5 Kuliner Vietnam yang Halal dan Lezat, Mau Coba?

Rekomendasi | Kamis, 19 September 2019 06:48
5 Kuliner Vietnam yang Halal dan Lezat, Mau Coba?

Reporter : Siwi Nur Wakhidah

Selain Mie Pho, ada 5 kuliner khas Vietnam yang tak boleh dilewatkan saat liburan ke sana.

Dream- Vietnam merupakan salah satu negara di Asia Tenggara dengan potensi laut cukup tinggi di berbagai sektor. Hal ini dikarenakan letak geografisnya yang berbatasan langsung dengan Laut China Selatan.

Tak heran kalau banyak kuliner Vietnam yang menggunakan bahan dasar hewan laut, seperti udang, cumi-cumi, ikan, kerang dan masih banyak lagi. Salah satu makanan khas Vietnam paling terkenal ialah Mie Pho, mie beras putih dengan irisan daging dan udang yang cocok jadi menu diet.

Selain Mie Pho, masih banyak makanan Vietnam lain yang tak kalah sehatnya. Bahkan tak hanya sehat saja, 5 kuliner ini juga halal karena tidak menggunakan daging babi atau daging lainnya yang tidak halal.

Mayoritas makanan Vietnam memang dibuat dengan bahan sayuran dan udang, seperti lima kuliner Vietnam berikut ini.

2 dari 6 halaman

Kuliner Vietnam Cha Ca

Hanoi merupakan ibukota Vietnam yang terkenal dengan kuliner khasnya bernama Cha Ca. Sampai-sampai warga lokal Hanoi banyak yang mendedikasikan diri mereka sebagai penjual Cha Ca, jajanan pinggir jalan dari potongan ikan. Jajanan Cha Ca sangat mudah ditemui hampir di sepanjang jalan Hanoi.

 Kuliner Vietnam

Ketika berlibur ke Hanoi, kalau melihat ada ruko kecil menggantungkan potongan ikan dengan kawat, bisa dipastikan ruko tersebut menjual Cha Ca. Para pedagang akan bersaing untuk menyajikan Cha Ca terbaik versi mereka.

Cha Ca tidak hanya menyimpan kelezatan ikan laut yang dibumbui kunyit, tapi juga menyimpan rahasia masakan Vietnam dan sudah ada sejak lebih 130 tahun lalu. Perpaduan ikan laut yang sehat ditambah dengan kunyit yang ampuh untuk menjaga kesehatan tubuh, sudah dipastikan makanan khas Vietnam ini baik untuk tubuh.

3 dari 6 halaman

Kuliner Vietnam Banh Tom

 Kuliner Vietnam

Sekilas Banh Tom terlihat seperti bakwan udang yang biasa dijual oleh para pedagang gorengan di Indonesia. Memang benar, kuliner Vietnam satu ini memang sama dengan bakwan udang pada umumnya. Perbedaan hanyalah ukuran dan cara penyajiannya saja.

Jika di Indonesia bakwan bisa disantap langsung atau menggunakan cabe hijau, Banh Tom biasanya disajikan dengan daun selada sebagai pembungkusnya, dan saus ikan yang dicampur dengan cabe dan jeruk nipis sebagai pelengkapnya.

Makanan khas Vietnam ini diperkirakan sudah ada sejak 1930-an, dimulai dengan para pedagang kaki lima yang berjualan di sekitar Danau Truc Bach dan Danau Tay Ho. Sejak itu, Banh Tom jadi jajanan yang cukup populer di Vietnam hingga saat ini.

4 dari 6 halaman

Kuliner Vietnam Bun Ca

Menurut CNN Travel, Bun Ca, makanan khas Vietnam ini merupakan salah satu makanan terbaik di Vietnam. Tampilannya seperti sup, rasanya segar, ringan dan tak terlalu pekat. Bahan utama membuat sup Bun Ca ialah kue ikan, tomat, bawang hijau, dan perilla, daun yang mirip dengan daun mint.

 Kuliner Vietnam

Bun Ca sangat cocok jadi menu makan siang, dan cocok disantap bersama nasi hangat. Tak hanya sehat dan lezat, bahan-bahan yang digunakan untuk membuat Bun Ca juga halal.

Uniknya lagi, saat memasak Bun Ca tidak memerlukan banyak bumbu. Tapi,  bisa menambahkan tambahan perasa lain  seperti jeruk nipis, cuka, cabe, dan rempah-rempah, bisa disesuaikan dengan selera masing-masing.

5 dari 6 halaman

Kuliner Vietnam Bun Rieu Cua

 Kuliner Vietnam

Mirip dengan Mie Pho, Bun Rieu Ca juga berupa sup ini yang diisi oleh banyak isian. Yang membedakan Bun Rie Cua dengan Mie Pho ialah kuah merahnya. Kuah tersebut terbuat dari kaldu tomat yang dicampur minyak annatto khas Vietnam.

Isian kuliner Vietnam satu ini juga lebih banyak dan beragam, mulai dari kepiting merah besar, potongan daging sapi, hingga siput atau ikan laut. Makan satu mangkuk saja dijamin sudah mampu mengenyangkan perut.

Penyajian Bun Rieu Cua juga unik, irisan jeruk nipis, cabai, dan sayuran hijau terpisah tak pernah absen dari meja. Keunikan penyajian makanan khas Vietnam inilah yang menjadi pembeda kuliner Vietnam dengan kuliner dari negara lain.

6 dari 6 halaman

Kuliner Vietnam Ca Phe Trung

Puas dengan makanan khas Vietnam, saatnya mengicipi kopi khas Vietnam yang unik. Nama minuman ini ialah Ca Phe Trung. Sekilas mungkin mirip dengan sajian kopi pada umumnya, tapi tahukah Sahabat Dream apa keunikan kopi ini?

 Kuliner Vietnam

Busa putih yang digunakan untuk toping kopi bukanlah krim kocok biasa, melainkan telur seperti meringue, membuat kopi ini lebih pekat dibanding dengan jenis kopi lain. Tak hanya tersedia dalam kondisi hangat, Ca Phe Trung juga tersedia dalam kondisi dingin.

Minuman khas Vietnam ini wajib dicoba saat berkunjung ke Hanoi. Rasanya sangat unik, manis dan kental. Rasanya sangat mirip dengan es krim rasa kopi karena saking pekatnya. Penasaran dengan rasanya? (mut)

Sumber: CNN Travel

BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie
Join Dream.co.id