Jangan Beli Panci dan Wajan Sebelum Tahu Fakta Ini

Rekomendasi | Rabu, 28 November 2018 15:30
Jangan Beli Panci dan Wajan Sebelum Tahu Fakta Ini

Reporter :

Cari tahu kelebihan dan kekurangan material utama panci serta wajan.

Dream - Panci dan wajan, merupakan alat masak yang wajib ada di dapur. Dari penampakan luar, kedua alat itu mungkin terlihat sama. Perbedaannya baru dirasakan saat panci dan wajan dipergunakan. 

Nah jika Sahabat Dream sedang ingin membeli peralatan dapur tersebut, pastikan mempertimbangkan materialnya.

Jenis material panci atau wajan akan sangat mempengaruhi suhu saat memasak. Bingung mana yang terbaik? Tiap material memiliki kelebihan dan kekurangan, berikut perbedaannya, seperti dikutip RealSimple.

1. Aluminium anodized
Panci atau wajan dengan material aluminium anodized biasanya diperkuat oleh lapisan aluminium oksida. Efeknya membutuhkan waktu lebih lama untuk pemanasan namun menyebarkan panas ke seluruh panci secara merata.

2. Besi cor/ cast iron
Panci atau wajan yang berbahan dasar besi cor ini, akan menahan panas dengan stabil setelah api dimatikan, yang membuat makanan tetap hangat. Namun, bahan ini lebih lambat pada saat proses memanaskan daripada aluminium anodized.

 

2 dari 2 halaman

Dua bahan panci yang tahan Banting

3. Tembaga
Meskipun terbilang mahal, ternyata panci atau wajan berbahan tembaga akan menahan panas dengan baik, terutama untuk memasak makanan yang rumit, yang butuh api kecil dan lama agar bumbu meresap. Panci dan wajan dengan lapisan dasar logam, akan bertahan 10 hingga 20 tahun dan bahan dasar tembaga sendiri bisa bertahan lebih lama.

4. Stainless steel
Jenis perkakas ini memang bebas karat, tahan noda, dan stabil di bawah suhu yang sangat tinggi. Penting diketahui, suhu stainless steel bisa sangat bervariasi di permukaan panci. Untuk mengimbangi, beberapa produsen menambahkan inti tembaga atau aluminium.

 Jurus Jitu Hilangkan Kotoran Membandel di Wajan

Cara mengetahui kualitas panci dan wajan yang menggunakan stainless steel yaitu dengan melihat tanda kualitasnya. Jika tertulis 10/18, berarti 10 persen berbahan dasar nikel, yang merupakan jumlah optimal untuk stainless dan 18 persen adalah kromium, yang membantu mencegah korosi.

Semakin tinggi jumlah nikel, maka semakin baik. Bahan nikel biasanya yang membuat panci atau wajan stainless steel terlihat mengkilap.

(sah, Laporan Mega Rasmiyati)

Catat! Tips Tampil dengan Makeup Bold Ala Tasya Farasya-
Join Dream.co.id