Usahakan untuk Akikah Buah Hati, Ketahui 5 Keutamaannya

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
IBU DAN ANAK  |  16 September 2019 14:06

Banyak hadits yang meriwayatkan tentang akikah.

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Mendapat anugerah berupa keturunan merupakan hal yang patut kita syukuri. Salah satu cara bersyukur pada Allah SWT, saat buah hati lahir ke dunia adalah melangsungkan akikah.

Akikah, seperti dikutip dari DalamIslam.com, memotong kambing dalam rangka mensyukuri kelahiran sang bayi yang dilakukan pada hari ketujuh dari kelahirannya. Hal ini sebagai pengamalan terhadap sunnah Nabi Muhammad SAW.

Banyak hadits yang meriwayatkan tentang akikah. Salah satunya dari Sulaiman ibn Amir Adh Dhaby radluyallahu Anhu berkata:

Rasulullah saw bersabda “ anak yang baru lahir hendaknya diaqiqahi, alirkanlah darah (sembelihlah kambing) dan hilangkanlah kotoran serta penyakit yang menyertai anak tersebut (cukurlah rambutnya).” (H. R. Bukhori dalam shahihnya secara mu’allaq (tanpa menyebutkan sanad) dan Thahawi menilai hadits itu sebagai hadits maushul. Hadits itu juga diriwayatkan oleh Ahmad, Abu Daud, dan Turmudzi).

Akikah memang bersifat sunnah. Sangat dianjurkan dilakukan oleh orangtua jika anaknya lahir ke dunia. Menyembelih satu kambing untuk perempuan dan menyembelih dua kambing untuk anak laki-laki.

Ada lima keutamaan melakukan akikah bagi anak dan orangtua. Apa saja?

Selanjutnya : Mendapat pahala
Rexona Brightest Squad Hunt 2020 - Coaching Class - 24 November 2020
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Rexona Brightest Squad Hunt 2020 - Coaching Class - 24 November 2020
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :