Tak Perlu Khawatir Saat Anak Lebih Suka Main Sendiri

Anak bermain (Foto: Shutterrstock)
IBU DAN ANAK  |  29 April 2019 10:05

Anak-anak yang diberi kesempatan untuk bermain sendiri bisa memiliki kreativitas mengagumkan.

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Melihat anak bermain sendiri, seringkali membuat orangtua merasa kasihan. Padahal ternyata tak perlu demikian. Anak-anak justru butuh diberi kebebasan untuk bermain sesuka hatinya.

Melansir dari laman Daily Parent orangtua perlu memperbolehkan anak buat bermain sendiri agar ia semakin mandiri, hati-hati dan waspada dengan sekitarnya. Memang, membiarkan anak bermain sendiri cukup mengkhawatirkan bagi banyak orangtua.

Ketika orangtua terus mengekang anak dan melarang anak melakukan berbagai hal, ini justru akan membuat anak rentan stres, depresi dan tidak nyaman dengan aktivitasnya sehari-hari.

Anak-anak yang diberi kesempatan untuk bermain sendiri bisa memiliki kreativitas mengagumkan, lebih bisa menjaga dirinya sendiri, lebih hati-hati serta waspada. Mereka juga akan tumbuh dan berkembang menjadi anak yang lebih mandiri, pemberani serta kuat.

Untuk membiarkan anak bermain sendiri, sebaiknya anak telah mencapai usia 6 sampai 7 tahun. Meski begitu tetap, beri pengawasan yang terbaik pada anak dari jarak jauh. Tetap arahkan anak untuk senantiasa hati-hati, waspada dan menjaga diri sebaik mungkin saat bermain sendiri.

Anak yang masih balita wajib selalu didampingi dan diawasi sebaik mungkin saat mereka bermain. Anak yang diperbolehkan bermain sendiri adalah anak-anak yang memang sudah siap menjaga dirinya sendiri, berani ke luar rumah sendiri tanpa didampingi dan orangtua telah yakin anak siap bermain sendiri dengan pengawasan dari jauh.

Laporan Mimi Rohmitriasih/ Sumber: Fimela.com

Streaming Melihat Deretan Koleksi Busana Terakhir Barli Asmara
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Streaming Catat! Ini Cara Menyimpan Uang Rp75 Ribu Agar Tak Mudah Rusak
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :