Saat Anak Mengalami Sakit Hati, Apa yang Harus Dilakukan Orangtua?

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
IBU DAN ANAK  |  11 Januari 2021 14:03

Mungkin bisa mengajukan pertanyaan ini.

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Pandemi membuat anak-anak di rumah dan menghadapi banyak perubahan secara drastis. Ada yang kehilangan saudara, orangtua, kerabat dekat. Tak hanya itu, anak juga berhadapan dengan masalah.

Bisa karena tekanan dari teman, saudara atau peristiwa yang membuatnya sedih dan sakit hati. Ketika perasaan anak terluka, perhatian khusus diperlukan untuk menghibur dan menghentikan rasa sakit itu. Terkadang, saat kita mencoba menghibur anak, kita mungkin akan memperburuk keadaan.

Alih-alih berusaha memperbaiki keadaan, lebih baik kita berkata kepada anak " Apa yang dapat ayah/ibu lakukan untuk kamu?" Dengan mengajukan pertanyaan sederhana ini, anak akan merasa orangtuanya tetap hadir meskipun kondisi anak sedang tidak baik-baik saja.

" Dengan mengajukan pertanyaan ini, kita mengakui ada sesuatu yang salah, sesuatu yang menyakitkan, bahwa perasaan mereka sakit. Kita mungkin ingin memecahkan masalah, meringankan rasa sakit tapi lebih baik anak tahu kalau mereka layak untuk dicintai apa pun yang terjadi," Jo Ann Stevelos, ahli kesehatan publik dan peneliti keluarga, dikutip dari Psychologytoday.com

 

Selanjutnya : Empati dan Berusaha
#DREAMTESTPACK : menghitung masa kesuburan seseorang
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
BERANI BERUBAH: Ketika Bisnis dan Beramal Bersatu
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :