Tak Perlihatkan Wajah Putrinya, Nadiem Makarim Tetap Bagikan Momen Manis

Ibu Dan Anak | Selasa, 31 Agustus 2021 12:06

Reporter : Mutia Nugraheni

Lihat potret keluarga Nadiem dan Franka.

Dream - Menteri Pendidikan Nadiem Makarim dan istrinya, Franka, termasuk orangtua yang sangat melindungi privasi ketiga buah hatinya. Nadiem memiliki akun Instagram, tapi ia tak pernah mengunggah wajah anak-anaknya secara jelas.

Nadiem punya cara sendiri untuk berbagi momen manis dengan putri-putrinya. Biasanya foto diambil dari atas, belakang atau sudut lain yang tak memperlihatkan wajah sang buah hati.

Foto tersebut diunggah di akun Instagram resminya @nadiemmakarim. Walau tak tampak wajah anaknya, tetap terasa kehangatan keluarga Nadiem dan Franka. Tengok saja momen-momen manis Nadiem bersama putri-putri kesayangannya.

Main batu

 Nadiem© Instagram Nadiem

Nadiem suka menemani putrinya bermain di luar rumah. Menurutnya saat berada di luar rumah, anaknya akan belajar banyak hal dengan cara yang menyenangkan.

" Saat keluar rumah saya pastikan kalau anak saya bisa mempelajari hal baru. Karena hal sederhana akan selalu bermakna di mata mereka yang mau belajar," tulis Nadiem di Instagram.

 

 

Tak Perlihatkan Wajah Putrinya, Nadiem Makarim Tetap Bagikan Momen Manis
Nadiem Dan Franka/ Foto: Instagram Nadiem Makarim
2 dari 6 halaman

Baca Buku

 Keluarga Nadiem Makarim© Instagram Nadiem

Bersama Franka, ia juga suka membacakan buku-buku dongeng pada ketiga putrinya. Momen membaca buku bersama tampaknya jadi hal yang sangat disukai keluarga ini.

 

3 dari 6 halaman

Disuapin Si Kecil

 Nadiem Makarim© Instagram Nadiem

Nadiem juga suka makan bersama sang putri. Lihat saja gemasnya Nadiem saat disuapi makanan oleh anaknya. 

4 dari 6 halaman

Tedak Sinten

 Keluarga Nadiem Makarim© Instagram Nadiem

Keluarga Nadiem ternyata masih menjalankan ritual budaya Jawa yang kental. Salah satunya Tedak Sinten, yang digelar untuk putrinya yang baru belajar berjalan.

 

 

5 dari 6 halaman

Teh Ninih Ingatkan Orangtua 3 Cara Menasihati Anak

Dream - Menjadi teladan yang baik bagi anak-anak merupakan tugas berat bagi para orangtua. Terutama dalam beragama, bersikap dan ketika melakukan kesalahan. Tentunya kita ingin anak selalu bersikap baik, tapi hal itu tak mungkin.

Sebagai manusia, anak-anak juga bakal melakukan kesalahan baik besar maupun kecil. Peran orangtua saat anak melakukan kesalahan sangat penting, yaitu mengingatkan mereka.

Ustazah Ninih Muthmainnah dalam satu ceramahnya yang diunggah di akun Instagram resmi @ninih.muthmainnah menjelaskan, saat anak melakukan kesalahan, berarti orangtua juga harus bertanggung jawab. Caranya adalah dengan menyampaikan nasihat yang baik.

" Anak melakukan kesalahan ini adalah tanggung jawab orangtua. Berarti ini kan amanah, kalau sudah amanah, saya tanggung jawab. Amanah di sini menyampaikannya, menasihatinya," ungkap Teh Ninih.

 

6 dari 6 halaman

Cara Menasihati

Menurut Teh Ninih, ada tiga cara untuk menasihati anak. Pertama dengan sikap, lalu lewat lisan dan yang terakhir adalah mendoakan.

"Kalau bisa dengan sikap, dengan lisan, selemah-lemahnya adalah dengan hati. Anak saya sensitif nih, sudah dikasih tahu dia malah marah kepada saya, sudah dicoba. Kalau dengan lisah dia tambah marah ke kita, apalagi dengan sikap, berarti saya memilih yang dengan hati," ungkap Teh Ninih.

Menasihati dengan hati adalah dengan mendoakan. Saat sikap dan lisan tak bisa didengarkan anak, berarti orangtua harus yakin dengan kekuatan doa.

"Saya nggak setuju anak saya melakukan itu nih, dengan mendoakan itu selemah-lemahnya iman, tapi tetap kalau kita mampu dengan kata-kata," ujar Teh Ninih.

      View this post on Instagram

A post shared by Teh Ninih Muthmainnah (@ninih.muthmainnah)

 

Join Dream.co.id