Tak Perlu Listrik, Rumah Ini Punya Bel Unik Bersuara Nyaring

Parenting | Kamis, 29 September 2022 17:36

Reporter : Mutia Nugraheni

Mungkin bisa diterapkan di rumah Sahabat Dream.

Dream - Pagar dalam sebuah rumah berfungsi sebagai pelindung privasi dan pembatas. Penghuni berada di ruang privat, sementara bagian luar merupakan area umum. Bila ada orang asing atau tamu ingin berkunjung, maka akan memberi tahu kedatangan lewat bel.

Bel berfungsi sebagai alat komunikasi untuk memberitahu penghuni rumah. Biasanya berbentuk tombol dengan arus listrik yang suaranya bisa terdengar ke seluruh bagian rumah. Ada juga yang berbentuk lonceng, tapi harus dibunyikan beberapa kali.

 Bel unik© TikTok

Nah, ada lagi bentuk bel yang sangat unik, seperti ditunjukkan oleh akun TikTok @krysantus16. Bukan menggunakan bel tombol atau lonceng tapi mainan anak. Mainan tersebut akan mengeluarkan bunyi yang nyaring saat dipencet.

Tak Perlu Listrik, Rumah Ini Punya Bel Unik Bersuara Nyaring
TikTok @krysantus16
2 dari 7 halaman

Lihat Videonya

Mainan tersebut ditempel di depan pagar dengan kotak khusus seperti bel pada umumnya. Juga terlihat tulisan " Bel" di bagian bawahnya.

Saat dipencet suaranya memang sangat nyaring. Ternyata tak perlu bel listrik, bel dari mainan ini pun sangat fungsional dan nyaring. Lihat saja videonya.

@krysantus16 bell tanpa listrik #aquaairpower #GengFlannel ♬ suara asli - Brembol - Brembol PARNA

Para warganet pun terkesann dengan kreativitas pemilik rumah yang memasang bel unik tersebut di rumahnya. Komentar pun bermunculan.

 " toko mainan nanti laris😂," tulis salah satu akun.

 " wah dpt ide bagus nih 😅 keren bgt," komentar akun lainnya.

3 dari 7 halaman

Viral Video Bangun Rumah Hanya Rp70 Juta, Banyak yang Tak Percaya

Dream - Membangun rumah pasti membutuhkan banyak biaya. Bisa mencapai ratusan juta hingga miliaran rupiah. Tak heran saat membangun rumah, seseorang menyiapkan anggaran yang cukup besar.

Harga lahan, material, hingga jasa pekerja bangunan, tentunya begitu besar. Siapa sangka di kondisi yang serba mahal seperti sekarang ada yang bisa membangun rumah hanya dengan biaya Rp70 juta.

Pemilik akun TikTok @wakjon5 membagikan pengalamannya membangun rumah dengan anggaran minim, hanya Rp70 juta saja. Untuk material, ia menggunakan batu bata dan kayu.

 rumah 70 juta© Instagram @wakjon5

" Memberanikan diri membangun rumah dengan budget 70 juta," tulisnya dalam keterangan video.

Setelah melalui tahapan pembangunan, hasilnya hunian mungil dengan desain simpel. Serba putih dan tampak bernuansa modern. Rumah tersebut dilengkapi dua kamar kamar tidur.

 

4 dari 7 halaman

Simpel dan Modern

Terdapat ruang tamu terbuka hingga ke arah dapur. Tampak simpel, modern tapi berkesan nyaman. Video tersebut memancing banyak respons warganet. Banyak yang penasaran bagaimana bisa menekan biaya hingga seminimalis itu untuk membangun rumah tersebut.

 Rumah 70 juta© TikTok @wakjon5

" Ada yang bilang mustahil, juga ada yang bilang nggak mungkin. Palingan itu nggak sama ongkos tukangnya. Salah! Aku dah punya rinciannya," tulis sang pemilik video.

Rupaya, ia dapat membangun rumah dengan anggaran minim karena ikut turun tangan menjadi tukang saat membangun rumah. Untuk ukuran rumah juga memang tak terlalu luas.

" Kenapa bisa murah, karena aku jadi tukangnya, ukuran rumah aku nggak besar cuma 9 meter x 6 meter, 9 meter panjang, 6 meter lebar," ungkapnya.

 

5 dari 7 halaman

Jasa pekerja untuk membangun rumah, ternyata tak terlalu besar. Pasalnya, pekerja yang membangun rumah tersebut adalah keluarganya sendiri.

" Aku bikin ini sendiri bareng uwak aku (paman). Keluarga aku itu kuli semua. Harga tukangnya biasanya 150 ribu (per hari), aku hanya 130 ribu (per hari), tinggal dikalikan 60 hari," ungkapnya.

 Rumah 70 juta© TikTok @wakjon5

Ia juga memperlihatkan detail biaya yang dikeluarkan untuk material dan biaya lainnya. Hasilnya, uang yang dikeluarkan sekitar Rp55,6 juta. Rumah yang dibangun ini berlokasi di Medan, Sumatera Utara.

 

6 dari 7 halaman

Banyak yang Tak Percaya

Komentar pun bermunculan menanggapi video tersebut dan banyak yang tak percaya. " saya tukang udh sering buat rumah, jdi dengan budget 70 rumah sprti ini saya yakin 1000% tidak termasuk upah nya,"  komentar salah satu akun.

" Di luar logika sm bahan dan ongkos upah,"  tulis warganet.

" mungkin maksud nya budget sementara 70jt..sisanya 3jt x 5th,"  ungkap akun lain yang tak percaya.

7 dari 7 halaman
Join Dream.co.id