Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Olah Buntut Sapi Jadi Empuk Tak Berbau, Ini 4 Triknya

Olah Buntut Sapi Jadi Empuk Tak Berbau, Ini 4 Triknya Sop Buntut (Foto: Shutterstock)

Dream - Sop buntut atau buntut panggang biasanya jadi sajian istimewa saat Idul Adha. Mengolah bagian tubuh sapi yang satu ini memang agak sedikit menantang.

Bagi Sahabat Dream yang ingin mengolah buntut harus tahu trik-triknya. Jangan sampai buntut menjadi alot atau malah berbau.

Agar buntut sapi bisa empuk saat direbus, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Sebenarnya tidak terlalu sulit. Selengkapnya langsung saja simak infonya di bawah ini.

Hilangkan bagian lemak

Sop buntut spesial

Buntut sapi perlu dibersihkan terlebih dahulu. Hilangkan bagian lemaknya dengan menggosok-gosoknya di bawah air mengalir. Bersihkan lemak yang masih tertinggal dengan menggunakan pisau. Buntut sapi yang bersih dan bebas lemak ini nantinya bisa digunakan untuk menghasilkan sop buntut dengan kuah yang lebih bening.

Cuci dengan air panas

Sop Buntut Garang Asem

Buntut sapi yang sudah dibersihkan dan dihilangkan bagian lemaknya bisa dicuci dengan air panas sebagai proses terakhir pembilasan. Buntut sapi yang sudah benar-benar bersih setelah dicuci dengan air panas bisa langsung kita rebus.

Dua kali proses

Sangat disarankan untuk merebus buntut sapi dua kali. Proses perebusan pertama berfungsi untuk menghilangkan bau prengsi. Dalam proses ini, didihkan air yang sudah diisi daun salam, daun jeruk, dan jahe. Setelah direbus selama 15 menit, air rebusan bisa dibuang. Lalu, lanjut ke proses perebusan kedua.

Sop Buntut Legendaris `Buruan` Para Artis

Dalam proses perebusan kedua, air yang baru dididihkan, kemudian masukkan buntut sapi. Di sini kita juga bisa memasukkan aneka bumbu sesuai dengan resep dan hidangan yang ingin kita buat.

Direbus dengan api kecil

Bila kita tak memiliki panci presto, kita bisa menggunakan panci biasa untuk merebus buntut sapi. Gunakan api kecil saja untuk merebus agar daging tidak menciut dan bisa menjadi lebih empuk. Biasanya butuh waktu sekitar 8 jam untuk merebus buntut sapi sampai benar-benar empuk.

Sop Buntut Pekalongan Maknyoss

Dalam proses perebusan ini kita bisa saja mengganti airnya sesuai dengan kebutuhan, mungkin dua kali atau tiga kali. Buntut sapi yang sudah direbus bisa diolah sesuai selera dengan lebih mudah.

Kita bisa menggorengnya, membakarnya, atau langsung mengolahnya menjadi sup. Selamat memasak, Sahabat Dream!

Laporan Endah Wijayanti/ Sumber: Fimela

Tergoda Pedasnya Buntut Sapi Rica-rica

Dream – Olahan buntut sapi selalu terasa istimewa. Jika biasanya dimasak dengan cara dibakar atau dibuat sop, buntut juga bisa diolah dengan bumbu rica-rica pedas. Menu menggoda ini disajikan dalam program Food and Beverage Promo of Three Months di Pesonna Hotel Semarang.

"Menu buntut sapi yang merupakan masakan khas Jawa di padukan dengan bumbu pedas rica-rica, masakan khas Manado yang menggoyang lidah. Ini merupakan menu fusion kedua dari Executive Chef setelah sebelumnya sukses menyajikan Spaghetti Rendang,” ujar Public Relations Pesonna Hotel Semarang, Twinika Sativa, dalam rilis yang diterima Dream.co.id.

Tergoda Pedasnya Buntut Sapi Rica-rica

Executive Chef Pesonna Hotel Semarang, Arinto Kuswinarto, mengungkap, buntut pedas tersebut disajikan dengan nasi putih. Level pedas rica-rica tentunya disesuaikan, tidak terlalu ekstrem.

“Memasuki musim penghujan, Buntut Sapi Rica Rica sangatlah cocok disantap karena sensasi pedas dan lezatnya olahan buntut ini bisa menghangatkan tubuh dan menambah selera makan,” kata Arinto.

Buntut Sapi Rica Rica dibanderol seharga Rp60.000,- net/porsi. Ada juga kudapan ringan Opera Cake. Cake dengan tekstur lembut, perpaduan manis dengan sedikit rasa pahit khas kopi serta cokelat pekat.

opera cake

Aroma wangi kopi, cokelat dan almond berpadu dengan harum. Kue yang berlapis-lapis ini terdiri dari almond sponge cake, buttercream, dan chocolate glaze. Menu ini dibanderol Rp35.000,- net/porsi.

Penasaran mencicipinya, Sahabat Dream?

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Bikin Tumis Pare Gurih,  Ada Trik Kurangi Rasa Pahitnya

Bikin Tumis Pare Gurih, Ada Trik Kurangi Rasa Pahitnya

Ada banyak variasi tumis pare yang dapat disajikan dengan tambahan berbagai bahan lainnya, sehingga membuat hidangan semakin nikmat.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Bersihkan Setrika Kesat Cuma Pakai 2 Bahan

Bersihkan Setrika Kesat Cuma Pakai 2 Bahan

Jangan biarkan setrika kesat dan kotor membuat pakaianmu tidak rapi. Bersihkan setrika dengan 2 bahan untuk mengatasinya.

Baca Selengkapnya
Cewek Aktif Merapat! Intip Rahasia Tebarkan Wangi Sepanjang Hari, Bebas Bau Badan Mengganggu

Cewek Aktif Merapat! Intip Rahasia Tebarkan Wangi Sepanjang Hari, Bebas Bau Badan Mengganggu

Biarpun aktif seharian, tapi jangan sampai bau badan mengganggu!

Baca Selengkapnya
4 Tips Hindari Perut Kembung, Perayaan Malam Tahun Baru Bakal Lebih Enjoy

4 Tips Hindari Perut Kembung, Perayaan Malam Tahun Baru Bakal Lebih Enjoy

Jangan sia-siakan malam tahun baru yang seru hanya karena perut tak nyaman akibat kembung, ikuti tips-tips ini.

Baca Selengkapnya
6 Tips Bikin Minuman dari Daun Cincau, Gak Ribet Kok!

6 Tips Bikin Minuman dari Daun Cincau, Gak Ribet Kok!

Bikin minuman dari daun cincau ternyata gak ribet dan simpel banget, loh! Tinggal ikuti beberapa langkah berikut!

Baca Selengkapnya
DRESS IT! Tips Cara Mengikat Ujung Kemeja Biar Kece

DRESS IT! Tips Cara Mengikat Ujung Kemeja Biar Kece

Sahabat Dream harus lihat dan ikutin nih cara-cara mengikat ujung kemeja biar rapi dan lebih kece.

Baca Selengkapnya