Tak Perlu Khawatir Saat Si Kecil Punya Teman Khayalan

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
IBU DAN ANAK  |  30 September 2020 10:03

Saat ditanya, si kecil bisa menyebutkan nama, hingga menggambarkan bagaimana rupanya.

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Imajinasi anak-anak begitu tinggi. Mereka bisa menyebut nama tokoh yang dianggap teman dan kerap berbicara sendiri. Seakan-akan ada teman lain di dekatnya padahal tidak ada orang lain.

Beberapa anak memang memiliki teman khayalan. Saat ditanya, si kecil bisa menyebutkan nama, hingga menggambarkan bagaimana rupanya. Beberapa orangtua mungkin beranggapan ini adalah hal klenik atau mistis padahal tak selalu demikain.

" Imajinasi anak-anak mulai berkembang sekitar usia 2,5 hingga 3 tahun, ditandai dimulainya permainan pura-pura, dan pada 65% anak-anak akan memiliki satu atau dua teman imajine," kata Susan Newman, Ph.D., sosial psikolog dan penulis The Case for the Only Child.

Berpura-pura memiliki teman adalah hal biasa pada anak balita, tetapi alasan mereka berbeda-beda, begitu pula lamanya mereka bertahan. Mengapa anak-anak memiliki teman khayalan?

" Anak-anak secara alami sangat imajinatif, dan melatih imajinasi mereka sangat baik untuk kesehatan emosional dan mentalnya mereka," kata Laura Markham, Ph.D., penulis buku Peaceful Parent, Happy Kids.

 

Selanjutnya : Saat Merasa Sepi dan Bosan
Dove Super Hair Super Day Class #4
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Dove Super Hair Super Day Class #4
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :