8 Resep Olahan Jeroan Hewan Kurban, Nikmat, Lezat dan Praktis

Resep | Sabtu, 1 Agustus 2020 07:00
8 Resep Olahan Jeroan Hewan Kurban, Nikmat, Lezat dan Praktis

Reporter : Arini Saadah

Mana resep favoritmu?

Dream – Saat hari raya Idul Adha, umat muslim akan merayakannya dengan menyembelih hewan kurban dan membagikannya kepada orang yang membutuhkan.

Biasanya dalam satu paket daging kurban yang kita terima isinya tidak hanya daging. Tetapi juga ada tulang dan jeroan yang terkadang tidak disukai banyak orang.

Namun jangan salah Sahabat Dream, jeroan hewan kurban baik dari sapi maupun kambing, bisa kamu olah menjadi masakan yang nikmat dan lezat.

Jika mendapatkan jeroan hewan kurban jangan segan-segan untuk memasaknya dengan beberapa resep yang kita rekomendasikan ini. Jadikan jeroan hewan kurban menjadi olahan yang rasanya bikin ketagihan.

Melansir dari berbagai sumber, berikut 8 resep olahan jeroan hewan kurban yang nikmat, lezat dan praktis: 

2 dari 9 halaman

Gule Kuning Jeroan

Ilustrasi© Instagram @mama_syifa_hana

Resep olahan jeroan hewan kurban yang pertama adalah gule kuning jeroan. Jika kamu menyukai masakan dengan santan, resep gule kuning jeroan recommended banget buat kamu coba di rumah.

Bahan yang perlu kamu siapkan adalah: 500 gram jeroan sapi campur, 2 batang serai, 4 lembar daun jeruk, 4 lembar daun salam, 5 cm kayu manis, 5 cm lengkuas, 2 buah kapulaga, 1 sdm garam, 1 bungkus santan instan, gula, garam dan kaldu bubuk secukupnya.

Bahan yang perlu dihaluskan yaitu: 5 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, 2 ruas kunyit, 5 butir kemiri sangria, 1 sdt ketumbar sangria, 1/4 sdt jintan

Bagaimana cara membuatnya?

Pertama rebus jeroan bersama 1 batang serai, 2 lembar daun jeruk, dan 1 sdm garam hingga matang dan empuk. Lalu potong-potong sesuai selera.

Kemudian tumis bumbu halus bersama daun jeruk, daun salam, lengkuas dan serai hingga harum, matang dan tanak. Lalu masukkan kayu manis dan kapulaga. Aduk hingga merata.

Setelah itu tuang tumisan bumbu ke dalam rebusan jeroan. Aduk hingga merata. Bumbui dengan gula, garam dan kaldu bubuk. Masak hingga mendidih dan bumbu meresap. Terakhir masukkan santan, masak sambil diaduk hingga matang. Koreksi rasa. Olahan jeroan dengan resep gule kuning jeroan siap disajikan.

3 dari 9 halaman

Sambal Goreng Jeroan Sapi

Ilustrasi© masakapahariini

Resep olahan jeroan hewan kurban selanjutnya adalah sambal goreng jeroan sapi. Berikut bahan yang perlu kamu siapkan: 500gram jeroan sapi, 2sdm kecam manis, air dan minyak sayur.

Bumbu yang perlu dihaluskan yaitu 5buah cabai rawit merah, 4buah cabai merah keriting, garam dan gula. Gunakan daun bawang yang diiris tipis-tipis sebagai bahan pelengkap.

Cara membuatnya:

Rebus jeroan sapi terlebih dahulu. Setelah matang, angkat dan potong kotak-kotak. Kemudian tumis bumbu yang telah dihaluskan dan masukkan jeroan. Setelah itu tambahkan kecap manis lalu tumis hingga matang. Jika rasa sudah pas, sambal goreng jeroan sapi siap disajikan dengan nasi hangat, Sahabat Dream.

4 dari 9 halaman

Soto Jeroan Sapi

Ilustrasi© resepkoki

Resep olahan jeroan hewan kurban selanjutnya adalah soto jeroan sapi. Seperti resep-resep jeroan sebelumnya, kamu harus merebus jeroan terlebih dahulu supaya empuk dan baunya hilang. Rebus jerohan dua kali, namun air rebusan kedua jangan dibuang, ya Sahabat Dream.

Bahan yang kamu perlu kamu haluskan dan ditumis adalah bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, kunyit dan merica. Tambahkan jahe yang digeprek, tumis semua bumbu hingga harum dan matang.

Kemudian masak air kaldu rebusan jeroan tadi. Jika kurang, Sahabat Dream juga dapat menambahkan air secukupnya. Masukkan bumbu halus dalam rebusan air. Tambahkan daun salam, serai, daun jeruk, dan pala.

Jika sudah mendidih masukkan jeroan sapinya ya. Masak hingga matang dan tambahkan garam, gula dan merica. Aduk hingga merata dan cek rasanya. Soto jeroan sapi siap disajikan.

5 dari 9 halaman

Bacem Jeroan Sapi

Ilustrasi© resepkoki

Ternyata jeroan hewan kurban juga bisa kamu olah menjadi masakan bacem. Resep olahan jeroan hewan kurban yang satu ini sangat cocok buat kamu penggemar jeroan sapi. Bacem jeroan ini pasti menggiurkan karena rasanya yang gurih.

Kamu perlu merebus jeroan berupa iso dan babat 2-3 kali terlebih dahulu supaya baunya hilang. Kamu juga harus mengikat tiap ujung iso dengan tali terlebih dahulu supaya isinya tidak keluar saat direbus. Jika sudah empuk, angkat dan tiriskan.

Setelah itu haluskan bawang merah, bawang putih, dan cabai. Kemudian masukkan jeroan sapi dan bumbu halus tersebut dalam panci, tuang santan. Lalu masukkan air asam, daun salam, garam dan gula merah, aduk rata.  Tutup panci, masak dengan api sedang sampai jeroan empuk dan air meresap ke jeroan.

Kamu bisa langsung menyajikan bacem jeroan sapi tersebut atau menggorengnya terlebih dahulu sesuai selera.

6 dari 9 halaman

Babat Gongso

Ilustrasi© Puji-Nandang Wuyung via Fimela

Resep olahan jeroan hewan kurban selanjutnya adalah babat gongso. Babat yang digongso adalah salah satu makanan khas dari Semarang. Babat gongso biasanya disandingkan dengan nasi putih hangat. Rasanya pun gurih cenderung manis, namun begitu lezat nan nikmat.

Cara membuatnya rebus babat terlebih dahulu hingga empuk. Tiriskan dan potong-potong sesuai selera. Kemudian haluskan bumbu dasar seperti bawang putih, tumis bersama daun salam, daun jeruk, serai, lengkuas dan jahe.

Masukan kecap, saus tiram dan air, aduk hingga merata. Masukkan babat, cabai rawit, dan tomat. Bumbui gula dan garam, aduk rata hingga bumbu asat meresap. Angkat, siap disajikan.

7 dari 9 halaman

Jeroan Bakar Bumbu Sate

Ilustrasi© sajian sedap

Resep olahan jeroan hewan kurban yang satu ini cocok bagi kamu yang doyan banget bumbu sate. Jeroan bakar bumbu sate adalah rekomendasi buat kamu yang bingung mau memasak jeroan menjadi apa.

Bahan-bahan yang perlu disiapkan yaitu:

  • 200 gram babat sapi, rebus, potong-potong, baka
  • 200 gram lidah sapi, rebus, potong kotak 2 cm, bakar
  • 200 gram paru sapi, rebus, potong kotak 2 cm, bakar
  • 4 lembar daun jeruk, buang tulangnya
  • 2 buah cabai hijau besar, potong 1 cm
  • 2 buah cabai merah besar, potong 1 cm
  • 200 gram kacang tanah kulit, goreng, haluskan
  • 5 sendok teh kecap manis
  • 1 1/2 sendok teh garam
  • 1 sendok teh gula merah
  • 200 ml air
  • 1 sendok makan minyak goreng untuk menumis
  • 1 sendok makan bawang merah goreng untuk taburan

Bumbu resep olahan jeroan hewan kurban yang perlu dihaluskan adalah 3 buah cabai merah besar, 2 buah cabai merah keriting, dan 3 siung bawang putih.

Cara Membuat:

Pertama tumis bumbu halus, daun jeruk, dan cabai sampai harum. Kedua tambahkan babat, lidah, dan paru, aduk hingga merata. Ketiga masukkan kacang tanah dan kecap manis, aduk rata. Keempat tambahkan air garam, dan gula merah. Kelima masak hingga matang. Keenam sajikan bersama taburan bawang merah goreng.

8 dari 9 halaman

Jeroan Masak Pandan

Ilustrasi© sajian sedap

Resep olahan jeroan hewan kurban yang satu ini juga tak kalah recommended ya Sahabat Dream, yaitu jeroan masak pandan. Wah bagaimana nih rasanya? Penasaran? Yuk kita simak cara membuatnya berikut ini.

Bahan-Bahan:

  • 300 gram usus sapi, direbus, dipotong 2x2 cm
  • 200 gram babat, direbus, diiris panjang 1x3 cm
  • 1 sendok teh air asam jawa
  • 6 lembar daun pandan, diiris halus
  • 2 tangkai daun kemangi, dipetiki
  • 1 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 500 ml santan dari 1/4 butir kelapa
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis
  • Bumbu yang perlu dihaluskan:
  • 5 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 butir kemiri, disangrai
  • 4 buah cabai merah keriting
  • 1 cm jahe

Cara membuatnya gampang sekali Sahabat Dream. Pertama panaskan minyak lalu tumis bumbu halus sampai harum. Kedua masukkan usus, babat, air asam, dan daun pandan.

Masak sampai empuk. Ketiga tuang santan secara berahap sambil diaduk perlahan. Masak sampai matang dan meresap dan kuah kental.

9 dari 9 halaman

Jeroan Sapi Goreng Manis

Ilustrasi© sajian sedap

Resep olahan jeroan hewan kurban sapi ini sangat mudah dan praktis.

Bahan-bahan: 500 gram paru (direbus sebentar, diiris melebar tebal 1 cm), 2 cm jahe, memarkan, 3 lembar daun salam, 3 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya, 2 batang serai (memarkan), 3 sendok makan kecap manis, 1.000 ml air kelapa, dan 500 ml minyak untuk menggoreng.

Bumbu yang dihaluskan yaitu 10 butir bawang merah, 2 siung bawang putih, 2 sendok teh ketumbar, 3 cm lengkuas, 1 sendok teh garam dan 2 sendok makan gula merah sisir halus.

Cara membuatnya, pertama rebus paru, jahe, daun salam, daun jeruk, serai, kecap manis, bumbu halus, dan air kelapa di atas api sedang sampai matang dan meresap, angkat dan dinginkan. Kedua goreng sebentar paru yang sudah dibumbui itu di dalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api sedang sampai kecokelatan. Mudah sekali bukan resep olahan jeroan sapi goreng manis ini?

Selamat mencoba!

 

(Sumber: resepkoki, sajian sedap, berbagai sumber)

Join Dream.co.id