5 Bahan Masakan yang Bikin Gurih Meski Tanpa MSG

Resep | Kamis, 8 Agustus 2019 10:13
5 Bahan Masakan yang Bikin Gurih Meski Tanpa MSG

Reporter :

Selalu sediakan bahan masakan ini di rumah.

Dream - Banyak yang menjadikan penyedap rasa dengan kandungan monosodium glutamat sebagai bahan andalan untuk mengolah masakan. Sebenarnya, tanpa menggunakan vetsin atau MSG pun masakan bisa menjadi gurih.

Ada beberapa bahan yang bisa dimanfaatkan sebagai pengganti produk MSG. Hasil rasa masakan pun pastinya jauh lebih enak. Lebih kaya rasa dan tidak membuat rasa haus serta mulut kering setelah mengonsumsinya.

Selalu sediakan bahan masakan ini di rumah. Sahabat Dream pun tak perlu masak dengan MSG lagi. Tentunya agar sajian masakan lebih sehat.

2 dari 6 halaman

1. Garam

 Garam Jangan Sampai Setengah Sendok Makan

Garam adalah penyedap alami dan paling efektif menjadikan makanan sedap. Meski demikian, garam membutuhkan bumbu atau rempah-rempah lain untuk mendukung munculnya makanan yang sedap.

3 dari 6 halaman

2. Terasi

 Terasi

Terbuat dari udang rebon, terasi memiliki aroma dan rasa sedapnya sendiri yang berbeda dari vetsin. Terasi lebih umum digunakan dalam makanan Asia Tenggara. Tambahkan secukupnya jika ingin memberi rasa sedap pada makanan.

4 dari 6 halaman

3. Gula

 Konsumsi Gula Sehari Maksimal 6 Sendok Teh

Rasa manis gula sebenarnya bisa memperkaya rasa masakan. Vetsin atau MSH sendiri diolah dari tebu yang merupakan bahan dasar gula. Coba tambahkan sejumput gula karena bisa membuat rasa masakan jadi lebih sedap.

5 dari 6 halaman

4. Saus tiram

 Saus Tiram


Saus tiram seperti pengganti MSG yang cocok digunakan untuk berbagai sajian tumisan. Saus tiram terbuat dari ekstrak tiram yang gurih, dan lebih umum digunakan untuk makanan Asia.

6 dari 6 halaman

5. Jamur

 Jamur Matsutake

Jamur secara alami ternyata memiliki kemampuan menyedapkan masakan, bahkan ada kaldu jamur yang banyak dijual di pasaran. Cukup tambahkan potongan jamur ke dalam masakan untuk menambah rasa gurih

 Laporan Febi Anindya Kirana/ Sumber: Fimela.com

Bukan Pertama Kali, Ini Deretan Kebrutalan Anjing Milik Bima Aryo
Join Dream.co.id