Penting Bagi Ayah untuk 'Kencan' dengan Anak Perempuannya

Ibu Dan Anak | Selasa, 11 April 2017 15:56
Penting Bagi Ayah untuk 'Kencan' dengan Anak Perempuannya
Ayah Dan Anak Perempuan

Reporter : Mutia Nugraheni

Para anak perempuan ini butuh sosok ayah yang hangat demi kestabilan dan kematangan psikologisnya.

Dream - Semua ayah pastinya menyayangi anak mereka, tapi terkadang kelihatannya kebanyakan ayah memiliki lebih banyak waktu dengan anak laki-laki dibandingkan dengan anak perempuannya.

Sesekali para ayah memang harus 'kencan' dengan putrinya berdua saja. Banyak hal yang bisa diajarkan dan membuat suasana jadi seru dan menyenangkan. Ingatlah, para anak perempuan ini butuh sosok ayah yang hangat demi kestabilan psikologisnya.

" Putri Anda juga butuh contoh sosok pria hangat dan bertanggung jawab yang menyayanginya. Dengan kasih sayang ayah yang begitu besar, saat memilih pasangan anak perempuan akan menjadikannya semacam 'guideline' dalam mencari pasangan. Anak juga tahu bagaimana seharusnya lelaki baik bersikap," ujar Lanna Variha, seorang psikolog, dikutip dari Spruce.

Sebuah penelitian bahkan menyimpulkan jika anak perempuan memiliki hubungan yang baik dengan ayahnya, ia akan memiliki prestasi di sekolah, merasa lebih baik dengan dirinya, punya sikap tegas tanpa menjadi anak yang agresif. Ia juga lebih percaya diri saat bersosialisasi dengan laki-laki.

Jadi apa yang harus perlu dilakukan seorang ayah untuk membina hubungan dengan putrinya? Mulailah terlibat aktif saat ia masih bayi, menggendongnya, mengganti popok, memberi susu dan menidurkannya.

" Hubungan yang solid tak bisa dibangun dalam semalam, cobalah terlibat banyak dalam pengasuhan anak sejak ia dilahirkan. Pelukan ayah sama seperti pelukan ibu, sama-sama menenangkan bayi," ujar Lanna.

Tugas utama ayah adalah mengajarkan banyak hal baru untuk membuatnya jadi sosok mandiri. Bisa ajak anak perempuan memancing, memperbaiki sepeda, mobil atau hal lain yang 'berbau' lelaki. Anak perempuan Anda pasti akan merasa tertantang. Lalu, jadilah pendengar yang baik terutama ketika si anak sedang 'bertengkar' dengan ibunya.

" Kebanyakan anak perempuan suka berbicara. Dengarkan apa yang ia pikirkan, impikan, dan inginkan," kata Lanna.

Para ayah kadang kala 'pelit' pujian, jadi sesekali cobalah lontarkan pujian untuk putri Anda. Tak melulu soal penampilannya, tapi bisa juga karena prestasinya di sekolah atau karena ia sudah membantu pekerjaan rumah. Hal terpenting adalah pujian ini untuk meningkatkan kepercayaan dirinya.

 

Laporan Gemma Fitri Purbaya

 

Baca Juga

Join Dream.co.id