Orangtua Wajib Tahu Penyebab Stres Pada Balita

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
IBU DAN ANAK  |  10 Juni 2019 08:06

Biasanya mereka akan jadi rewel, tak mau makan.

Reporter :

Dream - Stres merupakan respons manusia terhadap situasi yang menantang kemampuan individu. Tantangan-tantangan ini bisa datang dari banyak hal, seperti keluarga, teman, sekolah, lingkungan dan masih banyak lagi.

Bukan hanya orang dewasa yang mengalani stres, anak-anak bahkan yang masih berusia balita juga bisa mengalaminya. Biasanya mereka akan jadi rewel, tak mau makan, muntah atau bahkan sesak napas saat mengalami stres.

Lalu apa penyebab stres pada anak balita?

1. Berpisah dari orangtua
Balita bisa menjadi cemas dan stres ketika mereka memasuki prasekolah karena takut berpisah dari orang ua dan pengasuh. Memang dibutuhkan teknik tertentu untuk membuat anak tenang saat terpisah dari orangtua. Biasanya ini berlangsung 2 hingga 5 hari.

2. Tekanan sosial
Biasanya mempengaruhi anak-anak yang lebih besar, tetapi beberapa balita juga mengalaminya. Mereka mengalami kesulitan menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Misalnya di lingkungan rumah yang baru atau sekolah baru.

3. Kehidupan di rumah
Lingkungan di rumah memiliki dampak besar pada perilaku dan kebiasaan anak. Balita yang memiliki suasana traumatis dan stres di rumah karena alasan seperti melihat pertengkaran orangtua, mengalami kekerasan fisik maupun verbal atau pelecehan.

4. Faktor lain
Beberapa faktor seperti film yang menakutkan, foto menyeramkan, penyakit atau kurangnya dukungan orangtua juga bisa dengan mudah memicu stres pada balita. Peranan orangtua sangat dibutuhkan untuk menciptakan lingkungan yang positif dan bebas stres bagi balita. Jangan sampai rumah malah menjadi sumber stres anak.

Pengakuan Mencengangkan Aulia Kesuma, Dibalik Rencana Pembunuhan Suami dan Anak Tirinya
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Terungkap, Ini Harga Cicilan Apartemen Nikita Mirzani
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :