Tambahkan Soda Pada Adonan Omelet, Hasilnya Lebih Lembut

Resep | Selasa, 30 November 2021 06:35

Reporter : Mutia Nugraheni

Sudah pernah coba trik ini?

Dream – Hidangan telur tak pernah salah. Bisa diolah dengan banyak cara dan kaya protein. Tak heran kalau olahan telur selalu jadi menu andalan sebagai sarapan karena praktis, bergizi dan lezat.

Salah satu olahan telur yang banyak disukai adalah dengan didadar atau omelet. Untuk membuat olahan omelet lebih lembut dan rasanya lebih kaya ada trik rahasia yang kerap dilakukan orang Prancis.

1. Kocok Putih telur
Sebelum mengocok, kamu harus memisahkan kuning telur dari putihnya. Setelah itu kocok secara terpisah untuk mendapatkan tekstur lembut dan lapang dari omelet.

Dalam mangkuk terpisah, kocok semua komponen telur sampai mengental dan membentuk puncak yang lembut. Tambahkan garam dan merica ke putih telur yang dikocok dan masukkan kuning telur. Tuangkan adonan ke dalam wajan anti lengket dan masak di wajan tersebut yang sudah dipanaskan.

2. Masak dengan Benar
Tambahkan minyak/mentega ke dalam wajan yang sudah dipanaskan. Kecilkan api dan tambahkan campuran telur. Masak dengan api kecil dengan tutupnya. Itu akan membantu omelet mengembang

3. Tambahkan Air Soda
Mencampur air soda ke dalam telur kocok adalah teknik lain untuk menambahkan tekstur halus di omelet. Saat campuran dimasak, karbonasi menyebabkannya naik, memberikan omelet dengan tekstur sedikit berongga.

 

Tambahkan Soda Pada Adonan Omelet, Hasilnya Lebih Lembut
Omelet/ Foto: Shutterstock
2 dari 3 halaman

Cara membuat omelet super lembut

Pertama, kocok telur dalam mangkuk dan tambahkan bubuk cabai merah, merica, garam, bawang merah cincang, jahe, tomat, dan paprika. Campur seluruhnya dengan rata. Kemudian tambahkan soda yang dicampur dengan air dan aduk kembali.

 Omelet© Dream.co.id

Selanjutnya, panaskan wajan dan masukkan mentega. Tuang campuran telur yang sudah disiapkan dan masak. Setelah mulai mengembang, balik dan masak bagian lainnya. Angkat dan nikmati omelete seperti di Prancis dengan secangkir kopi panas.

Laporan Siti Sarah Al Hafizd/ Sumber: FoodNDTV

3 dari 3 halaman

Buat kamu yang berjualan makanan atau suka memesan makanan secara online, bisa tengok ManisdanSedap.com. Selain membantu penggemar kuliner menemukan dan memesan beragam menu favorit, platform ini juga membantu para pemilik UMKM untuk menampilkan jualan mereka sebagai 'etalase'.

Lengkap dengan tombol pembelian langsung menuju ke nomor whatsapp Seller, pembeli dapat berinteraksi dengan Seller dan melakukan transaksi terpisah dari platform. Yuk, bikin usaha kuliner rumahanmu makin dikenal dengan ikutan gabung ke ManisdanSedap.com!

 

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

 

Join Dream.co.id