Rutinitas, Kunci Menjaga Motivasi Anak Sekolah Online

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
IBU DAN ANAK  |  22 Juli 2020 12:04

Mengajak anak mengadopsi kebiasaan baru memang tidak mudah.

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Tahun ajaran baru sudah dimulai dan sekolah belum dibuka karena pandemi Covid-19. Orangtua, sekolah dan para guru pun bahu-membahu menjalani pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Sebagian besar sekolah menerapkan cara online untuk belajar, meski ada juga yang tak bisa melakukan karena fasilitas yang tak terpenuhi. Belajar di rumah memang sangat berbeda dengan belajar di sekolah.

Orangtua atau pengasuh harus mendampingi, terutama anak yang sekolah TK dan SD, karena mereka masih butuh pengawasan. Untuk tingkat yang lebih tinggi seperti SMP dan SMA juga kadang menemui masalah teknis yang tak bisa ditangani sendiri.

Masalah yang muncul, situasi rumah yang kurang nyaman serta banyaknya distraksi kerap membuat anak sulit berkonsentrasi saat sekolah online. Menurut psikolog anak dan Co-Founder Rumah Konsultasi Tiga Generasi, Saskhya Aulia Prima, M.Psi, mengungkap mengajak anak mengadopsi kebiasaan baru memang tidak mudah.

" Tantangan yang belakangan kerap muncul bagi orangtua adalah sulitnya menjaga motivasi belajar dan melawan kebosanan anak saat pembelajaran dilakukan di rumah. Ditambah lagi selama belajar daring, tingginya frekuensi anak mengakses layar gawai otomatis mengurangi aktivitas mereka bergerak aktif dan memicu bosan," ungkap Saskhya.

 

Selanjutnya : Buat Suasana Seperti di Sekolah
Biaya Haji 2021 Diperkirakan Naik Jadi Rp 44 juta, Ini Hitunganya
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Biaya Haji 2021 Diperkirakan Naik Jadi Rp 44 juta, Ini Hitunganya
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :