Sering Dilupakan Orangtua, Anak Perlu Dilatih Mengambil Keputusan

Ibu Dan Anak | Senin, 3 Februari 2020 16:02
Sering Dilupakan Orangtua, Anak Perlu Dilatih Mengambil Keputusan

Reporter : Mutia Nugraheni

Membuat sebuah keputusan tentunya membutuhkan kemampuan analisa sebab dan akibat, anak harus dilatih untuk itu.

Dream - Kecenderungan orangtua adalah ingin anaknya selalu dalam kondisi baik. Saat bayi hingga balita, kita pun selalu membuat keputusan terkait kehidupan anak. Mulai dari pakaian yang mereka kenakan, menu makanan, tontonan hingga sekolah.

Banyak orangtua yang tak menyadari kalau anak sebenarnya harus dilatih membuat keputusan sendiri. Membuat sebuah keputusan tentunya membutuhkan kemampuan analisa sebab dan akibat, anak harus dilatih untuk itu.

Mulailah untuk melatih anak membuat keputusan sejak dini. Hal ini bisa dimulai sejak balita.

" Ada cara tertentu yang bisa dilakukan orangtua untuk membuat anak-anak yang masih kecil membuat keputusan. Mulailah dari hal kecil, seperti baju yang ingin dikenakan atau rasa minuman," kata Jim Taylor, PhD, seorang psikolog seperti dikutip dari Psychology Today.

 

2 dari 2 halaman

Tawarkan Pilihan

Cara yang baik untuk memulai adalah dengan tidak memberikan pilihan yang banyak. Bisa dengan menawarkannya, 'ingin makan nasi atau roti?', 'karena hari ini hujan, adik mau pakai jaket atau baju lengan panjang biar gak kedinginan?'.

Ajukan pertanyaan yang berisi pilihan. Biarkan anak menentukan sendiri. Hal ini akan membantunya menganalisa kemungkinan tiap keputusan yang diambil.

" Setelah anak-anak mulai besar, orangtua dapat memperluas apa yang dapat mereka pilih. Bisa juga meningkatkan efek dari keputusan anak, misalnya menentukan tujuan liburan, memilih sekolah dan hal lain yang berdampak besar," ujar Taylor.

Anak pun terbiasa dengan melakukan analisa dan pertimbangan. Kebiasaan ini juga membuat anak lebih siap saat memasuki usia dewasa dan membentuk mental mandiri.

Join Dream.co.id