9 Fakta Pernikahan UAS dan Fatimah, Mahar Fantastis Hingga Reaksi Mantan Istri

Showbiz | Kamis, 29 April 2021 12:22
9 Fakta Pernikahan UAS dan Fatimah, Mahar Fantastis Hingga Reaksi Mantan Istri

Reporter : Reni Novita Sari

Inilah fakta-fakta mengejutkan tentang pernikahan Ustaz Abdul Somad dan Fatimah Azzahra

Dream - Kabar bahagia tengah menyelimuti Ustaz Abdul Somad alias UAS. Dai kondang asal Riau itu resmi menikahi Fatimah Az Zahra pada Rabu, 28 April 2021 pukul 16.30 WIB bertepatan pada 16 Ramadan 1442 H. Kebahagiaan itu Ia bagikan secara langsung melalui akun Instagram pribadinya.

" Dari Abu Hurairah ra, ketika Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallammemberikan ucapan selamat kepada seseorang yang menikah, beliau mengucapkan: Semoga Allah memberikan berkah kepadamu, semoga Allah memberkahimu dan Allah satukan kalian berdua dalam kebaikan. (HR Abu Daud),” tulis pada akun resmi @ustadzabdulsomad_official.

Akad nikah berlangsung secara sederhana dengan disaksikan Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Peterongan, Jombang, Abdul Ghafur. Meski sederhana, Abdul Somad memberikan mahar yang bernilai mahal sesuai keinginan sang istri. Penasaran apa mahar yang diberikan Ustaz Abdul Somad? Simak fakta-fakta pernikahannya berikut ini!

2 dari 10 halaman

1. Dokumen Pernikahan Tersebar

 Ilustrasi
© Foto : Istimewa

Sebelumnya kabar UAS mempersunting Fatimah Az-Zahra asal Jombang, Jawa Timur itu sudah tersebar di media sosial. Kabar tersebut juga didukung foto dokumen yang memuat kesepakatan antara calon pengantin. Dalam foto dokumen tersebut tertera nama Abdul Somad Batubara bin Bahctiar asal Kampa, Kabupaten Kampar, selaku calon suami.

Foto tersebut dengan jelas menunjukan nama calon istri, Fatimah Azzahra Salim Barabud, asal Peterongan, Kabupaten Jombang. Dokumen tersebut dibuat tanggal 1 Maret 2021 dilengkapi dengan foto wajah keduanya. Gadis itu tampak cantik mengenakan hijab berwarna hitam dengan style yang sederhana.

3 dari 10 halaman

2. Dikabarkan Menikah Bulan Mei

 Ilustrasi
© Foto : Liputan6.com

Sebelumnya, beredar isu yang menyebutkan bahwa pernikahan itu akan dilaksanakan pada bulan Mei mendatang. Namun, di tengah bulan Ramadan ini, tepat apda 16 Ramadan, Ustaz Abdul Somad mengunggah postingan dirinya menikah dengan Fatimah.

4 dari 10 halaman

3. Resmi Menikah

Pada Rabu, 28 April 2021 malam, Ustad Abdul Somad akhirnya mengabarkan bahwa ia resmi menikah. Ia juga mengabarkan bahwa akad nikah berlangsung pada pukul 16.30 WIB. Ia resmi menananggalkan status dudanya dan menikahi perempuan pujaan hati, Fatimah Az Zahra Salim Barubut di Jombang, Jawa Timur.

UAS, sapaan akrabnya, membagikan momen pernikahan di akun Instagram @ustadzabdulsomad_official. Dia mengunggah foto bersama Fatimah dan sejumlah kerabat keluarga.

" Dari Abu Hurairah ra, ketika Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallammemberikan ucapan selamat kepada seseorang yang menikah, beliau mengucapkan: Semoga Allah memberikan berkah kepadamu, semoga Allah memberkahimu dan Allah satukan kalian berdua dalam kebaikan. (HR Abu Daud),” tulis pada akun resmi @ustadzabdulsomad_official.

5 dari 10 halaman

4. Berlangsung Sederhana

 Ilustrasi
© foto : instagram/ustadzabdulsomad_official

Pernikahannya  berlangsung sederhana dihadapan Abd. Ghafur, Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Peterongan, Jombang, dengan mahar seperangkat perhiasan dari emas. Abah Salim Sholeh Barabut, orang tua dari Fatimah Az Zahrah langsung menjadi wali dalam pernikahan ulama kondang ini. 

6 dari 10 halaman

5. Hadir Ulama-Ulama Besar

Menariknya, Pimpinan Pondok Modern DarussalamG Gontor KH Hasan Abdullah Sahal bersama Abdul Hamid Barabut, paman dari Fatimah, menjadi saksi dalam proses ijab qabul ulama asal Riau tersebut.

Hadir juga dalam prosesi akad nikah tersebut para kiyai dari Gontor seperti Prof Dr KH. Amal Fatullah Zarkasyi MA, KH Akrim Maryat, Rektor Unida Pror Dr KH Hamid Fahmi Zarkasyi, Dr. KH Hidayatullah Zarkasyi dan undangan lainnya. Jamaluddin, adek kandung Ustaz Abdul Somad juga terlihat duduk disampingnya.

7 dari 10 halaman

6. Mahar Mahal

 Ilustrasi
© foto : instagram/ustadzabdulsomad_official

Terkuak bahwa Fatimah dikabarkan meminta mahar pernikahan berupa emas seberat 244 gram yang ditaksir seharga Rp213 juta.

" Mas kawin kami tanyakan ke calon istri, minta apa? Tadi disampaikan permintaannya emas 244 gram. Katanya asisten Ustad Abdul Somad, calon istri sudah ada kesepakatan dengan Ustad Abdul Somad minta mas kawin 244 gram emas," ujar Abd Ghodur, kepala KUA Peterongan dilansir dari Youtube Ustadz Lovers.

8 dari 10 halaman

7. Perbedaan Usia Cukup Jauh

Keduanya memiliki selisih umur yang cukup jauh berbeda, yakni 24 tahun. Ustaz Abdul Somad saat ini diketahui berusia 44 tahun, sedangkan istrinya baru akan berumur 20 tahun pada Oktober 2021 mendatang. Perbedaan usia yang cukup jauh, yakni 24 tahun, tampaknya tak jadi penghalang bagi kedua mempelai. 

Fatimah Az Zahra Barabud merupakan seorang penghafal Al-Quran sekaligus santri yang mengenyam pendidikan di Pondok Pesantren Ma’had Al-Muqoddasah li Tahfidhil Quran, Nglumpang, Mlarak, Ponorogo, Jawa Timur.

9 dari 10 halaman

8. Ustaz Abdul Somad Pernah Menikah

 Ilustrasi
© foto : Instagram/mizyanhadziq

Ustadz Abdul Somad diketahui telah bercerai dengan istrinya terdahulu, Mellya Juniarti, pada 3 Desember 2019 silam. Gugatan cerai dilayangkan oleh Abdul Somad terhadap Mellya Juniarti kala itu dengan alasan percekcokan berkepanjangan di antara keduanya.

Rumah tangga yang mereka bina sejak 20 Oktober 2012 itu akhirnya harus kandas. Abdul Somad dan Mellya resmi bercerai setelah menjalani 11 kali persidangan. Padahal, pasangan tersebut telah bersama-sama mengarungi biduk pernikahan selama 7 tahun. Keduanya juga telah dikaruniai seorang anak. Namun apa mau dikata, mereka akhirnya memilih berpisah.

10 dari 10 halaman

9. Reaksi Mantan Istri

 Ilustrasi
© Foto : Instagram

Tak lama setelah UAS mengunggah foto pernikahan, mantan istri UAS, Mellya Juniarti mengunggah ucapan selamat serta doa pernikahan. Meski tak menyebut nama atau menautkan akun Instagram UAS, Mellya Juniarti tetap berharap pernikahan ketiga tersebut akan langgeng dan bahagia.

" Barakallahu lakuma wa baraka alaikuma wajama'a bainakuma fi khair (semoga Allah menganugerahkan barakah kepadamu. Semoga Allah juga menganugerahkan barakah atasmu, dan semoga Dia menghimpun kalian berdua dalam kebaikan)," tulis Mellya Juniarti.

Semoga pernikahan ke-3 ini langgeng. Bahagia dunia akhirat,"  sambungnya.

Join Dream.co.id