Resep Saus Spaghetti Berusia 74 Tahun, Penasaran Isinya?

Resep | Senin, 1 Maret 2021 09:12
Resep Saus Spaghetti Berusia 74 Tahun, Penasaran Isinya?

Reporter : Mutia Nugraheni

Amplop resep tersebut ditemukan tersembunyi di sudut garasi.

Dream - Spageti bolognese merupakan makanan khas italia yang disukai banyak orang karena ciri khas rasa gurih sausnya. Kini sudah banyak yang menjual saus bolognese instan dan kita hanya tinggal menghangatkannya saja.

Cukup praktis memang, tapi rasanya akan lebih enak jika membuatnya sendiri. Seorang pengguna Reddit bernama orestes77 baru-baru ini membagikan sebuah foto resep saus spaghetti yang diperkiran sudah 74 tahun. Pada postingannya ia menyebutkan amplop resep tersebut ditemukan tersembunyi di sudut garasi miliknya.

" Resep ini ditemukan di garasi, saat saya sedang memindahkan beberapa papan pasak lama yang sudah digunakan beberapa tahun yang lalu. Saya belum mencobanya, tapi menurut saya ini adalah tempat yang tepat untuk membagikannyam" tulisnya.

Seperti apa resepnya? Yuk simak

Bahan:
- Minyak
- 72 ons tomat yang sudah dihaluskan
- 4 cup bawang bombay
- 4 sdt bawang putih
- 1,5 sdt Basil
- 1,5 sdt rosemary
- 1 sdt bubuk cabai
- Dry mustard secukupnya
- 1 ¼ sdm paprika
- Garam secukupnya
- Merica untuk rasa

 

2 dari 6 halaman

Cara membuat

 Resep saus pasta 74 tahun
© Reddit

- Pertama-tama, masukkan minyak atau mentega ke dalam panci lalu panaskan. Setelah cukup panas tambahkan bawang bombay dan tumis selama beberapa menit.
- Selanjutnya, haluskan bawang putih dan tambahkan bawang bombay dan tumis selama beberapa menit. Tambahkan semua bumbu dan tumis selama beberapa menit.
- Lalu tambahkan tomat dan juga air secukupnya. Jika kurang kental, tambahkan sedikit tepung maizena dan air, aduk rata.
- Sementara itu, rebus spageti. Dann setelah matang, tambahkan mentega cair atau margarin, sedikit garam, merica, sedikit keju parut dan tambahkan sedikit saus yang baru dibuat.
- Aduk rata, dan sajikan dengan saus dan keju di sampingnya.


Laporan: Yuni Puspita Dewi/ Sumber: Times of India

3 dari 6 halaman

Jangan Buang Air Rebusan Pasta, Bisa Dimanfaatkan Maksimal

Dream - Sahabat Dream suka memasak pasta? Mulai sekarang, jangan langsung buang air pasta begitu aja. Ternyata air rebusan ini memiliki banyak manfaat. Bukan hanya untuk masakan tapi juga hal lain.

Pasta mengandung banyak zat pati. Saat direbus, pati tersebut ikut keluar dan membuat air menjadi kental dan berubah warna menjadi lebih keruh. Siapa sangka kalau air yang keruh tersebut bisa digunakan untuk lima hal ini.

 Jangan Buang Air Rebusan Pasta, Bisa Dimanfaatkan Maksimal
© MEN

1. Membuat berbagai olahan roti
Air rebusan pasta bisa menjadi opsi menarik untuk membuat olahan roti. Kandungan air rebusan pasta yang kaya akan tepung dan rasa yang khas bisa membantu olahan roti yang kamu buat jadi lebih enak ketimbang pakai air biasa.

2. Memasak Nasi
Penggunaan air rebusan pasta saat memasak nasi ternyata bisa membuat nasi yang kamu masak memiliki rasa yang unik dan kaya. Jadi, simpan air rebusan pasta kalau kamu ingin merasakan sensasi baru saat memakan nasi.

 

 

4 dari 6 halaman

3. Bahan Tambahan Untuk Membuat Saus
Menambahkan air rebusan pasta pada saus pasta homemade dapat memberikan tambahan rasa. Selain itu, air rebusan pasta juga bisa membuat tekstur saus yang kamu buat menjadi lebih ringan sehingga saus dapat lebih mudah bercampur dengan pasta.

 Teknik Agar Olahan Pasta Menjadi Lebih Nikmat
© MEN

4. Menyiram Tanaman
Air rebusan pasta juga bisa digunakan untuk menyiram tanaman. Bukan tanpa sebab, kandungan yang ada pada air pasta punya banyak sekali vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk pertumbuhan tanaman.

5. Meredakan Nyeri di Kaki
Tidak hanya untuk olahan makanan, kamu juga bisa memanfaatkan air rebusan pasta yang kaya akan mineral ini untuk relaksasi di rumah. Caranya gampang, hanya perlu merebus air pasta sebentar hingga temperaturnya berubah menjadi hangat. Setelah itu, tuang air pasta ke wadah yang cukup besar dan masukan kakimu ke wadah berisi air pasta tersebut.

 

Laporan Silmi Safriyantini/ Sumber: Times of India

5 dari 6 halaman

Pasta Langka di Italia, Hanya Bisa Dibuat Keturunan Terpilh

Dream - Berbicara soal pasta tak bisa dilepaskan dari negara asalnya, Italia. Saat ini, kita memang bisa dengan mudah mendapatan hidanga pasta. Mulai dari yang dijual di restoran dan diolah oleh koki profesional hingga pasta instan yang bisa dibuat sendiri dalam sekejap.

Banyak koki dan juru masak, terutama di bidang makanan Italia, sangat andal membuat pasta dari nol. Namun ada satu jenis pasta yang disebut Su Filindeu di Italia, yang termasuk langka karena memilik teknik super rumit dalam membuatnya.

 Pasta Langka di Italia, Hanya Bisa Dibuat Keturunan Terpilh
© MEN

Sudah ada selama lebih dari 300 tahun silam, resep pasta paling langka di dunia dan teknik pembuatannya yang rumit telah diturunkan oleh generasi perempuan dalam satu keluarga di Nuoro, Italia.

 

6 dari 6 halaman

Pasta Tipis

Paola Abraini adalah salah satu dari segelintir wanita di Sardinia yang masih bisa membuat pasta ini. Hal yang membuat pasta ini sangat unik dan langka adalah dibutuhkannya kesabaran dan kerajinan untuk menarik dan melipat adonan pasta menjadi untaian yang super kecil, sampai menyerupai untaian benang.

 Su Filindeu
© You Tube Great Big Story

Saking tipisnya untaian pasta yang dibuat oleh Paola Abraini, ia bisa menghasilkan 256 helaian pasta dengan satu adonan. Setelah pasta mentah jadi, ia digulungkan pada permukaan kayu berbentuk lingkaran.

Setelah itu dibiarkan kering di bawah sinar matahari, atau di dalam suhu ruangan. Baru kemudian pasta bisa diolah. Baca selengkapnya di Diadona.id.

Terkait
Join Dream.co.id