Si Kecil Suka Berulah Mencari Perhatian? Ingat Hal Ini

Ilustrasi
IBU DAN ANAK  |  30 April 2021 10:04

Ada masanya anak bersikap buruk demi mencari perhatian.

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Anak-anak cenderung suka jadi perhatian. Ada kalanya mereka lebih ingin mendapat perhatian yang lebih dari biasanya dan melakukan berbagai cara. Banyak juga faktor lain yang membuat anak selalu mencari perhatian.

Misalnya adanya adik baru, orangtua sedang sangat sibuk, merasa terabaikan atau hal lain. Anak juga tak bisa mengungkapkan apa yang dibutuhkannya. Biasanya anak jadi lebih berulah dan memicu emosi orangtua.

Ini termasuk masalah perkembangan di mana anak-anak sering menggunakannya sebagai cara komunikasi yang mudah. Berikut hal yang penting diingat saat anak berulang karena mencari perhatian.

1. Mengabaikan Perilaku Buruk
Abaikan perilaku buruknya alih-alih memarahinya atau mengurungnya di dalam ruangan. Cobalah untuk membuat anak mengerti akibatnya ketika mereka sudah tenang. Namun, juga tetap berempati terhadap anak.

2. Memberikan Perhatian yang Sehat
Cobalah untuk memberi mereka perhatian yang sehat. Pastikan menghabiskan waktu berkualitas dengan anak-anak, membaca, menari bersama mereka, mendengarkan musik, bermain game, memasak, dan pergi ke luar ruangan. Pergilah berlibur singkat bersama mereka. Buat mereka merasa diinginkan.

3. Usahakan Anak Mematuhi Peraturan
Tuliskan hal-hal penting seperti tidak berteriak, tidak melarikan diri saat orangtua menelepon, atau tidak menangis dengan keras.

4. Berikan Hadiah Atas Perbuatan Baik
Jika anak mematuhi atau membantu orangtua dalam melakukan tugas sehari-hari, maka beri penghargaan kepada anak atas perilaku baiknya. Reaksi negatif akan menimbulkan perilaku negatif. Bicaralah secara positif dengan mereka.

5. Berikan Kebebasan
Daripada memaksakan sesuatu pada anak, tanyakan kebutuhan mereka. Berusahalah untuk tidak keras kepala terhadap anak-anak. Beri anak waktu dan ruang untuk dirinya sendiri.

Laporan Gayuh Tri/ Sumber: Fimela.com

Selanjutnya : Intip Serunya Kakak Adik Kembar Dua dan Kembar 3 di Jepang
Merawat Warisan [TEASER]
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Fimela with Barry X iStyle | Iftar Makeup Look Tutorial
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :