Sikap Memanjakan Anak Remaja yang Sering Tak Disadari Orangtua

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
IBU DAN ANAK  |  24 September 2020 12:02

Akan lebih baik jika ayah bunda tidak melakukan hal ini.

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Anak remaja seharusnya sudah dibiasakan dengan kedisiplinan dan tanggung jawab. Sayangnya, orangtua sering lupa untuk membiasakan dua hal tersebut. Sikap memanjakan juga kerap dilakukan tanpa disadari.

Orangtua memiliki kecenderungan ingin membuat anaknya selalu nyaman, bahagia, agar keadaan anak jauh lebih baik dari orangtuanya. Dampaknya adalah, selalu memberikan segalanya atau memanjakan berlebihan.

" Memanjakan dianggap berlebihan jika orangtua ingin anak selalu senang atau selalu membuatnya melakukan hal menyenangkan untuk dirinya sendiri. Saat ini, mengasuh anak lebih fokus pada 'Apakah anak saya bahagia daripada saya saat seumurnya?'. Hal ini bisa jadi buruk," kata Hank Olwell, seorang pakar pengasuhan anak.

Hasil akhirnya adalah meskipun orangtua selalu memenuhi kebutuhannya, anak menjadi merasa lebih tidak aman dan mudah cemas. Anak tidak benar-benar siap untuk menghadapi bagaimana kehidupan sebenarnya, memikul tanggung jawab dan akan menghadapi kenyataan kalau ada kepuasan yang harus tertunda.

Ada beberapa sikap orangtua yang sebenarnya sangat memanjakan anak dan sering tak disadari. Akan lebih baik jika ayah bunda tidak melakukan hal ini.

 

Selanjutnya : 1. Membiarkan anak tak menyelesaikan tugas sekolahnya
Pesan Presiden Jokowi Perihal Vaksin
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Pesan Presiden Jokowi Perihal Vaksin
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :