5 Makanan dan Minuman yang Ramai Dibeli Secara Online Saat Pandemik

Rekomendasi | Jumat, 18 September 2020 13:47
5 Makanan dan Minuman yang Ramai Dibeli Secara Online Saat Pandemik

Reporter :

Apakah kamu termasuk salah satunya?

Dream - Mengisi waktu kosong selama #dirumahaja banyak dimanfaatkan masyarakat untuk berbelanja online. Tak hanya gadget atau fashion, banyak juga pengguna platform e-Commerce yang membeli makanan dan minuman secara online.

Kondisi yang mengharuskan warga menjalankan phsycal distancing membuat mereka tidak keluar rumah bahkan untuk membeli bahan makanan. Berbelanja makanan dan minuman instan jadi salah satu pilihan.

Fenomena ini ditangkap Tokopedia yang menggelar kampanye Tokopedia Nyam yang bertujuan mempermudah masyarakat untuk mendapatkan makanan dan minuman terjangkau tanpa perlu keluar rumah.

“ Tokopedia Nyam juga bertujuan membantu para pegiat usaha di Indonesia yang berkecimpung di industri makanan dan minuman, terutama UMKM, mempertahankan bisnis dengan beradaptasi di tengah pandemi lewat pemanfaatan kanal digital,” ungkap External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya, Kamis, 17 September 2020.

Dari data yang dimiliki Tokopedia, terlihat beberapa produk paling populer selama kampanye Tokopedia Nyam berlangsung:

2 dari 4 halaman

Kopi dan Makanan Khas Korea

Kopi Literan merek Lokal

Kedai kopi menjadi salah satu usaha yang terdampak pada kondisi ini, banyak pemiliki kedai kopi yang mulai menjalani metode bisnis lain yaitu melalui e-commerce dengan menjual kopi literan.

Tuku, Anomali, dan Dua Coffee sebagai contoh creator kopi yang merajalela di Tokopedia Nyam karena produknya kian digemari, bahkan Anomali dan Dua Coffee mengalami peningkatan order harian hingga masing-masing tiga dan lima kali lipat.

Tukucur© Instagram.com/tokokopituku

Makanan Khas Korea

Makanan khas Korea seperti tteobokki dan jajangmyeon menjadi lebih laris belakangan ini, bahkan terlihat adanya peningkatan penjualan hingga mencapai lebih dari lima kali lipat selama pandemi.

3 dari 4 halaman

Nasi Mentai atau Spageti Panggang Kekinian

Nasi mentai dan spageti panggang kekinian juga ramai diburu masyarakat. Momomaru contohnya, sebagai salah satu produsen nasi mentai lokal mengalami peningkatan transaksi menjadi tiga kali lipat selamat pandemi.

Camilan Manis

Camilan manis seperti dessert box dan Kue Ijo tidak ketinggalan masuk ke daftar produk paling banyak dicari melalui Tokopedia Nyam.

Bittersweet by Najla salah satunya, dessert box karya anak bangsa yang sudah mulai mengadopsi platform digital sejak pandemi kemarin (April 2020) kini berhasil menjual lebih dari 16 ribu produk, bahkan 60% penjualannya berasal dari Tokopedia.

Bittersweet by Najla© Bittersweet by Najla

4 dari 4 halaman

Buah dan Madu

Produk yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, Buah dan Madu juga menjadi produk yang paling sering dibeli masyarakat di Tokopedia Nyam.

Peningkatan penjualan buah dan madu mencapai masing-masing lebih dari tiga kali lipat dan lebih dari 2,5 kali lipat selamat pandemi berlangsung.

Penjual di Tokopedia di sisi lain berhasil menciptakan peluang dengan melihat kebiasaan baru masyarakat, termasuk seperti lebih sering memasak di rumah untuk menjamin kebersihan makanan yang di konsumsi.

Terbukti selama Tokopedia Nyam berlangsung, jumlah penjual makanan siap masak di Tokopedia meningkat hampir tiga kali lipat.

“ Transaksi makanan siap masak juga tumbuh signifikan menjadi lebih dari 3 kali lipat jika dibandingkan dengan periode sebelum pandemi,” tutup Ekhel.

Laporan: Shania Suha Marwan

Join Dream.co.id