Pengasuhan Selama Pandemi, Ibu Kerap Dihantui Rasa Bersalah

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
IBU DAN ANAK  |  3 November 2020 14:04

Penasaran apa sebabnya dan cara mengatasinya? Segera cari tahu.

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Pandemi membuat ibu selama di rumah kerap dihantui rasa bersalah. Kondisi memaksa ibu untuk menjadi 'penjaga'. Seperti mengingatkan seluruh keluarga untuk menjaga kesehatan, menyediakan kebutuhan selama pandemi, menjadi 'guru', memutar otak mengurus keuangan karena pemasukan menurun drastis dan masih banyak lagi.

Saat ada yang sakit, sekolah online yang tak lancar atau hal yang tak sesuai dengan rencana, ibu pun dihantui rasa bersalah. Terutama pada ibu bekerja yang juga ingin berkontribusi pada sumber keuangan keluarga.

Sebuah studi pada 255 orangtua di 2016 mengungkap kalau para ibu memiliki tingkat rasa bersalah dalam membagi waktu antara keluarga dan pekerjaan yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan ayah. Lalu, mengapa ibu begitu diganggu oleh " rasa bersalah" , dan ayah tampaknya tidak terlalu terpengaruh?

" Perempuan merasa lebih bersalah dan khususnya para ibu, daripada pria karena mereka selalu khawatir tentang bagaimana pilihan mereka memengaruhi hubungan sosial. Mereka tahu bahwa mereka perlu bekerja dan mempraktikkan perawatan diri, tetapi mereka khawatir tentang konsekuensi pada anak," ujar Lea Lis, seorang psikiater, dikutip dari Psychology Today.

 

Selanjutnya : Mencari Efek Negatif yang Paling Kecil
Atta Halilintar Tersandung Ucapan Soal Suami
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Lesti Kejora - Rizky Billar Part 2 | Christie SERIBU KALI CINTA THE SERIES Eps 10
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :