12 Foto Dulu vs Kini Rumah Legendaris ‘Si Doel Anak Sekolahan’, Berubah Drastis

Showbiz | Senin, 26 Juli 2021 14:23

Reporter : Reni Novita Sari

Inilah potret perubahan rumah legendaris Si Doel Anak Sekolahan

Dream - Serial Si Doel Anak Sekolahan  punya tempat tersendiri di hati anak 90-an. Sinetron ini menggambarkan keseharian masyarakat Betawi di sekitar tempat tinggal si Doel yang masih kental dengan nuansa adat Betawi.

Sinetron dengan 138 episode ini punya banyak adegan ikonik yang begitu membekas di ingatan. Salah satu yang paling ikonik adalah rumah si Doel yang bercat kuning dan hijau.

Sayangnya, tradisional khas adat Betawi itu kini telah berubah drastis. Pasalnya, rumah Si Doel yang dulu dari papan kayu kini telah berubah lebih modern. Penasaran seperti apa potret perubahan tersebut? Simak potretnya berikut ini!

12 Foto Dulu vs Kini Rumah Legendaris ‘Si Doel Anak Sekolahan’, Berubah Drastis
Foto: Instagram/si.rano
2 dari 7 halaman

1. Bagian Depan

 ilustrasi
© foto: YouTube/FAZILA QIANA AHZA

Rumah ikonik yang ditinggali keluarga Doel ini diceritakan sebagai rumah milik Babeh Sabeni (Benjamin S). Rumah khas Betawi ini sebetulnya cukup sederhana, seperti halnya rumah-rumah Betawi lainnya. Ciri kesederhanaannya bisa terlihat dari material yang digunakan yaitu hanya papan kayu saja.

 ilustrasi
© Foto : Kapanlagi.com

Sayangnya, lain dulu lain pula kini. Sudah banyak perubahan yang dialami rumah Babeh Sabeni dan kini sudah tak mirip lagi dengan aslinya. Pemilik rumah sudah merenovasi keseluruhan rumah menjadi lebih modern dan hanya menyisakan sedikit saja bagian aslinya.

3 dari 7 halaman

2. Teras Rumah

 ilustrasi
© foto: Instagram/sidoelanaksekolahan

Tak salah memang menyebut rumah si Doel ini kental dengan nuansa Betawi. Keberadaan teras luas di bagian depan rumah merupakan ciri hunian-hunian khas Betawi yang tak bisa dipisahkan.

Dalam kisah Si Doel Anak Sekolahan, teras ini merupakan ruang tamu si Doel sekaligus tempat beristirahat. Ada juga sebuah bale yang biasa digunakan oleh Babe untuk tidur.

 ilustrasi
© foto: YouTube/FAZILA QIANA AHZA

Tapi sekarang, rumah tersebut telah berubah menjadi rumah berdinding tembok dengan halaman yang sudah di beri paving.

4 dari 7 halaman

3. Warung Mbak Nyak

 ilustrasi
© Foto : Instagram/sidoelanaksekolahan

Dalam tayangan Si Doel Anak Sekolahan, diceritakan bahwa di depan rumah si Doel terdapat sebuah warung kecil. Warung kecil yang terbuat dari kayu tersebut adalah warung Mak Nyak (Aminah Cendrakasih). Warung Mak Nyak ini juga menjadi tempat nongkrong favorit Babeh Sabeni.

 ilustrasi
© foto: YouTube/FAZILA QIANA AHZA

Sayangnya, kini sudah tak ada lagi sisa puing-puing warung Mak Nyak setelah adanya renovasi total di bekas tempat syuting film Si Doel. Apalagi, sebagian besar areanya juga sudah dipagari oleh pemilik rumah. Sebagian sisanya berubah menjadi jalan raya umum untuk warga sekitar.

 

5 dari 7 halaman

4. Jalanan Depan Rumah Si Doel

 ilustrasi
© foto: YouTube/M.R.KIDS

Tak ada lagi warung Mak Nyak, tak ada lagi opelet biru tua yang ikonik, dan tak ada lagi wujud rumah Doel yang legendaris. Kini, yang tersisa hanyalah puing-puing kenangan yang terekam dari cuplikan-cuplikan masa lalu.

 ilustrasi
© foto: kapanlagi.com

Selain itu, jalanan di depan rumah Si Doel pun sekarang sudah diaspal. Beberapa spot juga terlihat sudah digunakan menjadi bangunan.

6 dari 7 halaman

5. Persimpangan Rumah

 ilustrasi
© foto: YouTube/FAZILA QIANA AHZA

Sepertinya satu-satunya yang masih asli yang tersisa hanya bagian persimbangan rumah Si Doel. Begini potret terkini lokasi syuting Si Doel Anak Sekolahan saat adegan Atun bertemu Mandra.

 ilustrasi
© foto: YouTube/FAZILA QIANA AHZA

Kini, tempat yang dipakai Atun untuk duduk masih dipertahankan. Hanya saja, belakang persimpangan tersebut sudah mengalami perubahan yang sangat drastis. Dimana telah dibangun banyak rumah modern di sana.

7 dari 7 halaman

6. Jalan Umum

 ilustrasi
© foto: YouTube/FAZILA QIANA AHZA

Dalam kisah Si Doel, sering digambarkan Atun bercengkrama dengan Bang Mandra di pekarangan rumahnya yang luas. Pekarangan itu memang masih tersisa hingga kini dan tak banyak ada perubahan. Di samping pekarangan ada jalan yang biasa untuk lewat para penduduk dan outlet Babeh.

 ilustrasi
© foto: YouTube/FAZILA QIANA AHZA

Sayangnya, salah satu jalanan di sekitar lokasi syuting juga sudah berubah dan dipadati rumah penduduk. Bahkan kanan kiri lokasi tersebut telah dipadati dengan rumah-rumah warga.

Join Dream.co.id