Tahun Ajaran Baru Tak Mundur, Sekolah Dimulai Juli 2020

Murid Sekolah Menengah Pertama (Foto: Shutterstock)
IBU DAN ANAK  |  29 Mei 2020 14:03

Proses belajar akan disesuaikan dengan kondisi pandemi.

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Kondisi pandemi Covid-19 membuat para orangtua kebingungan. Terutama mereka yang memiliki anak baru lulus dan naik ke jenjang berikutnya. Pasalnya, sejumlah sekolah swasta sudah meminta orangtua untuk memenuhi syarat administratif, sementara kepastian soal pembuakaan sekolah belum dikeluarkan oleh pemerintah.

Banyak yang mengira kalau tahun ajaran baru dimundurkan karena pandemi. Rupanya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan keputusan kalau tahun ajaran baru tetap dilakukan sesuai jadwal.

" Kita tidak memundurkan tahun ajaran baru ke Januari 2021. Kalau dimundurkan, maka akan ada beberapa konsekuensi yang harus disinkronkan," ujar Plt Dirjen PAUD, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kemendikbud, Hamid Muhammad, di Jakarta, seperti dikutip dari Merdeka.com.

Hamid mengungkap beberapa alasan tahun ajaran baru tidak dimundurkan. Pertama, kelulusan siswa SMA dan SMP sudah diumumkan dan sebentarlagi pengumuman kelulusan SD.
Artinya, jika lulus dan tahun ajaran baru digeser maka anak yang lulus tidak akan mendapat pendidikan sesuai jenjangnya.

" Termasuk juga perguruan tinggi yang sudah melakukan seleksi. Ada SNMPTN yang sudah berlangsung dan awal Juli mendatang SBMPTN," kata dia.

 

Selanjutnya : Sistem Belajar Akan Disesuaikan
PSBB Jakarta Ditambah Sampai 4 Juni, Anies Baswedan- Bisa Jadi yang Terakhir
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Terlahir Tuli, Anak Ray Sahetapy Lulus Cum Laude di New York
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :