Tak Perlu Tabu Bahas Mimpi Basah pada Buah Hati

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
IBU DAN ANAK  |  26 Februari 2019 10:06

Perubahan fisik dan emosi secara drastis, bakal dialaminya.

Reporter :

Dream - Menghadapi masa pubertas anak laki-laki, tentunya jadi tantangan bagi para orangtua. Perubahan fisik dan emosi secara drastis, bakal dialaminya. Salah satunya adalah mimpi basah.

Hal tersebut adalah bagian alami dari pubertas. Bertentangan dengan apa yang diyakini sebagian orang, mimpi basah dapat terjadi jauh sebelum rambut kemaluan muncul.

" Mimpi basah hanyalah respons tubuh anak lelaki terhadap peningkatan kadar testosteron yang tiba-tiba," kata Jennifer O'Donnell, seorang psikolog anak, seperti dikutip dari Verywell.

Kondisi pubertas bisa menyebabkan anak laki-laki mengalami hasrat seksual yang tiba-tiba dan sering bersamaan dengan ereksi yang teratur dan terkadang spontan. Dengan testis yang dapat menghasilkan sel sperma, mimpi basah adalah respon yang benar-benar normal terhadap perubahan ini.

" Sebagai orangtua, jangan diam saja atau malah mengejek anak. Jelaskanlah soal mimpi basah dengan bahasa yang dimengertinya. Termasuk, efek dari hal tersebut," kata O'Donnell.

Hindari juga menekan anak untuk bercerita soal pengalaman pubertasnya. Pastikan saja Anda jadi orangtua yang selalu siap menjelaskan dan mendampingi untuk melewati masa puber yang kerap membuat anak lelaki bingung dan tak merasa percaya diri.

BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Yuk Gabung ke Kapanlagi Korea, Sekarang!
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :