Bikin Steak di Rumah, Pastikan Bumbunya Meresap

Resep | Selasa, 7 April 2020 11:12
Bikin Steak di Rumah, Pastikan Bumbunya Meresap

Reporter : Mutia Nugraheni

Membumbui daging steak yang tebal memang butuh teknik khusus.

Dream - Saat di rumah saja dalam masa social distancing seperti sekarang, mungkin Sahabat Dream rindu dengan sajian steak restoran favorit. Nah, bagaimana kalau membuatnya sendiri di rumah?

Terkadang saat membuat steak sendiri, bumbunya tidak meresap hingga ke dalam daging dan rasanya kurang pas. Membumbui daging steak yang tebal memang butuh teknik khusus.

Beli saja daging steak secara online, lalu bumbui dan panggang sendiri. Bagaimana cara agar bumbu steak meresap dan steak empuk? Simak langkah-langkahnya.

Taburi bumbu di tiap sisi

Daging steak seringkali cukup tebal. Ukuran ideal dalam memilih steak terbaik adalah dengan memiliki ketebalan sekitar satu setengah inci. Garam hanya akan membumbui permukaan daging, yang berarti tidak hingga ke dalam daging.

Itu sebabnya sangat penting untuk memberi garam dan lada atau campuran bumbu bubuk dengan banyak dan di tiap sisi. Jika Anda hanya dibumbui di permukaan saja, mungkin akan terlalu asin.

 

2 dari 7 halaman

Garam Kosher

Kapan harus memberi garam pada steak?
Beberapa koki suka memberi garam steak sebelum memasak, bahkan hingga 24 jam sebelumnya. Memberi garam sebelum memasak adalah cara terbaik.

 Steak© Shutterstock

Bumbui steak di awal
Jika ingin membumbui steak di awal, lakukan dengan metode menepuk daging menggunakan tisu kertas dan taburkan kedua sisi daging dengan garan Kosher. Tekan butiran garam ke dalam daging menggunakan tangan.

Pindahkan steak ke rak pendingin dengan loyang di bawahnya. Tutupi seluruh loyang dengan bungkus plastik dan masukkan ke kulkas hingga 24 jam. Keluarkan sekitar 30 menit sebelum dimasak. Tepuk-tepuk sampai kering dengan tisu, bumbui dengan lada hitam yang baru ditumbuk dan tekan ke dalam daging, lalu panggang seperti biasa.
Daging steak yang ditepuk membuat daging menjadi kering sehingga akan memberi kulit yang lebih coklat ketika dimasak.



3 dari 7 halaman

Lada Hitam

Bumbui steak tepat sebelum dipanggang
Sebelum dimasak, biarkan steak berada di suhu ruang selama 30 menit. Taburkan kedua sisi dengan garam Krosher yang banyak dan lada hitam yang baru ditumbuk. Tekan garam dan lada hingga ke dalam daging agar meresap. Kamu bisa mengolesi steak dengan sedikit mentega yang sudah dicairkan sebelum dipanggang.

 Steak Cita Rasa Terbaik, nan-Halal© MEN


Gunakan lada hitam yang baru ditumbuk
Ada yang mengatakan bahwa dengan memberikan lada hitam sebelum dipanggang dapat menyebabkan lada terbakar ketika dimasak. Lalu bagaimana yang benar? Dengan memberikan lada ketika steak dipanggang akan menyebabkan lada tidak menempel pada daging steak. Namun, memberikan lada hitam yang baru ditumbuk bisa menciptakan cita rasa yang kaya.

Laporan Raissa Anjanique/ Sumber: TheSpruce

4 dari 7 halaman

Menu Steak Lapis Emas di Restoran Salt Bae, Harganya Capai Rp19 Juta

Dream - Terkenal dengan cara memotong daging dan menuangkan garam yang unik, restoran Salt Bae bikin banyak orang penasaran. Sang pemilik yang memiliki nama asli Nurset Gocke ini terkenal karena aksinya memotong daging dan menaburkan garam ke daging dengan gaya yang teatrikal.

