Resep Sambal Korek Pedas yang Bikin Semangat Makan

Resep | Senin, 27 Januari 2020 06:12
Resep Sambal Korek Pedas yang Bikin Semangat Makan

Reporter : Mutia Nugraheni

Varian sambal korek ini cukup banyak, namun pada dasarnya memiliki bahan yang sama.

Dream - Sajian sambal dalam sebuah hidangan, bagi masyarakat Indonesia boleh dibilang merupakan hal wajib. Hanya dengan nasi hangat, lalap sayur dan sambal, kita sudah bisa makan dengan lahap.

Apalagi jika sambal yang disajikan adalah sambal korek dalam cobek. Varian sambal korek ini cukup banyak, namun pada dasarnya memiliki bahan yang sama. Antara lain
cabai, bawang putih, dan garam.

Jika ingin membuat sambal korek yang lebih menggugah selera, ada tips mudah yang bisa dicoba. Ada beberapa kreasi mudah untuk membuat sambal korek yang enak. Yuk, simak.

 

2 dari 8 halaman

Gunakan Pete

 Sambal peteSambal pete © Shutterstock

Sambal korek pete ini bakal disuka para penggemar pete. Bawang putih dan cabai digoreng sampai layu. Setelah itu, ulek keduanya dengan garam dan gula. Panaskan sedikit minyak, lalu tumis sambal tersebut dengan pete. Masak hingga pete matang. Sambal korek pete siap disajikan.

 

3 dari 8 halaman

Sambal Korek Rawit Ijo

 Empal Gepuk Sambal KemangiEmpal Gepuk Sambal Kemangi © © MEN

Cabai rawit ijo, tomat ijo, bawang putih, daun jeruk, gula, dan garam diulek kasar. Daun jeruk di sini berfungsi untuk membuat aromanya lebih wangi dan menggugah selera. Setelah selesai diulek, siram sambal dengan minyak panas. Aduk rata. Sambal siap disajikan.

 

4 dari 8 halaman

Sambal Korek Daun Jeruk

 Sambal Bejek Pelangi, Penambah Nafsu MakanSambal Bejek Pelangi, Penambah Nafsu Makan © © MEN

Cabai merah keriting, cabai rawit, bawang putih, dan garam diulek. Siram dengan minyak panas. Tambahkan daun jeruk, ulek atau memarkan bercampur dengan bahan lain. Aroma daun jeruk dijamin membuat sambal ini bikin nagih.

Selengkapnya baca di sini.

Laporan Endah Wijayanti/ Sumber: Fimela

5 dari 8 halaman

Resep Sambal Tempe yang Bangkitkan Nafsu Makan

Dream - Indonesia memang memiliki banyak sekali varian sambal. Sahabat Dream termasuk penggila sambal? Ada salah satu jenis sambal yang sangat nikmat dan bisa membangkitkan nafsu makan, yaitu sambal tempe.

 Resep Sambal Tempe yang Bangkitkan Nafsu MakanResep Sambal Tempe yang Bangkitkan Nafsu Makan © © MEN

Hanya disajikan dengan nasi hangat, sudah bisa membuat lidah ketagihan dan perut kekenyangan. Cara membuatnya juga sangat mudah. Untuk membuat sambal tempe yang lebih sedap, ada sejumlah cara yang bisa dicoba.

Berikut empat tips mudah untuk membuat sambal tempe yang menggugah selera. Langsung saja simak di sini, ya.

 

6 dari 8 halaman

Bahan-Bahan Sambal Digoreng Lebih Dahulu

 Sambal tempeSambal tempe © Shutterstock

Bahan-bahan yang digunakan untuk sambal digoreng lebih dahulu. Bawang merah, bawang putih, terasi, dan cabai yang digunakan bisa digoreng lebih dahulu hingga layu.

Setelah ditiriskan, langsung diulek bersama dengan tempe goreng. Tambahkan garam sesuai selera. Menu sederhana ini pun dijamin sudah bisa menggugah selera.

 

7 dari 8 halaman

Tambahkan Daun Kemangi

Ingin membuat sambal tempe yang lebih beraroma dan menggugah selera? Kita bisa menambahkan daun kemangi yang sudah dibersihkan.

 Sambal tempeSambal tempe © Shutterstock

Bawang putih dan cabai rawit digoreng hingga layu. Lalu ulek dan tambahkan garam secukupnya. Tambahkan tempe goreng dan lumatkan dengan menambahkan daun kemangi.

 

8 dari 8 halaman

Tambahkan Kencur

Kencur bisa memberi aroma yang lebih harum dan menggugah selera untuk sambal tempe. Cukup ulek cabai merah, bawang putih, dan kencur.

Setelah itu tambahkan garam dan gula sesuai selera. Kemudian masukkan tempe, lalu penyet untuk dijadikan sambal tempe.

Bawang merah, bawang putih, dan cabai direbus terlebih dahulu. Kemudian ulek dengan menambahkan gula, garam, terasi, dan kencur. Setelah itu, kita bisa menambahkan kelapa parut dalam bumbu, aduk rata.

 Ingin Sehat? Jangan Remehkan Tempe TahuIngin Sehat? Jangan Remehkan Tempe Tahu © © MEN

Terakhir, masukkan tempe goreng lalu lumatkan. Sambal tempe pun siap dihidangkan dengan nasi hangat.

Laporan Endah Wijayanti/ Sumber: Fimela.com

Terkait
Indah Permatasari: Karena Mimpi Aku Hidup
Join Dream.co.id