Kerupuk Mengembang dan Renyah, Cari Tahu Cara Menggorengnya

Resep | Kamis, 16 Januari 2020 15:12
Kerupuk Mengembang dan Renyah, Cari Tahu Cara Menggorengnya

Reporter : Mutia Nugraheni

Mungkin banyak yang menganggap kalau menggoreng kerupuk merupakan hal mudah. Faktanya tak selalu demikian.

Dream - Banyak orang merasa tak lengkap jika makan tanpa kerupuk. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah bisa membangkitkan selera makan.

Mungkin banyak yang menganggap kalau menggoreng kerupuk merupakan hal mudah. Faktanya tak selalu demikian.

Seringkali kerupuk tak mengembang dan keras saat dimakan. Nah, untuk mendapatkan kerupuk yang renyah ada trik yang harus dilakukan. Berikut beberapa cara agar hasil gorengan kerupuk bisa mengembang renyah.

Jemur lebih dulu
Jika menyimpan kerupuk terlalu lama, seringkali kerupuk mentah akan lembap dan ketika digoreng tak akan bagus hasilnya. Jadi untuk mengurangi kelembapan kerupuk, jemur dulu di bawah terik matahari seharian. Kerupuk yang kering akan mengembang sempurna jika digoreng.

 

2 dari 5 halaman

Minyak panas

 Berapa Kali Minyak Goreng Sebaiknya Dipakai?Berapa Kali Minyak Goreng Sebaiknya Dipakai? © © MEN

Gunakan minyak panas, jangan memasukkan kerupuk mentah ke dalam minyak yang belum panas. Beberapa kerupuk mungkin akan tetap mengembang renyah, tapi beberapa lainnya justru akan keras atau alot tidak bisa mengembang. Setelah minyak panas, kecilkan, agar kerupuk tidak gosong.

 

3 dari 5 halaman

Gunakan wajan besar

 kerupukkerupuk © Shutterstock

Ini adalah poin penting saat menggoreng kerupuk. Umumnya kerupuk butuh minyak yang banyak dan akan mekar memenuhi penggorengan, jadi pastikan menggunakan wajan besar agar bisa memberi ruang kerupuk mengembang sempurna.

 

4 dari 5 halaman

Minyak yang banyak

Tidak seperti menggoreng telur yang bisa dengan minyak sedikit, menggoreng kerupuk memang agak boros minyak. Penggunaan minyak dalam jumlah banyak juga sangat membantu kerupuk matang merata dan bisa mengembang maksimal.

 kerupukkerupuk © Shutterstock

Silakan dicoba di rumah, Sahabat Dream.

Laporan Febi Anindya Kirana/ Sumber: Fimela

5 dari 5 halaman

Fakta Soal Minyak Jelantah yang Tak Banyak Orang Tahu

Dream - Minyak jelantah selalu dianggap kurang sehat untuk dikonsumsi. Pasalnya minyak ini identik dengan minyak bekas yang sudah menghitam dan bisa memicu banyak masalah kesehatan.

 Fakta Soal Minyak Jelantah yang Tak Banyak Orang TahuFakta Soal Minyak Jelantah yang Tak Banyak Orang Tahu © © MEN

Ternyata anggapan tersebut tak sepenuhnya benar. Hal ini diungkapkan oleh Made Astawan, pakar gizi Institut Pertanian Bogor.

“ Tergantung jenis minyaknya. Kalau pakai minyak kelapa yang banyak asam lemak jenuhnya, bisa dipakai berkali-kali,” ujar Made di Ashley Hotel, Jakarta Pusat, Kamis 31 Oktober 2019, dalam acara Nutrifood Research Center Grant 2019.

Minyak jelantah menurut Made hanya boleh dipakai ulang sebanyak 4 kali. Jangan menambah dengan yang baru, tapi harus dibuang dan gunakan minyak baru setelah 4 kali pemakaian.

“ Walaupun praktiknya jarang sekali pedagang kaki lima mengganti minyak, yang ada menambah dan itu sama dengan tidak diganti. Jadi kalau sudah 4 kali harus diganti," ungkap Made.

Terkait
Video Polisi Tes Kandungan Sabu Cair dalam Mainan Anak-anak
Join Dream.co.id