Pilih Buku Bacaan untuk Anak, Psikolog Ingatkan Sesuai Usia

Ibu Dan Anak | Sabtu, 23 Januari 2021 10:36
Pilih Buku Bacaan untuk Anak, Psikolog Ingatkan Sesuai Usia

Reporter : Mutia Nugraheni

Tentunya hal ini agar anak bisa belajar dengan efektif. Bisa mengerti isi buku dan bisa merangsang kemampuan kognitifnya dengan optimal.

Dream - Aktivitas membaca bisa jadi salah satu cara untuk mengisi waktu anak selama di rumah. Orangtua tentunya perlu menyuplai banyak buku bacaan yang menarik bagi anak-anak agar mereka semangat membaca.

Dalam memilih buku bacaan penting untuk menyesuaikan dengan usia anak. Ditha Rachman, seorang psikolog anak, mengungkap dalam Webinar Anak Lebih Percaya Diri Lewat Buku beberapa hari lalu, tips memilih buku bacaan berdasarkan usia.

Tentunya hal ini agar anak bisa belajar dengan efektif. Bisa mengerti isi buku dan bisa merangsang kemampuan kognitifnya dengan optimal. Berikut panduannya.

Buku untuk anak usia 1-3 Tahun
Cara buku bacaan yang minim tulisan. Pilih isi gambar tidak rumit atau kompleks, ddengan jumlah objek yang digambar tidak banyak tapi mewakili isi cerita. Perhatikan juga alur ceritaya, tentunya akan jauh lebh jika sederhana.

Pilihan warna cerah juga akan lebih menarik perhatian anak. Buku atau bacaan sebaiknya menggunakan ragam tekstur untuk stimulasi indera perabaan dan suara. Disarankan memilih buku dengan material kain lembut, anti air, atau boardbook. Ini untuk memudahkan anak membuka buku bacaan.

 

2 dari 2 halaman

Usia 4 hingga 6 Tahun ke Atas

Buku untuk anak usia 4-6 Tahun
Cari buku dengan tulisan besar, dalam satu halaman ada sekitar 2-4 kalimat. Ada alur cerita dan nilai moral. Gambar dalam buku bacaan mewakili isi cerita. Warna cerah menarik perhatian.

Pilih buku yang menghadirkan pengalaman baru dalam membaca, seperti yang ditemukan dalam buku pop up, flipflap, buku yang dilengkapi teka-teki, dan buku yang dilengkapi aktivitas. Disarankan memilih buku bacaan yang materialnya terbuat dari kertas tebal atau kertas biasa.

Buku untuk anak usia 6 tahun ke atas
Cari buku dengan alur cerita lebih kompleks. Jumlah kalimat per halaman di atas 4 kalimat. Ini bisa disesuaikan dengan kebiasaan anak. Bisa pilih buku dengan ilustrasi yang tetap menarik perhatian, meski tidak lagi menonjol.

Mulai pilih jenis buku yang bervariasi, seperti story book, science book, novel anak, hingga komik anak.

" Orangtua punya peran penting untuk membuat anak senang membaca. Bahkan orangtua bisa menjadi panutan utama anak dalam mencintai buku," kata Dita.


Laporan Endah Wijayanti/ Sumber Fimela.com

Join Dream.co.id