5 Langkah Mudah Membersihkan Sisik Ikan

Resep | Jumat, 2 Agustus 2019 07:38
5 Langkah Mudah Membersihkan Sisik Ikan

Reporter :

Jangan sampai salah membersihkannya.

Dream - Ikan termasuk makanan yang sangat kaya gizi. Sangat dianjurkan untuk mengonsumsinya secara rutin. Terutama, jika di rumah ada balita atau bagi yang sedang berdiet.

Meskipun termasuk makanan bergizi tapi banyak yang malas mengolahnya. Pasalnya jika tak dibersihkan secara benar, ikan akan memunculkan bau amis dan rasanya jadi kurang enak.

Mengolah ikan bisa dibilang gampang-gampang susah. Beberapa jenis ikan memiliki bau yang super amis dan sisik yang super keras sehingga menuntut kita untuk membersihkan ikan dengan sebaik mungkin.

Agar tak salah, simak langkah mudah membersihkan ikan agar tidak terlalu amis dan bersisik.

2 dari 6 halaman

Selalu cari ikan segar

 Ikan mentah


Saat membeli ikan, pastikan untuk membeli ikan yang masih segar. Ikan yang masih segar dan berkualitas bagus lebih mudah dibersihkan. Rasanya juga masih enak dan dan gurih.

3 dari 6 halaman

Rendam di air garam

 Ikan mentah

Rendam ikan yang hendak dibersihkan di dalam air garam yang diberi air perasan jeruk nipis. Usahakan agar air untuk merendam ini adalah air hangat. Merendam ikan di air garam hangat ini memudahkan kita membersihkan sisik ikan. Ini juga bisa mengurangi bau amis ikan.

4 dari 6 halaman

Letakkan di atas talenan kayu

 Ikan mentah


Setelah ikan direndam di air hangat, tiriskan ikan dan letakkan di atas talenan kayu. Menempatkan ikan di atas talenan kayu akan memudahkan membersihkan sisik ikan. Talenan kayu tidak mudah membuat ikan bergeser atau berubah posisi selama dibersihkan.

5 dari 6 halaman

Perhatikan posisi pisau

 Ikan mentah

Perhatikan posisi pisau untuk membersihkan sisik ikan. Posisi pisau yang baik adalah miring. Tangan kiri memegang perut ikan kemudian tangan kanan memegang pisau untuk membersihkan sisik ikan. Bersihkan sisik ikan secara hati-hati dan perlahan.

6 dari 6 halaman

Cuci di bawah air mengalir

 Ikan mentah


Setelah sisik ikan dikerok atau dibersihkan, cuci ikan di bawah air mengalir. Bersihkan juga isi dalam perut ikan. Agar bau amis ikan berkurang banyak, setelah dicuci bersih baluri ikan dengan air jeruk nipis lagi kemudian cuci lagi.


Laporan Mimi Rohmitriasih/ Sumber: Fimela.com

Catat! Tips Tampil dengan Makeup Bold Ala Tasya Farasya-
Join Dream.co.id