Sudah 'Modali' Anak dengan Pengetahuan Keamanan Digital?

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
IBU DAN ANAK  |  23 Oktober 2019 14:05

Hal ini diperlukan sebagai pengingat anak untuk selalu aman dalam menggunakan teknologi.

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Anak usia balita saat ini sudah begitu lihai mengoperasikan gadget. Mereka bisa dengan mudah membuka YouTube, foto, atau melihat video kesukaannya di galeri. Kemampuan mereka yang begitu cepat belajar hal yang berbau digital, sayangnya banyak tak dibarengi dengan kesiapan orangtua.

Kesiapan ini maksudnya adalah mengajarkan anak-anak, terutama remaja, terkait keamanan digital. Orangtua dengan mudah memberikan ponsel, tablet dan segala macam gadget tapi tidak 'memodali' anak dengan pengetahuan soal keamaan berinternet dan perlindungan privasi.

Sejak anak duduk di Taman Kanak-kanak, orangtua wajib mengenalkan aspek positif dari penggunaan teknologi. Hal ini diperlukan sebagai pengingat anak untuk selalu aman dalam menggunakan teknologi.

" Saat menginjak SMP, orangtua diharuskan memberi tahu anak mengenai konsep jejak digital. Lalu saat anak SMA, orangtua dapat berdiskusi dengan anak mengenai dampak dari media sosial dan internet jika tidak ada filter dan pengetahuan soal keamanan," ujar Lisa Strohman, seorang psikolog remaja.

Selanjutnya : Jangan Membagi Informasi Pribadi
Video Kondisi Terkini WNI dari Wuhan di Natuna
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Kisah di Balik Kesuksesan Mega Iskanti
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :