Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Penting! Ada Materi Pelajaran Gratis untuk SD Hingga SMA

Penting! Ada Materi Pelajaran Gratis untuk SD Hingga SMA Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Dream - Sistem pendidikan Indonesia sudah puluhan tahun memanfaatkan buku cetak dalam penyediaan konten pelajaran. Jika dihitung biayanya, memang cukup mahal. Hal ini terlihat harga buku yan terus melambung tinggi, apalagi di awal tahun pelajaran sekolah seperti sekarang.

Melihat perkembangan zaman, teknologi sudah tidak bisa dihindari melainkan harus diadaptasi. Kini mulai banyak situs yang menyediakan layanan konten pelajaran untuk setiap jenjang pendidikan, mulai dari SD hingga SMA dan SMK.

Bahan Pelajaran Hingga Ujian Online

Salah satunya Pendidikan.ID, sebuah perusahaan edutech di Indonesia yang meluncurkan sebuah mobile app, gratis untuk siswa. Di dalamnya terdapat konten pelajaran lengkap berbasis Kurikulum 2013 (buku pelajaran sekolah, video pengajaran kelas, latihan tryout dan bacaan literasi).

Termasuk juga Sistem Ujian Online untuk jenjang SD,SMP,SMA & SMK. Aplikasi ini bernama Kipin School 4.0, yang dilengkapi dengan teknologi Download & Go. Siswa bisa mengunduh ribuan konten pelajaran cukup sekali saja.

Bisa Diunduh Gratis

Setelah itu dapat digunakan tanpa jaringan internet di mana saja dan kapan saja. Semua bisa disimpan dalam sebuah device (smartphone, tablet atau laptop).

Aplikasi Kipin School 4.0 adalah gratis dan tersedia dalam 3 platform yang paling popular yaitu Android, iOS & Windows 10.

Mungkin bisa jadi referensi bahan pelajar untuk anak di rumah, Sahabat Dream.

Aktivitas Seru yang yang Buat Si Kecil Belajar Membaca

Dream - Menyuruh anak duduk manis dengan suasana hening. Terdapat deretan buku dan karton berisi huruf di depan si kecil. Cara ini dilakukan banyak orangtua saat mengajarkan anak-anaknya membaca.

Bagi beberapa anak, cara tesebut memang berhasil. Tapi bagi banyak anak, cara 'kaku' tersebut tidak efektif. Mengajarkan membaca tak melulu dengan menjejali anak dengan buku membaca.

"Taruh buku teks, cari alat atau metode lain. Bisa berupa flash card, permainan, game di gadget atau cara lain yang sangat menyenangkan bagi anak. Diperlukan cara yang seru dan menyenangkan untuk membuat anak belajar dan suka membaca," kata Shannon Ryan, Library Media Specialist di Lake Carolina Elementary Upper Campus, seperti dikutip dari CafeMom.

Bikin Anak Penasaran

Anak tak perlu harus membaca buku khusus. Bacaan-bacaan yang ada di rumah sebenarnya bisa juga membuatnya penasaran, apalagi yang memiliki gambar menarik.

Bahkan buku atau bacaan orangtua, seperti majalah, buku resep, koran, kerap membuat anak penasaran karena orangtua membacanya dengan serius.

"Biarkan anak bergabung saat kita membaca bacaan tertentu. Tunjukkan huruf-huruf besar yang terdapat majalah atau koran. Biasanya desain huruf dibuat sangat menarik dan anak ingin bisa membacanya," ungkap Ryan.

Manfaatkan Benda dan Bacaan di Sekitar

Jaga rasa penasaran tersebut. Jika anak menemukan bacaan atau buku lain yang bisa dibacanya meski bukan buku anak, biarkan ia membuka halaman-tiap halaman. Dengan begitu ia ingin bisa membaca agar bisa mengetahui isi cerita di dalamnya.

Buat juga permainan mencari huruf saat sedang di jalan. Misalnya mencari huruf C pada papan iklan. Atau pada anak yang mulai bisa membaca, mencari kata-kata yang mudah.

"Buat suasana yang menyenangkan. Anak tanpa sadar sebenarnya sedang belajar huruf demi huruf dan mengasah kemampuannya membaca, ini jauh lebih efektif," kata Ryan.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Ini 5 Teknologi Paling Tua di Dunia dan Masih Dipakai Hingga Sekarang

Ini 5 Teknologi Paling Tua di Dunia dan Masih Dipakai Hingga Sekarang

Teknologi merupakan satu hal yang melekat dalam kehidupan sehari-hari manusia. Yuk, simak 5 teknologi tertua yang masih digunakan sampai saat ini!

Baca Selengkapnya
Ibu Bagikan Pengalaman Anaknya yang Masih SD Puasa di Korea, Penuh Toleransi

Ibu Bagikan Pengalaman Anaknya yang Masih SD Puasa di Korea, Penuh Toleransi

Sang ibu harus menginfokan ke guru di sekolah karena anaknya tidak bisa ikut makan siang karena berpuasa.

Baca Selengkapnya
105 Kata-Kata Bijak Kehidupan yang Penuh Arti, Jadi Pelajaran Berharga untuk Pribadi Lebih Baik

105 Kata-Kata Bijak Kehidupan yang Penuh Arti, Jadi Pelajaran Berharga untuk Pribadi Lebih Baik

Kata-kata bijak kehidupan yang sederhana namun sarat makna ini mampu membuat seseorang merenung, bersyukur, dan menjadi pribadi yang lebih baik.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Kocak Banget,  Belajar Sahur Si Gemas Lala Ngantuk Berat

Kocak Banget, Belajar Sahur Si Gemas Lala Ngantuk Berat

Bocah lucu ini berusaha sekuat tenaga untuk menahan kantuknya saat duduk di meja makan.

Baca Selengkapnya
4 Hal yang Bisa Dipelajari Buah Hati yang Masih Remaja Pada Gelaran Pemilu

4 Hal yang Bisa Dipelajari Buah Hati yang Masih Remaja Pada Gelaran Pemilu

Usia pra remaja memang belum bisa memilih, tapi dari momen Pemilu ini anak-anak bisa belajar banyak hal.

Baca Selengkapnya
Pakai Gadget Seharian,  Lakukan 6 Langkah Agar Mata Selalu Sehat

Pakai Gadget Seharian, Lakukan 6 Langkah Agar Mata Selalu Sehat

Di era digital ini, penggunaan gadget telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari.

Baca Selengkapnya