Setiap Hari Bilang 'I Love You', Efeknya Luar Biasa Bagi Anak

Ibu dan anak (Foto: Shutterstock)
IBU DAN ANAK  |  18 Juli 2018 10:03

Anak-anak yang terbiasa mendengar ucapan sayang atau perlakuan penuh cinta diketahui memiliki rasa percaya diri yang lebih tinggi.

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Kesibukan bekerja sehari,hari, lalu berkutat dengan urusan rumah tangga. Belum lagi mengurus keperluan anak dari pagi hingga malam. Kesibukan orangtua memang tak ada habisnya. Namun pastikan di antara kesibukan tersebut, Sahabat Dream menyempatkan diri untuk mengungkapkan kasih sayang pada si kecil.

Bisa berupa pelukan hangat, kecupan di dahi, ciuman di pipi atau ucapan " I Love You" , " Mama/ papa sayang kakak" . Mungkin terdengar sederhana, tapi efeknya sangat luar biasa bagi perkembangan psikologis anak.

Penelitian yang dilakukan selama puluhan tahun mengungkap, hubungan kuat antara ungkapan kasih sayang orangtua pada kebahagiaan anak di masa depan. Anak-anak yang terbiasa mendengar ucapan sayang atau perlakuan penuh cinta diketahui memiliki rasa percaya diri yang lebih tinggi.

Seperti penelitian yang dilakukan tim dari Duke University Medical School pada 2010. Mereka menemukan, bayi-bayi yang yang mendapat banyak ungkapan perhatian dari ibunya, tumbuh jadi pribadi yang lebih kuat dan bahagia.

Selanjutnya, tim dari University of California, Los Angeles (UCLA) melakukan studi pada 2013. Diketahui ungkapan cinta dari orangtua dapat membuat anak-anak lebih bahagia secara emosional dan bisa mengurangi level kecemasan secara signifikan.

Hal ini terjadi karena otak mereka benar-benar berubah ketika mendapat ungkapan kasih sayang dari orangtuanya. Jadi, jangan lupa untuk ungkapkan kasih sayang setiap hari pada si kecil.

Sumber: Motherly

5 Kiat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Biar Nggak Gampang Sakit Bersama Tolak Angin
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Cara Eriska Rein Edukasi Tontonan untuk Anak
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :