Si Kecil Mengamuk Tak Terkendali, Tenangkan dengan Cara Ini

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
IBU DAN ANAK  |  1 Oktober 2019 16:03

Kuncinya adalah orangtua jangan terpancing emosi apalagi sampai memukul.

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Menghadapi sikap anak yang tak terkendali kerap membuat orangtua panik dan kebingungan. Apalagi jika anak bukan hanya menangis, tapi juga melempar barang di sekitarnya, berguling-guling atau histeris di ruang publik.

Kondisi tersebut sering disebut dengan tantrum. Nah, tantrum biasanya dialami oleh anak yang berusia 1-4 tahun. Ketika si kecil mengalami tantrum, ayah dan ibu sebaiknya jangan panik dan ikut terbawa emosi.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi tantrum pada anak. Sebelum itu, penting untuk mengetahui penyebab tantrum pada balita.

Penyebab tantrum
Tantrum umumnya disebabkan oleh terbatasnya kemampuan bahasa anak untuk mengekspresikan perasaannya. Sehingga mereka hanya bisa meluapkan emosinya dengan cara meronta, berteriak, menangis, menjerit, serta menghentakkan kedua kaki dan tangannya ke lantai.

Selain itu, tantrum juga bisa menjadi cara anak melakukan observasi dan mengenali situasi untuk mendapatkan keinginanannya. Misalnya, saat anak mengamuk untuk mendapatkan sesuatu dan ibu menuruti keinginannya. Jika demikian, maka anak cenderung akan mengulangi cara tersebut di kemudian hari. Jika terus dibiarkan, hal tersebut bisa menjadi kebiasaan buruk.

Selanjutnya : Cara mengatasi tantrum
Video Detik-detik Mobil Presiden Jokowi Terjang Banjir di Kalsel
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Video Detik-detik Mobil Presiden Jokowi Terjang Banjir di Kalsel
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :