Teh Ninih Ingatkan Orangtua 3 Cara Menasihati Anak

Ibu Dan Anak | Jumat, 27 Agustus 2021 12:04

Reporter : Mutia Nugraheni

Peran orangtua saat anak melakukan kesalahan sangat penting, yaitu mengingatkan mereka.

Dream - Menjadi teladan yang baik bagi anak-anak merupakan tugas berat bagi para orangtua. Terutama dalam beragama, bersikap dan ketika melakukan kesalahan. Tentunya kita ingin anak selalu bersikap baik, tapi hal itu tak mungkin.

Sebagai manusia, anak-anak juga bakal melakukan kesalahan baik besar maupun kecil. Peran orangtua saat anak melakukan kesalahan sangat penting, yaitu mengingatkan mereka.

Ustazah Ninih Muthmainnah dalam satu ceramahnya yang diunggah di akun Instagram resmi @ninih.muthmainnah menjelaskan, saat anak melakukan kesalahan, berarti orangtua juga harus bertanggung jawab. Caranya adalah dengan menyampaikan nasihat yang baik.

" Anak melakukan kesalahan ini adalah tanggung jawab orangtua. Berarti ini kan amanah, kalau sudah amanah, saya tanggung jawab. Amanah di sini menyampaikannya, menasihatinya," ungkap Teh Ninih.

 

Teh Ninih Ingatkan Orangtua 3 Cara Menasihati Anak
Teh Ninih Bersama Putrinya, Ghaida Dan Sang Cucu/ Instagram Ghaida
2 dari 6 halaman

Cara Menasihati

Menurut Teh Ninih, ada tiga cara untuk menasihati anak. Pertama dengan sikap, lalu lewat lisan dan yang terakhir adalah mendoakan.

"Kalau bisa dengan sikap, dengan lisan, selemah-lemahnya adalah dengan hati. Anak saya sensitif nih, sudah dikasih tahu dia malah marah kepada saya, sudah dicoba. Kalau dengan lisah dia tambah marah ke kita, apalagi dengan sikap, berarti saya memilih yang dengan hati," ungkap Teh Ninih.

Menasihati dengan hati adalah dengan mendoakan. Saat sikap dan lisan tak bisa didengarkan anak, berarti orangtua harus yakin dengan kekuatan doa.

"Saya nggak setuju anak saya melakukan itu nih, dengan mendoakan itu selemah-lemahnya iman, tapi tetap kalau kita mampu dengan kata-kata," ujar Teh Ninih.

      View this post on Instagram

A post shared by Teh Ninih Muthmainnah (@ninih.muthmainnah)

 

3 dari 6 halaman

Hadapi Anak yang Berulah, Teh Ninih Ajarkan Bacaan Ini

Dream - Anak-anak memiliki karakter dan sifat masing-masing. Ada kalanya buah hati sangat sulit dihadapi, berulah, mengamuk dan menguji kesabaran kita sebagai orangtua.

Bukan hanya anak balita, tapi juga remaja. Jangan sampai kita menghadapi anak yang berulah dengan penuh emosi. Teh Ninih dalam akun Instagram resminya @ninih.muthmainnah memberikan trik bagi para orangtua saat menghadapi anak yang sulit diatur.

Hal pertama yang penting dilakukan adalah mengendalikan amarah. Jangan sampai emosi meningkat saat menghadapi anak yang berulah.

" Ternyata kemarahan itu tidak menyelesaikan masalah, malah menambah masalah. Ketika marah itu nasihat kita nggak bijak, itu akan mengundang tekanan bahkan di situ akan keluar kata-kata yang tidak mendidik, yang buruk ya," ungkap Teh Ninih.

 

© Dream
4 dari 6 halaman

Selalu Mengingat Allah SWT

Ibu dari 7 anak mengingatkan para orangtua untuk banyak-banyak berzikir. Selalu ingat Allah SWT dan berusaha meredakan kemarahan dengan memohon bimbingan-Nya

" Kalau ada anak yang tingkahnya sangat aneh-aneh di situ harus banyak-banyak berzikir A'udzu billahi minasy syaithonir rojiim, kemudian bacaan Subhanallah Walhamdulillah supaya kita dibimbing terus, supaya kemarahannya itu tidak membludak," pesan Teh Ninih.

Beliau juga mengingatkan, jangan mendidik anak dengan kemarahan. Bisa berdampak buruk pada kondisi mentalnya.

" Mendidik anak itu kalau dengan kemarahan anaknya akan menjadi tertekan, tapi kalau mendidik anak dengan bijak anak bisa mengambil nasihat yang baik dari orangtua.. Orang yang ketika menghadapai kenakalan anak selalu online dengan Allah maka semuanya akan dibimbing," ungkap Teh Ninih.

Sumber: Instagram @ninih.muthmainnah

5 dari 6 halaman

Teh Ninih Ingatkan Bahaya Harta Haram untuk Anak

Dream - Baik ayah maupun ibu yang bekerja mencari nafkah untuk kehidupan keluarga yang lebih baik, Allah SWT menjanjikan pahala. Kelelahan karena pekerjaan yang halal akan berbuah keberkahan, bukan hanya untuk diri sendiri tapi juga keluarga.

Penting diingat, agar selalu mencari nafkah yang halal. Jangan sampai orangtua mendapat harta yang haram lalu kemudian dibawa pulang ke rumah dan diberikan pada anak-anak, naudzubillah min dzalik.

Teh Ninih Mutmainah, dalam akun Instagram resminya @ninih.muthmainnah mengingatkan para orangtua untuk selalu membiasakan anak-anaknya melakukan ibadah, seperti sholat, puasa dan bersedekah. Satu hal yang juga ditekankannya adalah, jangan sampai anak-anak kita diberi sesuatu yang haram, dampaknya mengerikan.

" Pastikan tidak ada harta haram yang melekat di badannya atau masuk ke dalam tubuhnya. Apa yang dimakan, diminum dan dipakainya harus dipastikan terjamin kehalalannya," tulis Teh Ninih.

 

© Dream
6 dari 6 halaman

Halangi Datangnya Hidayah Pada Anak

Beliau mengingatkan, harta haram sejatinya akan menghalangi datangnya hidayah. Hal yang haram akan menyumbat mata, telinga dan hati dari cahaya kebenaran dan keberkahan.

" Harta haram, walau sedikit, dia bisa menghancurkan aneka kebaikan yang berusaha ditanam orangtua pada diri anak-anaknya," pesan Teh Ninih.

Salah satu hal yang juga diingatkannya adalah, di antara pesan para istri kaum salafush shalih saat suaminya hendak pergi mencari nafkah adalah, " Jauhi olehmu penghasilan yang haram! Sesungguhnya, kami mampu bersabar atas rasa lapar tetapi kami tidak mampu bersabar atas panasnya neraka" .

Join Dream.co.id