Rumah Keren Ini Punya Hall Basket Mini dan Area Tribun

Parenting | Jumat, 19 Agustus 2022 07:48

Reporter : Mutia Nugraheni

Sang pemilik dan anaknya, sangat menyukai basket. Mereka pun membuatnya di dalam rumah.

Dream - Rumah idealnya benar-benar menjawab kebutuhan dan kesukaan penghuninya. Tak selalu mengandalkan ukuran luas, tapi lebih kepada efisiensi ruang dan area yang dibuat agar rumah bisa ditinggali dengan aman dan bikin betah.

Sebuah rumah berdesain unik disebut Ring House karya biro arsitek Delution, salah satunya. Sang pemilik merupakan penggemar berat permainan basket dan ia ingin membuat area bermain basket dalam rumah.

 Lapangan basket© Instagram @delutionarchitect

Foto: Instagram Delution Architect

Dari keterangan di Instagram Delution, dengan lahan terbatas arsitek mengembangkan konsep ini di mana area bermain basket menjadi point of interest. Luas lapangan ini  8x16 meter persegi.

 Ring House© Delution

Foto: Instagram Delution Architect

Arena basket sebagai center of view dari seluruh ruang yang ada. Termasuk dari roof top. Rumah ini tampak didominasi warna putih dan berkesan sangat modern.

Rumah Keren Ini Punya Hall Basket Mini dan Area Tribun
Ring House/ Foto: Instagram Delution Architect
2 dari 5 halaman

Bagian Depan Rumah ala Ring Basket

Untuk bentuk fasad atau tampilan depan rumah, terinspirasi dari bentuk ring basket dengan pengolahan bentuk yang lebih dekonstruktif. Bentuk ring basket yang lebar di atas dan mengecil ke bawah tergambar dari desain fasad.

 Ring House© Delution

Foto: Instagram Delution Architect

Dari fasad hingga interior, rumah ini didominasi oleh material wiremesh yang identik dengan area basket dan juga memiliki kekuatan yang baik untuk menahan pantulan bola basket.

 Ring House© Delution

Foto: Instagram Delution Architect

Adanya keterbatasan lahan dengan kebutuhan ruang yang cukup banyak, didesain ruangan yang dapat memiliki dua fungsi. Seperti dapur dan area laundry, ruang keluarga dan kamar tidur tambahan.

 

3 dari 5 halaman

Taman di Rooftop

Ada juga taman di area rooftop. Selain diperuntukan sebagai area hijau dengan keberadaan taman berkonsep japan Style, rooftop rumah ini juga dirancang sebagai sumber cahaya matahari masuk ke rumah melalui skylight. Selain itu, terdapat ampitheater yang juga identik dengan tribun arena basket.

 Ring House© Delution

Foto: Instagram Delution Architect

Bagaimana menurut Sahabat Dream desain rumah ini?

4 dari 5 halaman

Perhitungan Penting Biar Tangga Rumah Tak Berbahaya

Dream - Membuat lantai dua pada rumah jadi solusi untuk siasati keterbatasan lahan. Salah satu fitur penting di rumah berlantai dua adalah tangga. Fungsi utamanya adalah sebagai penghubung antara lantai satu dan lantai dua.

Kini banyak sekali sekali desain tangga yang bisa disesuaikan dengan interior rumah. Ada yang dilengkapi railing kaca, besi, kayu atau besi ukiran. Biar makin cantik, juga kadang disertai pencahayaan di tiap anak tangga.

Apapun desain tangga yang dipilih, pastikan tangga dibuat dengan perhitungan yang detail agar keamanannya terjamin. Dikutip dari Instagram @archilago.id, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tangga tidak berbahaya.

 tangga rumah© Shutterstock

Pertama, untuk tinggi ideal antara tangga dan langit-langit minimal harus 2,15 meter. Sedangkan ketinggian pegangan dapat bervarisi antara 80 dan 90 cm setiap langkah.

 

5 dari 5 halaman

Perhatikan Ukuran Detail

Sedangkan ukuran lebar tangga utama rumah minimal 1 meter. Ukuran tersebut tak termasuk railing dan lainnya. Sebisa mungkin, jangan sampai lebar kurang dari 1 meter.

Untuk anak tangga, dalam menentukan dimensinya, ukuran aman yang bisa digunakan adalah sebagai berikut:

 ukuran tangga© Instagram @archilago.id

Foto: Instagram @archilago.id

Dalam penerapannya, dimensi anak tangga harus sama ukurannya dari pertama hingga yang terakhir. Pastikan lakukan perhatikan dengan tepat ya Sahabat Dream, agar tangga di rumah aman dan nyaman digunakan.

Join Dream.co.id