3 Cara Memasak Daging Sapi dengan Metode Memasak yang Sehat

Rekomendasi | Senin, 12 Agustus 2019 13:24
3 Cara Memasak Daging Sapi dengan Metode Memasak yang Sehat

Reporter : Siwi Nur Wakhidah

Ada banyak cara memasak daging sapi, namun tidak semua cara memasak daging sapi tergolong cara memasak yang sehat, lho.

Dream- Bingung cara memasak daging sapi atau kambing yang baru kamu dapat Idul Adha kemarin? Tenang, ada banyak resep mengolah daging bisa kamu aplikasikan selain membuatnya menjadi sate atau sop. 

Cara memasak daging saat ini memang sudah sangat berkembang. Apalagi manusia telah mengonsumsi daging sudah sejak zaman dahulu. Mulai dari direbus biasa, hingga ada yang dipanggang dan direndam.

Dari begitu banyak cara memasak daging, kamu harus memasaknya dengan benar agar daging tak menjadi alot dan keras. Cara memasak daging sapi yang kurang tepat juga dapat membuat nutrisi dalam daging sapi hilang atau berkurang.

Seperti kita tahu, daging hewan mengandung bakteri yang kurang baik untuk kesehatan tubuh. Beruntung dengan cara memasak yang tepat, bakteri seperti Salmonella dan E. Coli dapat mati dengan sendirinya.

Memilih metode memasak daging sapi menjadi sangat penting karena akan mempengaruhi rasa dan kualitas nutrisi dari daging sapi itu sendiri.

Berikut Dream sajikan tiga cara memasak daging sapi yang sehat dari Dream.

2 dari 5 halaman

Cara Memasak Daging Sapi dengan Slow Cooking

 Daging Sapi

Memasak daging sapi dalam waktu yang cukup lama menjadi salah satu cara memasak daging sapi yang sehat. Walau menguras waktu, rasa dan nutrisi daging sapi tidak akan hilang.

Biasanya, metode memasak ini menggunakan alat masak seperti panci tempayan, yang berbahan keramik dan memiliki penutup kaca yang tebal. Sahabat Dream yang gemar memasak pasti sering menjumpai peralatan masak seperti ini.

Cara memasak daging sapi dengan metode ini memiliki banyak keuntungan, seperti tekstur daging yang lebih empuk, bumbu yang lebih meresap, dan efisiensi waktu. Pengaturan suhu kompor dalam metode memasak lambat ini berkisar dari 88 derajat hingga 121 derajat Celsius.

Penggunaan suhu rendah ketika memasak atau merebus daging sapi, akan meminimalkan pembentukan senyawa berbahaya dalam daging yang dimasak, sehingga daging menjadi lebih sehat untuk dikonsumsi.

3 dari 5 halaman

Cara Memasak Daging Sapi dengan Pressure Cooking

 Pressure Cooking

Cara memasak daging sapi yang sehat selanjutnya ialah dengan metode Pressure Cooking. Metode memasak ini merupakan metode memasak dengan panas yang lembab. Tidak hanya menyehatkan, memasak dengan metode ini sangat efektif waktu dan tidak perlu banyak energi.

Peralatan untuk metode memasak ini biasanya berbentuk seperti rice cooker, atau wadah berbentuk pot yang terbuat dari bahan tahan panas dan memiliki katup pengaman untuk mengontrol tekanan uap yang ada di dalamnya.

Cara memasak daging sapi dengan metode ini akan membuat oksidasi kolesterol lebih sedikit daripada metode memasak lainnya. Selain itu, Pressure Cooking juga akan memberikan rasa khas pada daging, teksture yang lembut, dan mengurangi kehilangan vitamin saat memasak daging sapi.

Pressure Cooking atau metode memasak dengan menggunakan tekanan uap, akan sangat efektif pada suhu didih 100 derajat hingga 121 derajat Celsius. Walau cara memasak daging ini sangat cocok untuk cara memasak daging sapi, untuk beberapa jenis daging lain memiliki kekurangan. Seperti membuat jenis daging tertentu menjadi lembek.

4 dari 5 halaman

Cara Memasak Daging Sapi dengan Sous Vide

 Sous Vide

Cara memasak daging sapi dengan metode yang sehat yang satu ini berasal dari Prancis. Sous Vide, dalam Bahasa Prancis berarti ‘berada di vakum’, yaitu metode memasak daging dengan menyegel daging sapi dalam kantong plastik kedap udara dan merendamnya dalam air dengan suhu rendah.

Cara memasak daging sapi ini memang unik dan masih jarang ditemui di Indonesia. Walau begitu, cara memasak daging ini memiliki banyak keunggulan, seperti membuat daging menjadi lebih empuk, membuat daging menjadi masak lebih merata, dan memiliki retensi nutrisi yang sangat baik.

Sous Vide akan membuat daging mengeluarkan cairan selama proses perendaman, dan cairan tersebut menghasilkan retensi vitamin B dan nutrisi lainnya yang baik untuk kesehatan. Untuk memperoleh daging sapi yang lebih sehat, Sahabat Dream bisa menggunakan metode Sous Vide sebelum memasak daging sapi.

Biasanya butuh waktu satu jam atau lebih untuk merendam daging dengan metode Sous Vide ini. Setelah selesai dengan Sous Vide, daging bisa diolah dengan metode lain, seperti panggang atau goreng biasa.

5 dari 5 halaman

Cara Memasak Daging Sapi dengan Metode Lain

 Memanggang daging

Tiga cara memasak daging sapi sebelumnya dipercaya sebagai cara memasak daging yang aman dan sehat dibandingkan dengan metode memasak daging lainnya. Walau begitu, setiap metode memasak daging memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Seperti metode Griling dan Broiling yang paling populer, namun cara memasak daging sapi dengan metode ini memiliki efek samping yang tinggi, seperti munculnya senyawa berbahaya dalam daging karena dimasak dengan suhu tinggi.

Selain itu, ada juga metode memasak daging lain seperti Simmering, Poaching, Stewing, Panfrying, Stir Frying, dan Deep Frying. Namun, cara memasak daging sapi yang sehat tetap jatuh pada 3 cara yang telah dijelaskan sebelumnya.

(Sah, Sumber: Healthline)

Adu Akting dengan Betari Ayu, Alvin Faiz Ceritakan Respon Sang Istri
Join Dream.co.id