4 Tips Siapkan Bekal Makan Siang ke Kantor, Praktis dan Sehat

Rekomendasi | Jumat, 18 Oktober 2019 11:41
4 Tips Siapkan Bekal Makan Siang ke Kantor, Praktis dan Sehat

Reporter : Siwi Nur Wakhidah

Terapkan cara ini agar bisa membawa bekal ke kantor, lebih irit dan sehat.

Dream- Banyak yang menganggap membawa bekal ke kantor sedikit merepotkan. Pasalnya, kita harus bangun pagi untuk menyiapkannya.

Tapi tenang, ada tips menyiapkan bekal makan siang yang praktis dan sehat.  Nah, jika membawa bekal makan siang sendiri, kita bisa memilih makanan yang kita sukai dengan porsi sesuai selera.

Membawa bekal juga lebih hemat waktu karena tak perlu memesan dan menunggu. Satu lagi alasannya adalah lebih irit bagi kantong. 

Berikut ini Dream bagikan tips siapkan bekal makan siang yang mudah, praktis, dan sehat.

2 dari 6 halaman

Tips Siapkan Bekal Makan Siang dengan Menu yang Tepat

Ketika hendak menyiapkan bekal, jangan mudah terlena dengan keinginan ingin makan ini-itu. Pemilihan menu makanan sangat penting, bukan hanya untuk mengikuti selera saja. Kita juga harus mempertimbangkan, apakah menu makanan yang kita pilih bisa bertahan sampai siang atau tidak.

 Tips Siapkan Bekal Makan Siang© Pixabay


Dari sekian banyak menu makanan yang bisa dijadikan bekal, ada beberapa pilihan, seperti buah-buahan, sayuran, produk olahan susu, biskuit, roti, lauk berat kering, atau snack bar. Pilih beberapa jenis menu saja, dan jangan memaksakan diri untuk menuruti nafsu saja.

Untuk orang kantoran, lebih baik membawa menu makanan yang sederhana, sehat dan porsinya cukup. Misalnya sandwich dan buah-buahan, nasi sayur dan daging, atau tumis daging dan buah-buahan. Buat kombinasi menu yang seimbang dengan porsi yang cukup.

3 dari 6 halaman

Tips Siapkan Bekal Makan Siang Lebih Awal

Setelah memilih menu untuk bekal, akan lebih baik lagi kalau kita menyiapkannya di malam hari, tepatnya selepas makan malam. Persiapan lebih awal akan membuat persiapan di pagi hari tidak ribet dan panik. Sangat efektif waktu dan tenaga.

 Tips Siapkan Bekal Makan Siang© Pixabay


Selain itu, kita bisa membuat daftar bekal apa saja yang akan dibawa dalam sepekan ke depan. Selesai dengan daftar bekal, siapkan bahan-bahan yang sekiranya akan diperlukan. Kita bisa berbelanja keperluan untuk bekal setiap hari Minggu untuk persiapan selama sepekan.


Tips siapkan bekal makan siang ini sangat efektif, membuat kita tak perlu repot berbelanja setiap hari dan memikirkan bekal apa yang akan dibawa setiap pagi. Kekacauan di pagi hari bisa saja membuat mood jadi buruk dan tidak bersemangat menjalani hari.  

4 dari 6 halaman

Tips Siapkan Bekal Makan Siang untuk Orang Sibuk

Terlalu sibuk dan tidak punya waktu, alasan yang paling sering terucap ketika hendak membawa bekal. Kesibukan orang memang tidak bisa dipukul rata, setiap orang memiliki kesibukan masing-masing dan punya cara tersendiri untuk mengatasinya.

 Tips Siapkan Bekal Makan Siang© Shutterstock


Dream punya beberapa tips siapkan bekal makan siang untuk orang sibuk:
-    Menyediakan makanan beku di kulkas.
-    Menyediakan makanan tahan lama, seperti keju, selai, kacang panggang atau ragi.
-    Memilih menu bekal makan siang yang mudah dan tahan lama, misalnya telur goreng, roti sandwich, roti selai, atau tumis daging sayur yang sudah disiapkan sejak semalam.
-    Menyiapkan bekal di malah hari, dan memanaskannya saat hendak berangkat kerja.