Sahabat Dream ingin tahu berapa harga sekali makan di restoran milik Salt Bae ini? Dilansir dari The Independent, restoran yang terletak di kawasan Theatre District ini menawarkan harga yang di luar nalar.

Untuk seiris daging saja, harganya mencapai US$275 atau setara dengan Rp4 juta. Sayangnya, banyak review yang justru mengkritik restoran ini karena terlalu mahal dengan kualitas yang biasa saja.

 Menu Steak Lapis Emas di Restoran Salt Bae, Harganya Capai Rp19 Juta© Dream

Hal ini juga ditulis oleh New York Post yang saat itu mencicipi daging dengan segelas wine yang tidak begitu enak namun harus membayar US$521 USD atau setara dengan Rp 7,5 juta.

Ulasan yang sama juga ditulis oleh GQ. Majalah tersebut dalam ulasannya mengatakan kalau pengunjung datang ke restoran hanya untuk melihat Salt Bae dan bukan untuk makanannya.

Sementara itu, Raffi Ahmad dan Nagita Slavina dalam vlognya pernah makan di tempat ini. Tepatnya makan di restoran cabang Abu Dhabi. Raffi mengungkap kalau mereka harus merogoh kocek hingga Rp15 juta.

Pemain sepak bola asal Perancis, Franck Ribery, juga pernah mencicipi hidangan Salt Bae ini. Tak tanggung-tanggung ia memesan menu steak seharga Rp19juta. Selengkapnya baca di Diadona.id.

5 dari 7 halaman

Panduan Membuat Steak Nikmat Bagi Pemula

Dream - Ingin menikmati steak tapi sangat malas untuk keluar rumah? Mungkin hal ini sering dialami Sahabat Dream. Saatnya untuk membuat steak sendiri, apalagi kini mulai banyak toko daging baik online atau kedai khusus yang menyediakan daging steak berkualitas.

Membuat steak di rumah tidak sesulit yang dipikirkan. Pertama-tama, kamu memerlukan daging berkualitas khusus steak.

 Panduan Membuat Steak Nikmat Bagi Pemula© Dream

" Jenis daging itu ada tenderloin, sirloin, rib eye, itu selera. Daging juga ada standarnya sendiri, jenis, kualitas dan harganya beda," ujar Muhammad Yusuf, Chef Cikang Resto dalam peluncuran menu baru Karambia Steak di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis 12 Maret 2020.

Pilih daging yang masih segar. Biasanya untuk daging sapi, ditandai dengan warna merah segar dan tidak pucat. Lumuri daging dengan bumbu dasar, yaitu lada dan garam.

Siapkan sedikit minyak kelapa dan kuas untuk melumuri daging serta pan atau pemanggang. Jika ingin lebih beraroma, gunakan pemanggang dengan arang batok kelapa.

 

6 dari 7 halaman

Panas Hingga 70 Derajat

Diamkan daging selama beberapa menit hingga bumbu menyerap. Panaskan pan atau pemanggang hingga 70 derajat, tidak kurang atau lebih. Tentukan kematangan yang diinginkan, rare, medium rare, medium, medium well, well done atau very well done.

 Resep Steak Lada Hitam© MEN

" Very well done itu matang sekali. Nggak semua orang suka karena jadi keras," kata Yusuf.

Jangan gunakan terlalu banyak minyak saat membuat steak. Hal ini agar daging tidak kehilangan nutrisinya. Panggang daging dan bolak-balikkan setiap 30 detik.

 

7 dari 7 halaman

Pilih tingkat kematangan

Untuk durasi pemangganggan, sesuaikan dengan selera. Biasanya untuk membuat kematangan daging rare membutuhkan waktu 2 menit, dan untuk meningkatkannya cukup ditambah 2 menit. Supaya dagingnya sangat matang, membutuhkan 8 menit.

 Steak Cita Rasa Terbaik, nan-Halal© MEN

" Rare 2 menit, medium rare 4 menit, medium well 6 menit, well done 8 menit. Jadi kelipatan 2 menit," ungkap Yusuf.

Selanjutnya, hidangkan daging bersama salad dan potato chips. Kamu juga bisa mengganti salad dengan sayur favorit atau mashed potato.

 

Terkait
Join Dream.co.id