Pendidikan Seksual untuk Anak dalam Islam Dimulai dari 3 Hal Ini

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
IBU DAN ANAK  |  25 Agustus 2020 16:04

Penting untuk diketahui setiap orangtua.

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Rumah merupakan sekolah pertama bagi anak, terutama dalam hal akhlak dan keimanan. Pelajaran yang juga wajib didapatkan anak di rumah dari orangtuanya adalah pendidikan seksual.

Sebagai seorang muslim, mengajarkan pendidikan seksual wajib merujuk pada tuntunan Allah SWT dan ajaran Nabi Muhammad SAW. Dikutip dari Bincang Muslimah, dalam buku Islam dan Pendidikan Seks Anak (1991) karya Ayip Syafruddin dijelaskan bahwa pendidikan seks tidak bisa berdiri sendiri, tapi berkaitan erat dengan pendidikan-pendidikan yang lain. Pendidikan yang lainnya adalah pendidikan akidah, akhlak dan ibadah.

Dalam Islam, pendidikan seks adalah bagian dari pendidikan akhlak, dan perilaku seksual yang sehat adalah buah dari kemuliaan akhlak. Maka, pendidikan seks yang diajarkan pun harus berdasarkan ajaran Islam.

Hubungan pendidikan ibadah dengan pendidikan seks adalah untuk memberikan pedoman bagi perilaku-perilaku yang dibolehkan dan dilarang. Lantas, bagaimana fase persiapan pendidikan seks untuk anak?

Persiapan sudah harus dimulai sejak anak-anak belum baligh. Berikut tiga cara mengajarkan pendidikan seksual untuk anak menurut Islam.

 

Selanjutnya : 1. Pemisahan tempat tidur
Ada apa dengan Nathalie Holscher dan Sule?
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Amanda Monopo Ikut Berpuasa di Lokasi Syuting
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :