Saat Fokus Urus Anak, Jangan Lupa Cintai Pasangan

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
IBU DAN ANAK  |  21 Mei 2019 10:03

Tetap jaga kualitas hubungan meski ada si buah hati.

Reporter :

Dream - Hubungan tentu akan berubah drastis setelah menjadi pasangan suami istri. Terlebih saat buah hati hadir di tengah keluarga. Rasa sayang dan cinta pun berubah haluan.

Jadi lebih banyak untuk anak. Kita bakal memprioritaskan anak dibandingkan pasangan dalam segala hal. Padahal hal ini tak sepenuhnya tepat. Sahabat Dream tetap harus mengekspresikan cinta pada pasangan, bahkan level cinta harus lebih besar ke pasangan.

Mengapa demikian?

Penelitian menunjukkan orangtua yang saling mencintai akan membuat anak lebih bahagia dibanding anak yang tinggal di lingkungan yang kurang kasih sayang. Anak akan mendapatkan contoh panutan dari orangtua bagaimana cara untuk mengasihi satu sama lain.

Fakta lainnya, survei pada 2014 terhadap 40.000 rumah tangga di Inggris mengungkapkan bahwa remaja bahagia jika ibunya bahagia dengan hubungannya bersama pasangannya. Sementara, remaja yang hidup dari pasangan yang bercerai lebih merasa kurang bahagia.

Paw Research melakukan survei kepada anak muda mengenai mana yang lebih penting antara anak atau pernikahan yang harmonis. Yang memilih anak, ternyata menang dengan selisih 3 kali lipat ketimbang survei pada tahun 1997.

Mempertaruhkan waktu untuk menjaga anak merupakan investasi jangka pendek. Anak akan beranjak dewasa dan mencoba memenuhi kebutuhan mereka sendiri. Anak akan menghabiskan waktu mereka dengan kegiatan hidup mereka masing-masing.

Ketika tugas sebagai orangtua telah selesai, maka kita hanya akan berdua pasangan untuk melanjutkan hidup. Ahli Gerontologi, Karl Pillmer melakukan wawancara terhadap 700 pasangan untuk bukunya yang berjudul 30 Lesson for Loving, menjelaskan tanda bahaya ketika pasangan memasuki usia 50 - 55 tahun.

" Sungguh mengejutkan ketika hanya sedikit dari para pasangan itu ingat punya waktu bersama pasangannya," kata Pillmer.

Lalu, banyak yang baru sadar pada umur 50-an bahwa selama ini mereka disibukan dengan urusan kantor dan anak sehingga mereka mengorbankan quality time dengan pasangan.

Penulis: Disha Naftali/ Sumber: Liputan6.com

Nggak Ribet, Ini Cara Merawat Hijab Ala Prilia Nur Afrida
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Jangan Percaya Hoaks, Ini Kata Ridwan Kamil Tentang Kondisi Terkini Gunung Tangkuban Perahu
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :