6 YouTuber Korea yang Suka Bikin Konten Indonesia, Subcribernya Sampai Jutaan

Showbiz | Kamis, 17 Juni 2021 19:23

Reporter : Widya Resti Oktaviana

Mereka lancar berbahasa Indonesia bahkan ada yang bisa berbahasa daerah.

Dream – Tak hanya aktor, artis, ataupun musisinya, beberapa Youtuber ataupun influencer asli Korea Selatan juga memiliki fans di kalangan K-Popers Tanah Air. Konten mereka banyak mengupas berbagai hal tentang Indonesia seperti budaya, tempat wisata, dan tentu saja kuliner.

Yang membuat fans happy adalah konten-konten buatan mereka dibuat dalam bahasa Indonesia. Meski bukan bahasa ibu, pelafalan mereka cukup membuta penonton mengerti. 

Beberapa YouTuber ini juga pernah tinggal lama di Indonesia hingga menggunakan bahasa daerah dengan sangat kental. Subscriber yang mereka miliki pun sudah mencapai jutaan.

Untuk menjalin hubungan dengan para penggemarnya di Indonesia, media sosial berupa Instagram adalah salah satu media yang mereka gunakan. Tak jarang para YouTuber ini melakukan live Instagram dan berbincang dengan para penggemar menggunakan bahasa Indonesia.

Berikut adalah beberapa YouTuber Korea yang suka membuat konten-konten tentang Indonesia.

6 YouTuber Korea yang Suka Bikin Konten Indonesia, Subcribernya Sampai Jutaan
YouTuber Korea Yang Buat Konten Tentang Indonesia (Foto: Instagram @hansoljang110 Dan @sunnydahye)
2 dari 7 halaman

Jang Hanseol

 Jang Hanseol
© Instagram @hansoljang110

Sebelumnya Jang Hanseol pernah tinggal di Indonesia dalam waktu cukup lama, tepatnya di Malang, Jawa Timur. Karena sering berkumpul dengan anak-anak asli Malang, Hanseol pun sangat lancar berbahasa Indonesia dan Jawa. Bahkan saat dirinya sudah berbahasa Jawa terdengar sangat medok.

Ia memiliki channel YouTube bernama Korea Reomit yang berisi konten-konten tentang Indonesia dan Korea. Baik itu makanan khas Indonesia, tempat wisata di Indonesia dan Korea, kebiasaan yang dilakukan orang Korea dan Indonesia, hingga konten edukasi berupa pelajaran bahasa Jawa. Saat ini Hanseol sudah memiliki 4,64 juta subscriber.

3 dari 7 halaman

Han Jongdae

 Han Jongdae
© Instagram @bandung_oppa

Selanjutnya ada Han Jongdae yang memiliki channel YouTube bernama Bandung Oppa. Ia mulai menjadi seorang YouTuber sejak tahun 2018 lalu. Di YouTube-nya ia membahas tentang makanan, agama, dan juga budaya. Ia juga pernah mengajak teman Koreanya ke Indonesia dan mencicipi beberapa makanan Indonesia untuk mengetahui ekspresi setelah menyantapnya.

Kemudian di Korea, ia juga pernah berbincang dengan seorang wanita Korea yang menjadi muslim bernama Bora. Tak hanya itu saja, Han Jongdae juga sempat berkolaborasi dengan Jang Hanseol untuk menguji kemampuan bahasa Indonesia masing-masing. Saat ini Bandung Oppa sudah memiliki 987 ribu subscriber.

4 dari 7 halaman

Hwang Woo Jong

 Hwang Woo Jong
© Instagram @hwangwoojoong

Kemudian ada Hwang Woo Jong yang memiliki channel YouTube bernama Ujung Oppa. Ia sangat mencintai Indonesia hingga akhirnya setiap konten yang ia buat membahas tentang Indonesia. Ia pun mengembangkan kariernya dengan menjadi penyanyi. Salah satu genre lagu yang sangat ia sukai adalah dangdut.

Namun pada Februari 2019, ia membuat pernyataan bahwa akan berhenti menjadi seorang YouTuber. Padahal subscriber-nya sudah sangat banyak, yakni 1,77 juta subscriber. Diketahui bahwa Hwang Woo Jong juga memutuskan untuk menjadi mualaf.

5 dari 7 halaman

Sunny Dahyein

 Sunny Dahyein
© Instagram @sunnydahye

Ada juga YouTuber wanita asal Korea Selatan yang membuat konten tentang Indonesia. Dia adalah Sunny Dahyein. Bahkan sebelumnya Sunny pernah tinggal di Bali dalam waktu cukup lama dan berkuliah di Universitas Gadjah Mada (UGM) mengambil jurusan hukum. Tak heran jika bahasa Indonesianya sangat lancar. Bahkan ia pernah menjadi penyiar radio KBS Indonesia di Korea bersama rekannya, Jang Hanseol.

Sebelum pandemi, ia kerap berkunjung ke Indonesia untuk berlibur dan bertemu dengan para fansnya. Konten yang ia bawakan biasanya tentang traveling, kuliner, K-pop, aktivitas kesehariannya, serta tutorial makeup. Saat ini YouTube-nya sudah memiliki 2,61 juta subscriber.

6 dari 7 halaman

Hari Jisun

 Hari Jisun
© Instagram @harijisun

Selain itu juga ada Hari Jisun yang membawakan berbagai konten tentang Indonesia. Misalnya saja mukbang makanan Indonesia dan Korea dan travelling. Ia bahkan kerap mengajak adik dan ibunya ke Indonesia untuk mencicipi berbagai makanan khas Indonesia.

Tak hanya itu saja, Hari Jisun juga pernah membuat konten saat dirinya didandani dengan adat Jawa dan Sunda. Beberapa daerah di Indonesia pun sudah pernah ia jelajahi. Hingga saat ini Hari Jisun sudah memiliki 2,94 juta subscriber.

7 dari 7 halaman

Noona Rosa

 Noona Rosa
© Instagram @noonarosa

Terakhir ada Noona Rosa yang kerap menggunakan bahasa Jawa di Instagramnya. Ia mulai menjadi YouTuber sejak tahun 2018 lalu  dengan membuat konten tentang Indonesia berupa makanan, artis-artis, dan juga lagu-lagu.

Salah satu konten yang belum lama ia buat adalah tentang persiapannya pulang ke Korea. Ia juga membelikan berbagai macam oleh-oleh khas Indonesia untuk dibawa ke Korea. Saat ini Noona Rosa sudah memiliki 773 ribu subscriber.

Join Dream.co.id