Kronologi Kondisi Jane Shalimar Sebelum Meninggal karena Covid-19

Showbiz | Minggu, 4 Juli 2021 09:27

Reporter : Cynthia Amanda Male

Sempat kesulitan mencari oksigen dan kondisinya kritis.

Dream - Kabar duka kembali datang dari dunia hiburan. Publik figur sekaligus kader partai Demokrat, Jane Shalimar meninggal dunia pada usia 41 tahun, hari ini Minggu, 4 Juli 2021 pukul 04.20 WIB. 

Kepergian Jane cukup mengejutkan banyak pihak. Pasalnya, ia belum lama terpapar virus Covid-19. Setelah terpapar, Jane sempat kesulitan mencari rumah sakit.

Seperti kita tahu saat ini kondisi RS sangat kewalahan menerima pasien Covid-19. Jane sangat membutuhkan perawatan intensif karena memiliki penyakit bawaan. Berikut kronologi kondisi Jane sebelum meninggal dunia.

Kronologi Kondisi Jane Shalimar Sebelum Meninggal karena Covid-19
Jane Shalimar. (Source: Instagram @janeshalimar_1)
2 dari 6 halaman

1. Terpapar virus Covid-19 sejak 24 Juni 2021

 Jane Shalimar
© Instagram @janeshalimar_1

Di tengah-tengah kondisi Jane yang kritis, sahabatnya menjelaskan bahwa ia telah melawan virus tersebut sejak tanggal 24 Juni 2021 dan langsung memiliki gejala berat.

" Lagi kritis, aduh, dia dari tanggal 24 Covid gejalanya langsung berat. Aku belum tahu dari dokter ada bawaan apa, cuma kondisi terakhir dari adik ipar berat gejalanya," kata sahabat Jane, Olive, dikutip dari Liputan6.com, Senin 28 Juni 2021.

2. Memiliki penyakit bawaan

Gejala berat yang dialaminya disebabkan oleh penyakit bawaan, di antaranya adalah pneumonia berat dan asma.

" Jane Shalimar mengalami Pnemonia bilateral (kedua paru-parunya ) pneumonia berat Specifik Covid-19,dengan perluasan awan dan infiltrat (kabut putih) di kedua paru parunya," ungkap dokter GD dari Partai Demokrat.

3 dari 6 halaman

3. Saturasi oksigen sempat turun

Seperti kebanyakan pasien Covid-19 lainnya, saturasi oksigennya sempat turun. Ia pun kesulitan mencari tabung oksigen.

" Oksigen lagi nyari terus sampai detik ini juga. Akhirnya ada dari Demokrat, kondisi akhir masih kritis sekarang. Saturasi oksigen turun, 90 atau 91 gitu ya," ujar Olive.

4. Kesulitan mencari rumah sakit dan sempat dirawat di UGD

 Jane Shalimar
© Instagram @janeshalimar_1

Setelah saturasi oksigennya menurun, keluarganya pun langsung mencari rumah sakit. Sempat kesulitan, akhirnya ia dilarikan sementara ke Unit Gawat Darurat (UGD) Rumah Sakit Fatmawati, Jakarta Selatan sebelum mendapatkan kamar perawatan.

" Tadi malam enggak dapat ruangan, belum dapat rumah sakit, tapi sekarang sudah dapat di RS Fatmawati masih di UGD karena belum dapat kamar, penuh, full semua. Masih sampai saat ini belum dapat kamar," tutur sahabatnya itu.

4 dari 6 halaman

5. Gunakan ventilator

 Jane Shalimar
© Instagram @janeshalimar_1

Saat diperiksa oleh dokter GD, mantan kekasih Iko Uwais itu divonis mengalami pneumonia bilataral di kedua paru-parunya.

Sebelumnya, ia juga akan diintubasi karena kondisi pneumonia berat dan Coivd-19 akut. Lalu, ia mendapat bantuan oksigen melalui selang. Namun karena tindakannya kurang efektif, akhirnya diputuskan untuk memakai ventilator sebagai tindakan akhir.

5 dari 6 halaman

Unggahan Terakhir Jane Shalimar Sebelum Meninggal Dunia

Dream - Mantan aktris yang terjun ke dunia politik, Jane Shalimar, meninggal dunia pada hari ini, 4 Juli 2021. Ia mengembuskan napas terakhir setelah terpapar covid-19 dan memiliki penyakit penyerta berupa asma.

Sebelumnya, Jane melewati fase kritis. Ibu satu anak itu mengalami sesak napas dan menggunakan ventilator. Sayang, nyawanya tak terselamatkan. Kedukaan tentu saja dirasakan para saudara dan kerabat dekatnya.

 Doa Jane Shalimar Untuk Temannya Jadi Korban Pesawat Sriwijaya Air SJ 182
© MEN

Ucapan duka pun membanjir di akun Instagram Jane. Seperti komentar dari akun @raden.rezapramadia yang menulis " Sy bersaksi beliau orang baik, selamat jalan sahabatku innalillahi wa inna ilahi rojiun, husnul khotimah. aamiin" .

Lalu akun @yee_emm menulis " Selamat jalan kak Jane,, Allah Love You, tenang disana ya, Al Fatehah" .

 

6 dari 6 halaman

Unggahan Terakhir

Dalam akunnya tersebut, Jane terakhir mengunggah foto kue tart pada 10 Juni 2021. Dalam foto, tampaknya Jane mendapat kue spesial dari seseorang, tapi ia tak mau menyebutkan siapa orang tersebut.

 Unggahan Jane Shalimar
© Instagram Jane

" Tag orgnya nggak nih? canda tag," tulis Jane.

Banyak kenalan Jane yang memintanya untuk men-tag orang tersebut, tapi Jane hanya tertawa. Hingga akhir hayatnya tak diketahui dengan siapa Jane tengah dekat. Pasalnya, ia sudah bercerai dengan Arsya Wijaya pada Januari 2021 lalu.

 

Join Dream.co.id