3 Asupan Penjaga Mood dan Imunitas, Segera Stok di Rumah

Rekomendasi | Rabu, 1 April 2020 06:48
3 Asupan Penjaga Mood dan Imunitas, Segera Stok di Rumah

Reporter : Mutia Nugraheni

Dalam kondisi seperti sekarang, penting untuk memperhatikan asupan sehari-hari.

Dream - Penerapan social distancing (penjagaan jarak sosial) masih terus diberlakukan dan tampaknya bakal diperpanjang hingga April 2020 mendatang. Sebisa mungkin, Sahabat Dream tidak keluar rumah jika tak mendesak.

Untuk belanja bahan makanan, sebaiknya dilakukan satu kali dalam seminggu atau dilakukan secara online demi mengurangi risiko penularan Covid-19.

Kondisi ini sudah berjalan lebih dari dua pekan. Tak dipungkiri, hanya di rumah saja membuat perasaan jadi bosan, suntuk, bahkan gelisah dan cemas, apalagi dengan banyaknya berita soal Covid1-19.

Dalam kondisi seperti sekarang, penting untuk memperhatikan asupan sehari-hari. Perubahan pola makan atau mengonsumsi makanan tertentu dapat membawa perubahan pada struktur otak kita, baik secara kimia maupun fisiologis.

“ Selain mood, kesehatan dan imun tubuh pun juga otomatis akan terpengaruh dari apa yang kita makan karena faktanya adalah 70% sel imun tubuh bersumber dari sistem pencernaan, jadi ketika sistem pencernaan sehat otomatis imun tubuh jadi kuat” ungkap Nourmatania Istiftiani, selaku Scientific dari FibreFirst, dikutip dari rilis yang diterima Dream.

Nah, berikut adalah beberapa jenis makanan yang bisa kamu konsumsi di rumah, selain untuk tingkatkan mood juga untuk tingkatkan imun tubuh.

 

 

2 dari 8 halaman

Oat atau gandum utuh

Sarapan dengan Oat dapat memperbaiki suasana hati dan meningkatkan mood. Kita dapat mengonsumsinya dengan menambahkan susu atau yogurt, dan beragam kacang-kacangan serta buah-buahan. Dalam 8 sendok makan oat yang belum diolah (80 gram) mengandung 8 gram serat.

 Yogurt and Oatmeal© shutterstock

Sebuah studi menunjukkan dengan mengonsumsi 1.5-6 gram serat saat sarapan dapat memiliki mood dan level energi yang lebih baik. Hal ini disebabkan serat dapat menjaga kestabilan kadar gula darah, yang penting untuk menjaga mood dan rasa marah. Selain itu, oat juga mengandung zat besi sehingga membantu mencukupi asupan zat besi dan mencegah anemia defisiensi besi. Saat kita mengalami anemia defisiensi besi, kita akan merasakan gejala seperti kelelahan, lesu, juga gangguan mood.

 

3 dari 8 halaman

Yoghurt

Produk olahan susu ini dibuat dengan cara fermentasi dan mengandung probiotik, yang termasuk bakteri baik di sistem pencernaan dan dapat meningkatkan hormon serotonin. Peran hormon serotonin sangat penting dalam mengelola mood atau suasana hati, termasuk mencegah depresi.

 Ini Keuntungan Konsumsi Yogurt Saat Sahur© MEN

 

Faktanya, 90% hormon serotonin diproduksi oleh kumpulan bakteri baik di pencernaan dan banyaknya bakteri baik juga menjadi indikator untuk pencernaan yang sehat. Selain itu, bakteri baik di pencernaan juga berperan penting dalam kesehatan otak dan menurunkan tingkat depresi. Studi menunjukkan Jadi dapat dikatakan bahwa pencernaan yang sehat akan memberikan efek yang positif terhadap mood.

 

4 dari 8 halaman

Buah dan sayuran

Konsumsi buah dan sayuran berhubungan dengan penurunan tingkat depresi. Meskipun mekanismenya belum diketahui secara pasti, namun konsumsi makanan yang tinggi antioksidan membantu untuk mengurangi peradangan yang berhubungan dengan timbulnya depresi dan gangguan mood.

