4 Tips Kecantikan yang Aman untuk Lansia

Rekomendasi | Selasa, 13 Agustus 2019 13:47
4 Tips Kecantikan yang Aman untuk Lansia

Reporter : Siwi Nur Wakhidah

Amankan produk kosmetik dan make up untuk wanita usia 65 tahun ke atas?

Dream- Produk-produk kecantikan seperti produk perawatan kulit, kosmetik, dan alat make up menjadi produk andalan bagi kaum hawa. Namun, amankah para wanita lanjut usia atau lansia mengenakan make up dan kosmetik?

Kondisi kulit setiap wanita memang berbeda-beda, begitu pula kondisi kulit wanita yang berusia lebih dari 65 tahun. Tentu kesehatan kulit menjadi lebih penting dibandingkan harus mencoba berbagai jenis produk kosmetik yang belum tentu aman untuk kulit.

 4 Tips Kecantikan yang Aman untuk Lansia

Menurut sebuah penelitian yang dilansir American Acacemy of Dermatology, dalam beberapa kondisi, prosedur kecantikan yang dilakukan oleh wanita lansia, seperti pemakaian produk kecantikan, make up, bahkan operasi plastik, bisa saja aman dilakukan. Asalkan kondisi tubuh dalam keadaan sehat dan bugar. 

Pada kondisi tertentu, ada beberapa wanita lansia yang rela menempuh jalur operasi untuk mendapatkan hasil yang instan dan wajah yang terlihat lebih muda dari usianya.

Ada juga lansia yang memilih untuk melakukan perawatan atau dengan menggunakan make up. Tapi amankah?

2 dari 5 halaman

Tips Kecantikan untuk Lansia, Mempertimbangkan Kesehatan Kulit

Melakukan berbagai jenis operasi untuk mempercantik wajah menjadi pilihan bagi sebagian wanita lansia yang menginginkan wajah yang awet mudah dan kulit yang kencang.

Apabila melakukan tips kecantikan ini, yang perlu diperhatikan pertama kali ialah kondisi kesehatan kulit.

Jangan pernah memaksakan untuk tetap melakukan prosedur operasi kecantikan apabila kondisi kulit sudah tidak memungkinkan.

Selain itu, memilih jalur operasi sangat berisiko bagi kesehatan tubuh lainnya. Perlu banyak pertimbangan sebelum memutuskan melakukan operasi kecantikan, terlebih dengan usia yang tak lagi muda.

Tidak hanya tips kecantikan instan seperti operasi yang harus mempertimbangkan kesehatan kulit.

Tips kecantikan dengan menggunakan produk perawatan, make up dan kosmetik lain juga harus mempertimbangkan kesehatan kulit.

Kulit wanita yang sudah berusia lebih dari 65 tahun, akan lebih rentan terhadap komplikasi, seperti memar, perubahan warna kulit, luka bakar, infeksi, pembengkakan dan lain sebagainya.

Jadi tips kecantikan untuk lansia yang paling utama ialah menjaga dan merawat kesehatan kulit.

3 dari 5 halaman

Tips Kecantikan untuk Lansia, Jangan Tergoda Harga Make Up yang Murah

 Tips Kecantikan untuk Lansia

Semakin banyak penawaran menarik dari produk kecantikan, membuat para kaum hawa semakin tergoda untuk mencoba dan membeli. Begitu pula dengan para wanita lansia yang masih ingin tetap eksis dan tak mau ketinggalan dengan produk kecantikan terbaru.

Kembali lagi pada poin yang pertama. Mengutamakan kesehatan kulit. Ketika mendapatkan penawaran menarik untuk membeli produk kecantikan dan make up, tanyakan terlebih dahulu bahan-bahan yang digunakan. Dan, jangan lupa untuk menanyakan keamanan produk untuk kulit lansia.

Begitu pula dengan prosedur kecantikan lewat jalan operasi. Banyak ahli bedah plastik yang memberikan tawaran menarik, seperti diskon untuk melakukan operasi pengencangan kulit wajah, sutik filler dan masih banyak lainnya.

Menahan diri dari godaan promo dan diskon memang sulit, tapi ingat risiko yang harus dihadapi ke depannya apabila tetap nekat mencoba hal baru yang jelas-jelas berisiko.

4 dari 5 halaman

Tips Kecantikan untuk Lansia, Melakukan Perawatan Kulit

 Tips Kecantikan untuk Lansia

Di zaman globalisasi seperti saat ini, kita bisa dengan mudah mendapatkan apapun yang kita mau. Seperti banyaknya produk kosmetik dan make up yang semakin beragam. Mulai dari produk kosmetik yang aman untuk anak hingga untuk lansia.

Tips kecantikan untuk lansia ini terbilang yang paling aman, walau begitu harus tetap melakukan konsultasi dokter. Tipe kulit wajah yang berbeda, bisa membuat kulit wanita lansia tidak cocok dengan produk kosmetik tertentu.

Untuk memilih produk perawatan kulit yang aman, Sahabat Dream bisa mempelajari terlebih dahulu kandungan yang ada dalam produk, dan juga mengenali jenis kulit yang dimiliki. Apabila mengalami kesulitan untuk memahami, Sahabat Dream bisa pergi ke dokter kulit dan melakukan konsulitasi.

Biasanya dokter akan memberikan penawaran resep perawatan kulit, apabila menginginkan, jangan lupa tanyakan kandungan dan risiko yang dialami. Ingat, kesehatan kulit menjadi prioritas yang paling utama.

5 dari 5 halaman

Tips Kecantikan untuk Lansia, Melakukan Konsultasi ke Dokter

 Tips Kecantikan untuk Lansia

Tips kecantikan tidak selalu datang dari ahli rias. Terlebih untuk wanita dengan usia lebih dari 65 tahun, di mana kesehatan kulit menjadi prioritas utama. Dan, untuk mengetahui kesehatan kulit, Sahabat Dream bisa melakukan konsultasi ke dokter kulit.

Tips kecantikan ini juga berlaku bagi Sahabat Dream yang hendak melakukan prosedur operasi kecantikan. Tanyakan terlebih dahulu risiko yang akan terjadi, keamanan dan kondisi kulit.

Apabila dokter tidak menganjurkan untuk melakuakn prosedur operasi, sebaiknya jangan memaksakan diri.

Membuat wajah tetap terlihat cantik di usia senja tidak harus dengan operasi atau model perawatankulit ekstrem lainnya. Sahabat Dream bisa memulai hidup sehat, menggunakan bahan-bahan alami untuk merawat wajah, agar tetap segar hingga usia senja.

Keriput, garis halus dan tanda-tanda penuaan lain memang sudah wajar terjadi, terlebih bagi wanita yang tidak menjaga kulitnya dengan baik semasa muda. Yuk rawat kulit mulai sekarang!

(ism, Sumber: American Academy of Dermatology)

Wasiat Terakhir Ustaz Arifin Ilham
Join Dream.co.id