Rasulullah Sangat Tak Suka Orangtua yang Pilih Kasih, Mengapa?

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
IBU DAN ANAK  |  3 Mei 2020 10:27

“Samakanlah pemberianmu kepada semua anak-anakmu.” (HR. Baihaqi dan Thabrani)

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Sebagai orangtua, usahakan untuk selalu berbuat adil pada tiap anak. Tahukah Sahabat Dream, Nabi Muhammad SAW sangat membenci orangtua yang pilih kasih.

Yaitu saat orangtua memberikan perhatian dan kasih sayang yang lebih pada satu anak saja dibandingkan dengan saudara lainnya. Mengapa pilih kasih orangtua sangat dibenci Rasulullah?

Dikutip dari DalamIslam.com, banyak yang tak menyadari sikap pilih kasih orangtua bisa memicu konflik keluarga yang sangat besar. Membuat hilangnya ketenangan dalam keluarga, rasa iri dengki kakak dan adik, bahkan sampai putusnya silahturahim antar saudara.

Lantas, bagaimana pula dengan hukum berbuat adil kepada setiap anak kandung? Rasulullah pernah menyuruh sahabat beliau yaitu Basyir bin Sa-ad Al Anshory untuk berlaku adil terhadap seluruh anak-anaknya saat ia lebih mengutamakan putranya yang bernama Nu’man dari suadara-saudaranya.

Nu’man bin Basyir bercerita, “ Ayahku menginfakkan sebagian hartanya untukku. Ibuku – ‘Amrah binti Rawahah – kemudian berkata, ‘Saya tidak suka engkau melakukan hal itu sehingga menemui Rasulullah’. Ayahku kemudian berangkat menemui Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam sebagai saksi atas sedekah yang diberikan kepadaku. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berkata kepadanya, ‘Apakah engkau melakukan hal ini kepada seluruh anak-anakmu?’ Ia berkata, ‘Tidak.’ Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berkata, ‘Bertaqwalah kepada Allah dan berlaku adillah kepada anak-anakmu.’ Ayahku kemudian kembali dan menarik lagi sedekah itu.” (HR. Muslim)



Selanjutnya : Haram Jika Tak Berlaku Adil
Nusantara Fashion Festival 2020 : Fashion Talks
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Nusantara Fashion Festival 2020 : Fashion Talks
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :