6 Manfaat Jagung Rebus untuk Ibu Menyusui dan Cara Memilih yang Berkualitas

Parenting | Kamis, 11 Agustus 2022 17:12

Reporter : Widya Resti Oktaviana

Jagung rebus mampu meningkatkan imunitas ibu dan bayinya.

Dream – Jagung rebus merupakan jenis makanan yang mudah sekali dijumpai bahkan diolah sendiri di rumah. Tak memerlukan bumbu, buah jagung yang baru dipanen atau dibeli dari pasar cukup direbus dan siap dihidangkan dalam hitungan tak cukup lama.

Kebanyakan masyarakat menyantap jagung rebus sebagai camilan yang menyehatkan. Baik untuk anak-anak maupun untuk orang dewasa.

Di Indonesia jagung rebus biasanya dijajakan dengan menggunakan gerobak di pinggir jalan atau secara berkeliling yang bersamaan dengan dagangan rebusan lainnya seperti kacang tanah dan ubi. Harganya pun sangat ramah di kantong.

Manfaat jagung rebus ternyata juga sangat baik bagi ibu yang sedang menyusui. Mengingat bahwa ibu menyusui membutuhkan gizi yang baik agar tubuhnya serta sang buah hati selalu sehat. Nah, gizi tersebut salah satunya bisa didapatkan dari jagung rebus.

Berikut adalah beberapa manfaat jagung rebus untuk ibu menyusui sebagaimana dirangkum Dream melalui berbagai sumber.

6 Manfaat Jagung Rebus untuk Ibu Menyusui dan Cara Memilih yang Berkualitas
Shutterstock
2 dari 5 halaman

Manfaat Jagung Rebus untuk Ibu Menyusui

 Manfaat Jagung Rebus untuk Ibu Menyusui© Freepik.com

Menaikkan Berat Badan dengan Alami

Manfaat jagung rebus untuk ibu menyusui yang pertama adalah bisa membantu menaikkan berat badan secara alami. Ya, hal ini karena jagung rebus sendiri memiliki kandungan karbohidrat. Jadi, seorang ibu yang mengonsumsi jagung rebus saat sedang menyusui bisa membantu menaikkan berat badan untuk sang buah hati.

Namun, perlu diperhatikan juga agar ibu tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Hal ini karena bisa berisiko obesitas atau kelebihan berat badan. Di mana obesitas bisa memicu penyakit lainnya untuk datang.

Mendukung Fungsi Otot dan Saraf Bayi

Manfaat jagung rebus untuk ibu menyusui yang berikutnya adalah bisa mendukung fungsi otot serta saraf bayi. Mengingat bahwa seorang bayi tengah mengalami masa pertumbuhan dan perkembangan. Terutama pada bagian otot dan sarafnya. Sehingga bayi membutuhkan asupan gizi yang baik, di mana hal tersebut berasal dari ASI sang ibu.

Oleh karena itu, ibu menyusui haruslah mengonsumsi makanan yang bergizi, seperti jagung rebus. Dengan mengonsumsi jagung rebus, maka hal ini bisa memenuhi kebutuhan fosfor pada bayi yang bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan tulang. Selain itu, ada juga kandungan kalium dan magnesium yang sangat penting bagi fungsi otot dan saraf bayi yang lebih baik.

3 dari 5 halaman

Manfaat Jagung Rebus untuk Ibu Menyusui

Menurunkan Kolesterol

Keberadaan kolesterol dalam tubuh tidaklah baik bagi kesehatan karena bisa memicu hadirnya penyakit lain yang berbahaya. Nah, bagi ibu yang sedang menyusui dan memiliki kadar kolesterol yang tidak terkontrol, maka bisa mengonsumsi jagung rebus.

Perlu sahabat Dream ketahui bahwa jagung rebus memiliki kandungan berupa vitamin C, karoten, dan bioflavonoid. Kesemua kandungan itulah yang memiliki kemampuan untuk mengatur koleseterol di dalam darah dan mengurangi penyerapan kolesterol.

Meningkatkan Imunitas Ibu dan Bayinya

Manfaat jagung rebus selanjutnya untuk ibu menyusui adalah meningkatkan imunitas ibu dan bayinya. Karena imunitas tubuh sangatlah penting agar tidak mudah terserang penyakit. Apalagi tubuh bayi belum memiliki imunitas yang kuat seperti orang dewasa.

Nah, untuk meningkatkan imunitasnya, maka ibu menyusui penting untuk mengonsumsi jagung rebus. Untuk mendapatkan manfaat secara optimal, maka sebaiknya jagung rebus dikonsumsi secara teratur.

4 dari 5 halaman

Manfaat Jagung Rebus untuk Ibu Menyusui

 Manfaat Jagung Rebus untuk Ibu Menyusui© Pixabay.com

Menjadi Sumber Protein

Ibu menyusui yang mengonsumsi jagung rebus sangatlah baik karena menjadi sumber protein. Di mana asupan protein ini tidak hanya diperlukan oleh ibunya saja, tetapi juga oleh buah hatinya yang sedang menyusu. Jagung rebus memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Berkat kandungan inilah yang mampu membantu pembentukan jaringan otot bayi serta meningkatkan kinerja sel otak bayi.

Mencegah Penyakit Alzheimer

Penyakit Alzheimer adalah penyakit otak yang menyebabkan penurunan daya ingat, kemampuan berpikir dan berbicara, serta perubahan perilaku. Penyakit ini seiring berjalannya waktu bisa semakin parah dan membuat penderitanya tidak bisa melakukan aktivitas sehari-hari.

Nah, jagung rebus memiliki kandungan berupa tiamin yang cukup tinggi. Di mana kandungan ini bisa membantu meningkatkan fungsi kognitif pada bayi serta mencegah bayi dari penyakit Alzheimer. Jadi, untuk ibu yang sedang menyusui, yuk mulai mengonsumsi jagung rebus.

5 dari 5 halaman

Cara Memilih Jagung yang Berkualitas

 Cara Memilih Jagung yang Berkualitas© Unsplash.com

Setelah mengetahui apa saja manfaat jagung rebus untuk ibu menyusui, penting juga bagi sahabat Dream untuk memilih jagung yang berkualitas. Agar gizi yang benar-benar dibutuhkan oleh tubuh bisa didapatkan dengan baik. Berikut adalah beberapa cara memilih jagung yang berkualitas:

Daun yang Lembap

Cara yang pertama adalah memilih yang daunnya lembap. Pilih jagung yang masih terbungkus daun dan kondisinya juga lembap. Hal ini menunjukkan bahwa jagung tersebut masih benar-benar segar.

Baru Saja Dipetik

Cara yang kedua adalah jagung tersebut baru saja dipetik. Di mana jagung ini kandungan gulanya akan berubah menjadi zat pati. Dengan begitu rasa manis pada jagung bisa berkurang.

Beratnya Seimbang

Cara yang ketiga adalah beratnya seimbang. Karena dengan berat jagung yang seimbang, maka bisa diketahui apakah jagung tersebut sudah dimakan serangga atau belum.

Biji Jagung yang Bulat dan Licin

Cara yang keempat adalah memerhatikan kondisi biji jagungnya. Pastikan biji jagungnya berbentuk bulat dan teksturnya licin. Jika biji jagung sudah keriput, itu tandanya sudah disimpan beberapa hari.

Join Dream.co.id