Tips menyiapkan bekal ini mungkin tidak bisa berhasil ke semua orang yang sibuk, ya Sahabat Dream. Seperti yang sudah disampaikan, kesibukan orang berbeda-beda. Kunci utama menyiapkan bekal makan siang ialah persiapan yang matang.

5 dari 6 halaman

Tips Siapkan Bekal Makan Siang dengan Kotak yang Aman

Menyiapkan bekal makan siang tidak berhenti menu makanan dan persiapannya saja. Kita juga harus menyiapkan kotak bekal makan siang yang aman. Berikut beberapa tips memilih kotak bekal makan siang yang aman dan praktis:

 Tips Siapkan Bekal Makan Siang© Pixabay

  1. Pilih kotak makan siang satu paket, yang sudah menyediakan botol air, mangkuk dan tas untuk menjaga suhu makanan.
  2. Pilih wadah yang memiliki sekat cukup banyak dan tutup rapat anti bocor.
    Jika memilih wadah plastik, pastikan keamanan dan kode bebas BPA-nya.
  3. Pilih wadah dengan bahan bagus dan tahan terhadap panas, terutama saat dimasukkan ke oven untuk menghangatkan makanan.
  4. Cuci terlebih dahulu kotak bekal sebelum digunakan.
  5. Saat menata makanan, pisahkan jenis menu makanan yang berbeda. Misalnya jangan
  6. campurkan sayur berkuah dengan lauk kering atau nasi.
  7. Satu lagi tips penting membawa bekal ke kantor ialah meninggalkan beberapa peralatan makan di meja, seperti sendok dan garpu. Kalau bisa tinggalkan juga beberapa botol kecil berisi garam, merica bubuk atau saos. Ini akan sangat berguna ketika waktu makan tiba.



Sumber: Better Health dan Gathering Dreams

6 dari 6 halaman

Ragam Menu Onigiri untuk Bekal Praktis Saat Sibuk

Dream - Nasi termasuk makanan pokok bagi orang di Indonesia, maupun di negara-negara asia. Aktivitas yang padat terkadang membuat kita tak sempat untuk duduk dan menikmati nasi beserta lauk pauknya.

Solusinya adalah mencari makanan praktis dan mengenyangkan. Tentunya tak mungkin membiarkan perut dalam keadaan kosong. Salah satu menu yang bisa jadi bekal praktis saat sibuk adalah onigari.

Menu ini berasal dari Jepang, berupa nasi yang dikepal yang lauknya berada di dalamnya. Lauk bisa berupa ayam, tuna, bahkan salmon. Bagi Sahabat Dream penyuka nasi kepal khas Jepang ini, bisa mendatangi Onigiri Toiro di MidPlaza 2, Jakarta Pusat.

Berbagai onigiri dengan isian beragam tersedia. Ada juga onigiri dengan menu vegan, berisi sayur-sayuran.

" Onigirinya langsung dibuat di hari yang sama dengan beras Jepang. Sehingga, terasa lebih fresh dengan tekstur nasi lebih pulen. Lauknya bisa beragam, chicken karage, spicy salmon, edamame, ebi, jamur dan lain-lain," ujar Inez Angelixa, PR & Marketing Onigiri Toiro di MidPlaza 2, Jakarta Pusat, Senin 12 Agustus 2019.

 Chef Onigiri© Dream

Onigiri disajikan dengan ukuran sekepalan tangan, sehingga lebih mudah dibawa. Untuk nasinya pun ditakar secara presisi dengan ukuran khusus per porsi.

Ditakar

" Nasinya sudah ditakar per porsi 100 gram dan dibumbui dengan garam kusamba Bali, jadi pas untuk memenuhi asupan sepiring nasi," kata Inez.

Selain porsi nasi yang mengenyangkan, nutrisi Sahabat Dream juga terpenuhi dengan baik. Pasalnya, menu onigiri disajikan bersama sayur dan lauk ikan maupun ayam.

 Onigiri© Dream

Kamu juga bisa makan onigiri bersama salad dengan dressing thousand island, balsamic dan soy sauce. Untuk minuman, ada pilihan Barley Tea atau Matcha.

Untuk pilihan menu onigirinya sendiri ada King's Salmon, Chicken Karaage, Beef Shigure, Tuna Takuan dan Saba. Harganya Rp15-18 ribu untuk onigiri serta Rp25 ribu untuk salad.

Indah Permatasari: Karena Mimpi Aku Hidup
Join Dream.co.id