Sikap Orangtua yang Membandingkan Bisa Picu Konflik Sengit Kakak Beradik

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
IBU DAN ANAK  |  25 Januari 2021 10:00

Jangan pernah melakukannya.

Reporter : Mutia Nugraheni

Hubungan Kakak Adik Punya Ikatan Kuat, Orangtua Penting Lakukan Ini

Dream - Hubungan saudara atau kakak beradik kemungkinan besar merupakan hubungan terpanjang dan paling berpengaruh yang bakal dimiliki anak-anak. Ada kalanya hubungan saudara seperti musuh bebuyutan, jarang sekali akur.

Persaingan atau pertikaian antar saudara adalah normal. Faktanya, hal itu bisa menjadi kesempatan belajar yang penting. Hanya karena kakak beradik bertengkar, bukan berarti mereka tidak bisa tetap dekat.

Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk membina ikatan yang lebih kuat di antara saudara, terlepas dari apakah mereka saudara kandung, saudara tiri, atau adopsi. Penelitian menunjukkan bahwa saudara kandung adalah bagian integral dalam mengajar satu sama lain bagaimana berinteraksi secara sosial.

"Saudara kandung adalah panutan yang lebih baik dari perilaku yang lebih informal — bagaimana bertindak di sekolah atau di jalan, atau, yang paling penting, bagaimana bersikap keren di sekitar teman — yang merupakan bagian terbesar dari pengalaman sehari-hari seorang anak," kata Laurie Kramer, Profesor Psikologi di University of Illinois.

Membina ikatan yang erat antar saudara dapat membantu anak tumbuh dengan kepribadian yang baik. Meskipun saudara kandung bakal berkelahi dan bertengkar, mengatasi perbedaan mereka dapat membantu mempersiapkan mereka untuk hubungan dewasa dengan satu sama lain dan dengan orang lain.

 

Selanjutnya : Apa yang Bisa Dilakukan?
Atta Halilintar Tersandung Ucapan Soal Suami
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Lesti Kejora - Rizky Billar Part 2 | Christie SERIBU KALI CINTA THE SERIES Eps 10
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :