tersebut.

Anji beri klarifikasi© Anji beri klarifikasi

" Seusai makan siang saya melihat Bapak Hadi Pranoto diwawancari oleh beberapa media. Salah satunya adalah Lampung Post yang mewawancarainya langsung Pemimpin Redaksi. Hasil wawancara itu terbit pada hari itu juga," kata Anji.

Dalam wawancara itu, kata dia, Hadi Pranoto memang disebut sebagai profesor. " Selain itu semua orang yang ada disana juga menyebut bapak Hadi Pranoto dengan sebutan " prof" ," imbuhnya.

Karena merasa tertarik, Anji mengaku mencari tahu sosok Hadi Pranoto di Google. Saat berselancar di internet itu, Anji menemukan artikel tentang Hadi Pranoto dan temuannya tentang obat antibodi Covid-19 di beberapa media. " Sejak bulan April tahun 2020," kata Anji.

6 dari 6 halaman

Melihat ada Harapan

Anji mengaku tertarik pada Hadi Pranoto untuk membahas soal obat Covid-19. Anji juga mengatakan melakukan wawancaa Hadi Pranoto sekitar pukul sepuluh malam. " Video itu lalu saya publish pada tanggal 31 Juli 2020," ucapnya.

Dalam video itu, Anji mewawancara Hadi Pranoto. Sebagai pewawancara, dia menegaskan tidak pernah menyebut herbal yang dibahas itu sebagai obat. " Tetapi itu adalah pernyataan dari bapak Hadi Pranoto sendiri," kata dia.

Pelantun tembang Dia itu juga tak mengatahui status Hadi Pranoto yang dipertanyakan banyak orang.

" Saya terkejut ketika mendapatkan iformasi bahwa ternyata beberapa hal yang berkaitan dengan status bapak Hadi Pranoto dan juga pernyataan-pernytaan itu ternyata tidak valid," kata dia.

Anji juga mengatakan tidak pernah berniat menyinggung dunia kedokteran dan tenaga kesehatan. " Apalagi dia juga bilang bahwa dia tidak akan memperjualbelikan herbal temuannya dan juga akan memberikannya secara gratis kepada masyarakat," tuturnya.

Sumber : youtube.com

Terkait
Join Dream.co.id