9 Seleb Non Muslim Ikutan `Puasa` Saat Ramadan, Gempi Merengek Minta Izin

Showbiz | Kamis, 22 April 2021 17:22
9 Seleb Non Muslim Ikutan `Puasa` Saat Ramadan, Gempi Merengek Minta Izin

Reporter : Reni Novita Sari

Jarang diketahui, deretan seleb non muslim ini ikut puasa di bulan Ramadan

Dream - Puasa Ramadan menjadi ibadah yang wajib dijalankan oleh umat muslim. Ibadah ini dilaksanakan mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari selama sebulan lamanya.

Sebagai negara mayoritas muslim dan multiagama, tradisi Ramadan juga membuat banyak saudara non-muslim yang menghormati bulan suci ini dengan tidak terang-terangan makan di luar rumah. Mereka melakukannya sebagai bentuk toleransi terhadap saudara maupun teman-teman mereka yang muslim.

Beberapa selebriti uga memanfaatkan momen Ramadan ini untuk turut berpuasa demi menjaga kesehatannya. Meski berbeda keyakinan, mereka menjalani puasa dengan alasan yang berbeda-beda

Langkah serupa juga dilakukan sederet artis Tanah Air berikut. Mereka ikut menjalankan puasa meskipun bukan seorang muslim. Gara-gara tak terbiasa, ada yang hanya sanggup berpuasa setengah hari. Penasaran siapa saja mereka? Simak ulasannya berikut ini!

2 dari 10 halaman

1. Haruka

 Ilustrasi
© Foto : Instagram/haruka.f.official

Haruka merupakan salah satu anggota JKT48 yang bukan beragama Islam. Berkarier di Indonesia membuat Haruka eks-JKT48 banyak bergaul dengan teman-teman muslim. Perempuan asal Jepang ini pernah ikut menjalankan puasa. Ia mengaku mengisi acara sahur dan memutuskan untuk ikut menahan lapas dan haus.

" Tahun sebelumnya juga ikut. Aku juga ikut waktu yang lain makan sahur. ," kata Haruka dilansir dari Kapanlagi.com.

3 dari 10 halaman

2. Bertrand Antolin

 Ilustrasi
© Foto : Instagram/bertrand1407

Bertrand Antolin merupakan artis beragama Kristen yang seringkali menunjukkan toleransi kepada berbagai agama. Ia mengaku tumbuh di lingkungan Muslim dan beberapa keluarganya memeluk agama Buddha.

Pada sebuah kesempatan, Bertrand mengaku ikut berpuasa seperti umat Islam. Tahun ini, Bertrand Antolin aktif membagikan membantu memasak menu sahur dan berbuka puasa bagi temannya yang beragama Islam.

4 dari 10 halaman

3. Angel Pieters

 Ilustrasi
© Foto : Instagram/angelpieters

Walau beragama Nasrani, Angel Pieters sangat menghargai umat Islam yang menjalani ibadah puasa. Saking toleransinya, Angel juga ikut menjalankan ibadah puasa. Bedanya, Angel melaksanakan ‘sahur’ pada pagi hari bukan saat Subuh tiba. Lalu, ia akan menahan lapar seharian dan baru makan lagi pukul enam sore berbarengan dengan orang-orang berbuka puasa.

“ Ada beberapa orang keluarga aku puasa. Malah aku kadang-kadang ikutan puasa. Tapi paginya makan, terus kalau aku pergi aku rasanya kayak puasa. Sangat menghargai, itu kan ibadah ya, nggak aku buat becanda, itu ibadah. Aku juga menjalani puasa walau non muslim,” kata Angel Pieters dilansir dari Kapanlagi.com.

5 dari 10 halaman

4. Ruben Onsu

 Ilustrasi
© Foto : Instagram/ruben_onsu

Sudah puluhan tahun Ruben Onsu bekerja bersama para selebritis yang beragama Islam. Ia merasa risih bila harus makan di depan rekannya yang berpuasa di bulan Ramadhan. Jadilah suami Sarwendah itu tidak jarang ikut berpuasa demi menghormati temannya.

6 dari 10 halaman

5. Olivia Jensen

 Ilustrasi
© Foto : Instagram/oliviajensen

Bukan beragama Islam tidak membuat Olivia Jensen ikut menjalankan ibadah puasa. Awalnya, Olivia mengaku hanya ingin bergabung dengan temannya saat buka puasa bersama. Namun, ibadah puasa lama kelamaan membuat Olivia nyaman. Kini, Olivia rajin membagikan tips berolahraga saat puasa.

“ Karena aku non muslim, seneng sih aku bisa ikut bergabung sama teman buka puasa bareng, have fun. Aku pun ngerasa seneng banget karena bisa bersosialiasi dengan mereka,” kata Olivia dilansir dari Kapanlagi.com.

7 dari 10 halaman

6. Betrand Peto

 Ilustrasi
© Foto : Instagram/betrandpetoputraonsu

Pada bulan puasa tahun 2020, Betrand Peto mendadak ingin melakukan ibadah puasa. Ia terlebih dahulu meminta izin kepada Ruben Onsu. Tidak diketahui apakah Betrand Peto ikut berpuasa atau tidak pada tahun ini. Namun, keluarga The Onsu aktif membagikan ucapan selamat berpuasa bagi umat Islam.

“ Ayah kalau Onyo ikutan puasa, boleh enggak?” tanya Betrand Peto dalam YouTube Trans TV, April 2020.

“ Boleh, itu salah satu cara kita bisa menghormati semua yang kerja di rumah kita,” sahut Ruben Onsu.

8 dari 10 halaman

7. Amanda Manopo

 Ilustrasi
© foto: Instagram/@mandaskatic.id

Amanda Manopo mengaku ikut berpuasa di bulan Ramadan 2021 ini. Bahkan, ia juga mengaku menyiapkan makanan buat sahur di lokasi syuting loh.

" Ya puasa juga (bulan puasa), aku cuman nemenin orang-orang yang puasa sih, aku mungkin cuman masak buat orang yang puasa atau masak buat orang sahur," ungkap Amanda Manopo dilansir dari Kapanlagi.com.

9 dari 10 halaman

8. Jess No Limit

 Ilustrasi
© foto: Instagram/@jessnolimit

Jessica Jane dan sang kakak Jess No Limit mengaku ikut puasa di bulan Ramadan 2021 ini. Rupanya, Jessica Jane telah ikut puasa Ramadan sejak tahun lalu. Tahun ini, Jess No Limit turut ikut puasa Ramadan 2021 berkat sang adik. Wah, seru banget ya keduanya ikut puasa.

10 dari 10 halaman

9. Gempi

 Ilustrasi
© foto: Instagram/gadiing

Gempi merengek ingin puasa meski keluarga mereka beragama Kristen. Bahkan Gisel pun sudah memberi pengertian kepada sang anak bahwa ia tak wajib berpuasa seperti teman-temannya yang muslim. Namun, dia tetap ingin berpuasa.

" Kayak kepo pengin sekalian. Aku udah bilang kalau Gempi nggak wajib puasa Ramadan kayak temen-temen Gem, tapi dia (merengek) 'Gempi mau ikut puasa, mama aja puasa', gitu haha," ujar Gisel dilansir dari Kapanlagi.com.

 

Sumber : Berbagai Sumber

Join Dream.co.id