 5 Trik Agar Lebih Banyak Makan Buah dan Sayur© MEN

Selain itu, karena buah dan sayuran juga tinggi akan serat yang dapat mengontrol kadar gula darah dan meningkatkan kesehatan pencernaan karena dapat menjadi prebiotic yang dapat meningkatkan jumlah bakteri baik di pencernaan. Saat sistem pencernaan sehat, mood akan menjadi lebih baik, dan imun tubuh pun akan secara optimal membuatmu kebal terhadap penularan virus atau penyakit.

Pastikan konsumsi sayur dan buah dan buah setiap hari untuk memenuhi kebutuhan serat. Bisa juga menambah asupan suplemen serat seperti FibreFirst yang mengandung serat premium.

5 dari 8 halaman

Sayur dan Buah yang Tahan 1 Bulan Selama Social Distancing

Dream - Situasi seperti sekarang membuat kita harus meminimalisir keluar rumah. Termasuk ketika berbelanja kebutuhan pangan. Sebisa mungkin beli secara online atau jika memang ingin belanja buat perencanaan yang matang agar waktu untuk keluar rumah semakin sedikit.

Stok makanan yang tahan lama. Termasuk buah dan sayuran. Ada beberapa buah dan sayur yang sangat direkomendasikan karena bisa tahan selama 1 bulan, tapi juga bergantung pada cara penyimpanannya. Yuk, simak.

 Sayur dan Buah yang Tahan 1 Bulan Selama Social Distancing© Dream

Apel
Apel dan pir bisa bertahan lebih lama daripada buah lainnya dan dapat disimpan hingga 4 bulan jika menyimpan dengan benar. Pada umumnya apel akan baik-baik saja jika disimpan di suhu sekitar 0 derajat celcius. Tetapi bagi apel jenis Honeycrisp, simpan di suhu 2 derajat celcius.

Jika ingin apel tahan selama berminggu-minggu, simpan di dalam kantong plastik, jauhkan dari sayuran karena gas etilen yang dihasilkan apel akan membuat sayuran cepat layu.

 

6 dari 8 halaman

2 Sayuran

Kol
Kol bisa bertahan hingga 2 bulan apabila terbungkus dengan plastik di lemari es. Namun sebagian besar salad hijau layu dalam beberapa hari karena kandungan airnya tinggi.

Wortel

 Konsumsi Wortel Agar Terhindar Stroke© MEN


Kunci agar wortel tahan lama adalah dengan mengeringkannya, karena wortel memiliki kelembapan tinggi yang menyebabkan wortel cepat busuk. Jika membeli wortel di dalam kantong plastik, masukkan tisu ke dalam kantong untuk menyerap kelembapan dan tukar jika sudah kusam. Hal ini bisa membuat wortel segar selama beberapa minggu hingga beberapa bulan.

 

7 dari 8 halaman

Bawang

Bawang Putih
Bawang putih bertahan paling lama disimpan pada suhu 15-18 derajat celcius dengan kelembapan sedang. Bawang putih juga akan baik-baik saja jika disimpan di lemari dapur yang gelap. Bisa juga disimpan di lemari es sampai ketika siap menggunakannya.

Bawang Bombay

 Dihindari Karena Bau Mulut, Begini Manfaat Ajaib Bawang Bombay untuk Kesehatan© MEN


Simpan bawang di daerah kering di mana suhunya tetap antara -1-10 derajat celcius dan bawang akan bertahan hingga satu tahun. Bawang juga dapat disimpan di dalam kantong mesh (kantong jaring) dan menyimpannya di lemari gelap akan mampu bertahan hingga satu bulan atau lebih.

 

8 dari 8 halaman

Kentang

 Cuma Makan Kentang Setahun, Astaga! Lihat yang Terjadi...© MEN

Suhu penyimpanan ideal untuk kentang adalah 4 derajat celcius. Kentang tidak menyukai cahaya karena dapat menyebabkan kentang berwarna hijau. Ruang bawah tanah biasanya menjadi tempat penyimpanan kentang yang sempurna sehingga mencegahnya cepat membusuk antara 2-4 bulan. Jauhkan kentang dari bawang dan apel, karena keduanya akan mengeluarkan gas yang mempercepat proses pembusukan.

Laporan Cindy Azari/ Sumber: Prevention

Join Dream.co.id