Pertahankan Nutrisi Makanan Saat Memasak dengan Cara Ini

Resep | Rabu, 21 Agustus 2019 10:49
Pertahankan Nutrisi Makanan Saat Memasak dengan Cara Ini

Reporter :

Pastikan nutrisi makanan tetap terjaga, bukan hanya rasanya saja yang nikmat.

Dream - Memasak jadi proses yang sangat penting dalam mengolah bahan mentah jadi makanan siap santap. Rasa yang nikmat, jadi tujuan utama. Satu hal yang kerap lupa diperhitungkan adalah nutrisi yang terkandung di dalamnya,

Berbagai cara mengolah makanan bisa dilakukan jika ingin memasak makanan yang enak. Namun hanya beberapa cara saja yang bisa memastikan nutrisi dalam makanan tidak hilang. Jika ingin makan sehat dan bahan makanan tidak kehilangan nutrisi, coba empat trik ini.

2 dari 6 halaman

1. Hindari cara menggoreng dan membakar

 Hati-hati! Gorengan Bikin Pria Cepat Pikun

Jika tak ingin makanan kehilangan banyak nutrisi jangan dimasak dengan cara digoreng atau dibakar. Bukan hanya menghilangkan nutrisi makanan tapi juga menambah jumlah kalori dan lemak trans yang tak sehat untuk tubuh dan dapat diubah menjadi kolesterol.

3 dari 6 halaman

2. Merebus atau mengukus sebentar saja

 Ikan dan sayur kukus


Jika ingin merebus atau mengukus sayuran pastikan tidak dalam waktu lama, karena makanan yang overcook akan menghilangkan vitamin dan kandungan lain di dalam makanan. Cukup hingga agak layu, dan angkat sebelum warnanya berubah.

4 dari 6 halaman

3. Memanggang

 Trik Mengolah Ayam Panggang Berbumbu Meresap


Jika tidak dengan merebus atau mengukus, memanggang di dalam oven juga bisa jadi cara yang baik menjaga nutrisi makanan tertentu misalnya daging, ikan, ubi, jagung dan kentang. Pastikan juga selalu mengatur waktu agat tidak terlalu lama.

5 dari 6 halaman

4. Memilih minyak

Memasak dengan minyak, pastikan penggunaan minyaknya sehat, pilih minyak zaitun, kelapa atau minyak nabati lainnya yang rendah lemak. Namun hindari minyak sayur atau minyak kelapa sawit yang lebih tinggi lemak.

Laporan Febi Anindya Kirana/ Sumber: Fimela.com

 

6 dari 6 halaman

Perhatian, Selalu Icip Masakan Panas dengan Sendok Kayu

Dream - Mencicipi rasa masakan jadi hal yang wajib dilakukan. Tentunya agar saat memasak bisa langsung mengoreksi rasa jika ada yang kurang. Baik itu kurang asin, terlalu manis atau kurang pedas.

" Mencicipi masakan jadi bagian yang sangat penting dalam proses memasak. Ini membantu kita menentukan berapa banyak garam atau lada atau bumbu lain yang perlu ditambahkan," kata Elisabeth Sherman, seorang pakar memasak, seperti dikutip dari Allrecipes.

 Perhatian, Selalu Icip Masakan Panas dengan Sendok Kayu

Menurut Sherman, saat mencicipi masakan pastikan selalu menggunakan sendok atau spatula kayu. Hindari menggunakan perkakas masak dari bahan logam atau stainlees.

" Sendok logam berpotensi membakar makanan karena menahan panas. Ini tidak hanya mengubah rasa, tetapi juga berpotensi membuat luka pada lidah. Rasa masakan pun jadi tidak akurat saat dicicipi di lidah," ungkapnya.

Solusinya cukup sederhana, cukup gunakan sendok kayu saat cicipi masakan. Sendok kayu tidak menahan panas seperti logam. Suhunya pun tetap stabil bahkan jika masakan dalam kondisi panas.

Jadi pastikan ada perkakas masak dari bahan kayu di rumah. Selalu gunakan perkakas tersebut saat Sahabat Dream mencicipi masakan panas.

Terkait
Suasana Cair Roger Danuarta dan Ayah Cut Meyriska di Meja Makan
Join Dream.co.id